4 Jenis SEO Secara Umum

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik dari search engine menuju alamat web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan utama SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian search engine(10 besar SERP) berdasarkan subyek atau keyword tertentu. Secara logis, alamat situs / blog yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Berikut di bawah ini ada 4 jenis SEO Secara umum yang terbagi menjadi :

1. Page SEO
Maksudnya adalah dengan momodifikasi nama halaman. Misalnya nama asli halaman adalah artikel.php (file asli), misal alamat urlnya index.php?page=berita. Dengan memanfaatkan modul Rewrite menggunakan htaccess, kita bisa mengganti nama sesuai dengan kemauan kita, misal artikle-terbaru.html. Teknik ini juga meningkatkan keamanan web, karena pengunjung yang berniat jahat untuk mengacak-acak webiste kita tidak tahu file apa yang sedang aktif.
2. Title SEO
Title suatu halaman terbagi 2, yaitu title statis dan title dinamis. Jika anda membuat title statis, berarti title tersebut berlaku untuk semua halaman website. Selanjutnya bagaimana dengan title dinamis. Title dinamis biasanya merujuk kepada judul suatu aritkel. Jika Anda sedang membaca artikel yang judulnya : Jenis-jenis SEO pada artikel ini, Anda akan melihat Title bar menjadi Jenis-jenis SEO. Tetapi ketika Anda klik home (halaman utama), title bar berubah menjadi Tips dan Pengetahuan. Title seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan rating pada search engine berdasarkan judul artikel.
3. Url SEO
Pada url SEO hampir sama dengan Page SEO, bedanya ialah url SEO bersifat dinamis. Biasanya url seo adalah judul artikel itu sendiri. Contohnya jika judul artikel Belajar Memasak, maka alamat urlnya : http://www.namadomain.com/belajar-memasak.html. Dengan url seperti ini pengunjung lebih mudah mengingatnya jika dibandingkan dengan alamat url : http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa seo). Dengan url SEO akan lebih relevan bagi search engine.
4. Content SEO
Content berarti isi, yaitu teknik SEO dengan menulis konten artikel sangat relevan dan mendukung dengan judul artikel. Jika anda menulis artikel tentang penyakit kanker, tentu anda harus menjelaskan kanker itu apa, jenisnya, kenapa bisa terjangkit bagaimana cara mengatasinya bahkah kalau bisa sedetail mungkin.

Tags

top