3 Channel Digital Marketing Untuk Boosting Bisnis Anda

ToprankIndonesia.com – Digital Marketing telah menjadi topik hangat di tahun 2016 ini dimana setiap perusahaan mulai menerapkan strategi digital marketing untuk memboosting omset bisnisnya.

Pada dasarnya digital marketing sama dengan marketing pada umumnya yaitu menyampaikan pesan dan value dari suatu brand, hanya saja dengan menggunakan media digital. Tidak sedikit yang salah menganggap bahwa digital marketing adalah penggunaaan social media sebagai sarana promosi atau menggunakan search engine optimization(SEO) agar mudah ditemukan di internet.

Hal yang paling membedakan konsep digital marketing dengan konsep tradisional marketing ialah dalam konsep digital marketing, efektivitas iklan dapat dianalisis secara langsung. Apakah iklan tersebut berjalan secara efektif atau tidak dengan melihat pada interaksi target audience terhadap iklan yang ditampilkan.

Digital marketing sendiri tidak sebatas sampai disitu, melainkan suatu kegiatan dan proses terintegrasi yang terdiri dari berbagai ilmu yaitu: marketing skill, technical skill dan juga creative skill. Kegiatan digital marketing sendiri bertujuan untuk meningkatkan brand awarenness, sales dan revenue dari suatu brand atau perusahaan.

Saat ini, digital marketing banyak dilakukan melalui 3 channel berikut ini:

1. Social Media dan Email Marketing

Business-Social-Media

Social media marketing atau pemasaran melalui media sosial beberapa tahun terakhir ini sangat populer di Indonesia. Hal tersebut salah satunya dipicu karena banyaknya pengguna mesia sosial di Indonesia. Sampai akhir tahun 2015 ini, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan 70 juta pengguna seperti yang dilansir oleh laman statistica.com. Kelebihan dari social media marketing ini ialah kemudahan untuk membuat target iklan pada demografis tertentu seperti usia, gender, lokasi, dan interest.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO

Search Engine Optimization (SEO), strategi pemasaran seo marketing ini sangat bermanfaat untuk meningkatan visibility di search engine. Dengan meningkatnya visibility di search engine Anda mendapat keuntungan berupa traffic yang targeted, jumlahnya besar dan stabil untuk jangka panjang.

Keuntungan utama strategi seo adalah murah, kekurangan strategi ini Anda membutuhkan seorang specialist berpengalaman yang mengerti SEO dan membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mencapai top 5 di halaman 1.

   3. Search Engine Marketing (SEM)

niche-keyword-google-adwords

Search engine marketing adalah suatu strategi pemasaran di internet yang bertujuan untuk meningkatkan visibility di Search Engine Result Pages ( SERPs). Iklan ini muncul di halaman hasil pencarian dengan tag “Ad”. Iklan ini akan muncul dengan keyword yang ditentukan oleh pengiklan.

Dibanding dengan media lain seperti televisi, radio, koran & majalah Search engine marketing (SEM) merupakan strategi customer acquisition  berbayar dengan cost paling murah. Dengan keuntungan ini membuat banyak perusahaan melakukan strategi SEM secara masif.

Saat ini ada 2 pemain besar dalam SEM yaitu Google dan Bing. Dengan Google menguasai 90% pasar dunia selain Tiongkok maka fokus kita adalah memahami cara kerja Google Adwords.

SEM yang paling popular adalah Google Adwords seiring dengan makin banyaknya pengguna yang menggunakan Google. Adwords merupakan performance base ads sehingga biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Biaya dihitung berdasarkan jumlah klik yang membawa user ke website perusahaan.

Untuk menjalankan Google Adwords, ada dua faktor yang perlu diperhatikan, yaitu kualitas website dan nilai bid terhadap kata kunci yang ditargetkan. Dengan memaksimalkan kedua hal tersebut,  iklan dapat berjalan dengan  efektif dan efisien. Apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengoptimalkan iklan, sangat disarankan untuk menggunakan jasa digital agency yang sudah memiliki sertifikasi. Jadi, mana yang akan Anda pilih? 🙂

top