Cara Menggunakan Tools Google keyword planner

Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi SEO adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi. Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

How_to_use_the_google_keyword_planner

Berbeda dengan Google Adwords Keyword Tool yang dapat digunakan tanpa login ke akun Google milik kita, untuk menggunakan Google Adwords Keyword Planner kita harus login menggunakan akun Google Adwords atau mendaftar terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Google Keyword Planner,berikut penjelasan secara singkat tentang arti dan cara penggunaan Google Adwords Keyword Planner.

Google Keyword Planner adalah alat yang disediakan oleh google yang sebenarnya disediakan untuk mereka yang mau pasang Google adwords agar dalam memasang adwords lebih tepat sasaran dalam mendatangkan pengunjung ke situs/website.Namun alat ini ternyata bisa kita manfaatkan dalam merencanakan pemilihan judul,deskripsi dan keyword yang tepat bila kita hendak membuat blog/website.

Lakukanlah Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner terlebih dahulu sebelum Anda menentukan judul untuk website,deskripsi,maupun keyword yang akan di pilih buat blog bisnis miliknya.

Bagaimana cara penggunaan tool Google keyword Planner? Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu Akun Google Anda Pada Adwords dengan cara dibawah ini :

Jika anda sudah mempunyai sebuah akun Google, maka anda cukup melakukan prosedur di bawah ini untuk mendapatkan sebuah akun Adwords (sebuah customer ID).

  • Silahkan masuk ke dalam halaman Google keyword planner
  • Anda akan diminta melakukan login dengan menggunakan akun dan password gmail
  • Pilih Zona Waktu dan setelahnya klik Continue.
  • Tunggu pesan bahwa anda sudah berhasil membuat akun dan klik link untuk membuka akun adwords anda.
  • Anda akan diminta sekali lagi melakukan login, jadi masukkan lagi akun dan password gmail yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Setelah Anda selesai mendaftarkan akun google pada adwords, Anda bisa langsung menggunakan Google Keyword Planner dengan cara sebagai berikut :

  • Setelah anda masuk ke halaman Adwords klik menu Tools and Analysis, akan muncul drop down yang akan menampilkan Keyword Planner, klik sub menu tersebut.
  • Pada halaman baru klik Search for new keyword and ad group ideas.
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia. Setelah itu klik Get Ideas
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia. Setelah itu klik Get Ideas

Oleh karena Avg. Monthly Searches adalah parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada 2 hal yang perlu anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, yaitu:

  • Google menampilkan hasill pencarian exact. Yang dimaksud dengan exact adalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
  • Oleh karena hasilnya adalah exact, maka anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci anda untuk menemukan jumlah pencarian yang sebesar-besarnya dari riset kata kunci ini.

Tags

top