Bagaimana Website Anda Bisa Cepat Terindex Oleh Mesin Pencari

ToprankIndonesia.com – Terindeks oleh search engine adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan blog/website anda, tanpa di indeks blog anda akan kesepian pengunjung dan terlihat mati meskipun anda menulis konten yang fresh dan berkualitas tapi tetap konten anda akan seperti terkubur, nah disinilah pengetahuan SEO itu berfungsi agar konten pada blog anda dikenali dan terindex oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing maupun search engine lainnya karena hampir 60% pengunjung akan datang dari mesin pencari, Pengunjung bisa datang dari mana saja, boleh jadi pengunjung menemukan halaman blog anda dari mesin pencari seperti Google, Bing atau mungkin juga pengunjung mengunjungi blog atau situs anda dari media sosial seperti Facebook, twitter dan lainnya.

Tahukah Anda bahwa ternyata disadari atau tidak ada website yang cepat terindex di Google, namun ada banyak website yang membutuhkan waktu yang lama baru terindex oleh mesin pencari seperti Google, Bing, ataupun Yahoo.

Maka dari itu kami memberikan beberapa teknik atau strategi yang bisa anda terapkan agar cepat terindex oleh mesin pencari.

Submit Sitemap ke Search Engine Google/Bing

Sitemap adalah sebuah daftar isi yang menerangkan tentang apa yang ada pada blog/website anda, atau Sitemap bisa disebut peta situs yang berisi link-link halaman situs Anda, dengan melakukan submit sitemap, google akan cepat mengenali link-link yang harus diindex dari halaman blog Anda, sitemap disini bukan daftar isi yang seperti ada pada halaman melainkan sitemap yang berupa XML, XML adalah sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh search engine.

Untuk submit sitemap anda pada google bisa di Google Webmaster Tools, untuk Bing/Yahoo silahkan submit ke Bing Webmaster Tools.

Artikel yang unik mempengaruhi

Cepat atau tidaknya website terindex oleh mesin pencari seperti Google dipengaruhi oleh kontennya. Tidak sulit Google untuk mengindex sebuah artikel yang unik dan original, ketimbang mengindex artikel hasil copy paste. Semakin original dan semakin unik (tidak identik dengan artikel lain) maka akan semakin cepat Google mengindex. Jangan lupa juga bahwa Meta Description yang unik juga bisa mempengaruhi proses indexing. Dan yang pasti tetap memasukan beberapa keyword pada artikel dan Meta Description, tanpa berlebihan.

Pastikan anda memperbarui situs anda secara teratur, konten yang fresh adalah penting untuk mendapatkan halaman baru diindeks. Jika konten yang ada pada website anda sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) website anda secara teratur, Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan konten nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik website sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang segar.

Internal Linking Dalam Halaman Blog/Website

Internal link percaya atau tidak bisa untuk mempercepat proses index pada sebuah artikel satu yang diposting dan juga artikel lain. Manfaat lain Internal link juga dapat memberikan backlink berkualitas atau sebuah relevant backlink yang dipastikan akan meningkatkan posisi / ranking blog pada hasil penelusuran mesin pencari Google.

Yang perlu diingat adalah pembuatan internal link idealnya menggunakan anchor text, bukan sembarang meletakan link. Fungsinya memang mempercepat index artikel, tetapi juga secara langsung bisa meningkatkan SEO On-Page pada kedua artikel tersebut yang berkaitan.

Linking halaman situs anda bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yang sangat penting juga adalah membangun link dalam website anda (internal linking) yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs anda.

Ping website/blog

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda.

Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website

Ping website/Blog mungkin belum terlalu populer penggunaannya. Ini adalah sebuah proses pemberitahuan kepada search engine (google, bing, dan lain-lain) untuk memberitahukan bahwa Anda telah memposting artikel baru yang harus segera diindeks.

Anda bisa memanfaatkan  situs Ping otomatis yang gratis, sebagai contoh adalah googleping dapat Anda searching di Google “automatic ping”. Namun kami sarankan bahwa memanfaatkan Ping blog tidak perlu sering, hanya perlu gunakan satu situs penyedia layanan ping saja serta untuk link yang mana saja, 1x sehari dianggap sudah cukup, karena berpotensi blog anda di anggap spam

Social Bookmarking/Social Media

Salah satu cara yang sangat cepat agar blog anda terindex mesin pencari adalah dengan Bagikan (share) konten anda pada situs social seperti Twitter, Facebook, Digg, Linkedin,dll.  Media Sosial: Media sosial merupakan tempat berbagi yang efektif yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan artikel baru yang Anda buat, Selain itu website anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

Semakin tua domain semakin cepat terindeks

Alasan semakin lama usia website/blog cepat terindex adalah karena sebuah website/ blog yang sudah lama dibuat, umumnya telah memiliki nilai authority yang tinggi menurut penilaian mesin pencari seperti Google. Maka dari itu Google memberikan nilai lebih kepada website/blog tersebut sehingga tidak perlu waktu lama untuk melihatnya di page utama pada hasil pencarian.

 

 

 

top