Google Algorithm: Google Pigeon

Tahun 2014 Google sudah banyak sekali melakukan Update Algoritma pada mesin pencari mereka, setelah sebelumnya sempat menghebohkan para Blogger dengan munculnya Algoritma Google Terbaru Panda 4.0 yang efeknya benar-benar dirasakan oleh mayoritas Blogger tanah air, dimana hampir 50% Traffic ‘disunat’ oleh Google karena alasan ‘Unatural Backlink’.

Tidak seperti update Penguin dan Panda , ini bukan update tentang hukuman untuk website, tapi ini adalah perubahan inti untuk algoritma peringkat dalam pencarian lokal. Sementara sebagaian lainnya justru merasakan kenaikkan yang sangat drastis karena Blog saingan mereka mengalami penurunan posisi di SERP. Google merilisi Algoritma Terbaru mereka yang dinamakan Pigeon.

Ini update terbaru dari Google bertujuan untuk memberikan peningkatan hasil pencarian lokal, dengan peningkatan algoritma berdasar lokasi dan jarak.

Algoritma ini merupakan algoritma baru untuk memberikan hasil penelusuran lokal yang lebih berguna, relevan dan akurat yang terikat lebih erat dengan sinyal peringkat penelusuran web. Google menyatakan bahwa algoritma google pigeon ini meningkatkan jarak dan parameter peringkat lokasi mereka.

Apa alasan Google menamai algoritma mereka terbaru nya dengan sebutan google pigeon ?

Karena Update Algoritma Terbaru Google kali ini mengacu pada Pencarian Lokal, atau lebih tepatnya untuk memperbaiki kualitas dari Pencarian Lokal, maka dinamakanlah Algoritma Google Terbaru ini Pigeon. Seperti yang kita semua ketahui Pigeon atau Burung Merpati adalah hewan rumahan, atau bisa dibilang mereka tidak akan pergi jauh kemana-mana, melainkan hanya akan terbang di sekitaran tempat tinggal mereka (lokal). Google mengatakan bahwa hubungan algoritma penelusuran lokal baru lebih mendalam kemampuan penelusuran web mereka, termasuk ratusan peringkat sinyal yang mereka gunakan dalam penelusuran web dengan fitur penelusur seperti Grafik Pengetahuan, koreksi ejaan, sinonim dan banyak lagi.

Lalu apa yang terjadi ketika google memberikan algoritma terbaru mereka yang bernama google piegon ?

pengaruh dari algoritma ini hanya pada hasil pencarian saja, nah disinilah peran keyword dan artikel sangat berpengaruh besar, jadi kesimpulannya google sedang mengembangkan pembaruan hanya berfokus pada relevansi konten dan keyword pada konten untuk hasil pencarian lokal, misalnya jika pengunjung menanyakan di pencarian tentang “baju terbaru 2014″ maka ketepatan keyword dan konten web atau blog lokal sangat mungkin di temukan oleh mereka. Meskipun baru secara global informasi nya belum bersifat detail inilah gambaran dari algoritma google pegion.

Dengan pola kerja algoritma google pigeon ini disarankan untuk menggunakan mesin pencari google yang bersifat lokal, contoh untuk indonesia gunakan google.co.id .

Berikut cara agar konten dan website anda bisa mendapatkan hasil pencarian yang maksimal untuk google pigeon ini:

  • Tingkatkan Authority Site: salah satu cara yang harus anda lakukan untuk mendapatkan tempat yang baik di serp adalah dengan membangun dan meningkatkan authority site, website yang mempunyai authority tinggi mempunyai peluang besar untuk mendapatkan posisi di halaman serp. situs yang mempunyai authority tinggi sangat di sukai oleh google pigeon kali ini, untuk itu tingkatkan terus authority website anda untuk mendapatkan posisi baik di serp.
  • Mengoptimalkan konten lokal di situs Anda seperti yang Anda menginginkan konten apapun dimaksudkan untuk mendorong kinerja SEO, pencarian lokal kini saatnya anda membuat konten yang berfokus pada pencarian lokal, buatlah konten yang mudah di temukan oleh pengguna lokal baik itu judul atau description dan konten anda
  • Mengoptimalkan aliran data ke situs direktori, jika anda masih menggunakan metode atau membuat konten hanya bertujuan untuk mesin pencari dengan memperbanyak keyword anda harus hentikan hal ini sekarang juga karena google lebih pintar untuk membaca dan mengetahui dari isi konten anda, untuk itu lebih fokus membuat konten hanya untuk pengalaman pengguna, ini salah satu cara untuk menyesuaikan algoritma google pigeon untuk saat ini.
  • Mengoptimalkan keberadaan Anda di Google+, menghubungkan profile G+ anda dengan website, biarpun untuk sekarang authorship pencarian tidak lagi menampilkan profile kita namun peran google plus dan website masih mempunyai pengaruh besar untuk SEO.

 

top