Jenis-Jenis Search Engine yang perlu di Ketahui

Search engine adalah program salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer. Web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.

Jenis jenis mesin pencariBeberapa search engine biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata atau direktori web. Mesin pencari atau search engine memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah di buat sebelumnya dan di mutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukan kriteria pencarian.

Untuk sekarang ini sebuah search engine atau mesin pencari sudah mulai di kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.

Berdasarkan mengumpulkan data halaman-halaman web mesin pencari dapat di kelompokkan menjadi 4 kategori yang diantaranya adalah:

A.MetaCrawler/Metasearch

MetaCrawler/Metasearch Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layar browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari berbagai mesin pencari yang ada. Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka.Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.

B.Hybrid Seacrh Engine

Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai pengoreksi dalam proses pengkoleksian database halaman web. Sebenarnya tipe ini lah yang paling mudah pembuatannya karena dapat didesain sesuai dengan keinginan kita

C.Human Organized Search Engine

Mesin pencari ini dikelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.

D.Computer Created Search Engine

Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau software spider yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengumpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.

 

Tags

top