Keuntungan Menggunakan SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Adapun beberapa keuntungan menggunakan SEO untuk bisnis, antara lain yaitu :

  • Mendatangkan Traffic yang Banyak. Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari google planner.
  • Meningkatkan Penjualan. Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
  • Promosi Secara Terus Menerus. Berbeda dengan memasang iklan di media cetak, televisi atau radio yang hanya akan dilihat pada waktu tertentu saja, dengan SEO Anda dapat selalu mempromosikan bisnis Anda setiap hari dan setiap waktu secara terus menerus. SEO akan bekerja terus menerus untuk menarik perhatian calon konsumen lokal hingga konsumen yang berada di luar negeri tanpa kenal waktu.
  • Meningkatkan Kredibilitas Merek. Semakin baik Anda mengoptimalkan SEO Anda, semakin mudah orang yang menggunakan mesin pencari seperti Google mengenal merek bisnis Anda dan akan menjadi konsumen Anda. Untuk dapat mengoptimalkan SEO Anda, cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan selalu menggunakan kata kunci yang tepat atau yang paling banyak dicari oleh konsumen. Dengan begitu, website bisnis Anda dapat menduduki peringkat teratas di mesin pencari.
  • Meningkatkan Daya Saing. Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.
  • Jangkauan Pasar Lebih Luas. Anda mungkin menjalankan bisnis Anda di Indonesia, namun tidak mustahil jika Anda bisnis Anda dapat juga dikenal oleh konsumen yang berada di luar negeri. Dan dengan SEO, Anda dapat lebih luas menjangkau pasar hingga ke seluruh dunia sekalipun, namun usahakan untuk menggunakan bahasa yang universal seperti Bahasa Inggris pada website Anda, agar konsumen yang berada di luar negeri dapat lebih mudah mengenali bisnis Anda.
  • Biaya Iklan Lebih Murah. Dibandingkan dengan memasang iklan di media cetak, televisi atau radio, dengan SEO Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan harga yang terbilang relatif murah. Bahkan jika strategi pemasaran Anda gagal, Anda tidak akan merasa rugi bahkan Anda dapat merubah strategi pemasaran dengan SEO Anda tanpa perlu harus mengeluarkan biaya lagi.

Tags

top