Optimasi SEO Yang Perlu Anda Ketahui

SEO adalah singkatan dari Seach Engine Optimization. Artinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan website Anda dimata search engine. Suatu website yang optimal di search engine akan menang dan berada di posisi atas hasil pencarian di search engine seperti Google, Yahoo dan Bing.

Kalau website Anda menang maka website Anda ditemukan oleh jutaan orang yang mencari di Google. Apabila website Anda diketemukan terus menerus,  orang akan mengklik website anda, maka akan lebih banyak pengunjung ke website Anda.  Artinya search engine telah bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda.

Lalu bagaimana cara untuk optimasi SEO pada website anda…? Secara garis besar, kegiatan SEO ada 3 bagian, antara lain:

  1. Yang Pertama adalah mendesign website Anda Internally agar Search Engine friendly. Artinya website Anda harus didesign yang bersahabat dengan Google. Agar nanti website Anda disenangi search engine tersebut. Itu akan meliputi navigasi (menu) yang baik, selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, tidak juga terlalu banyak link yang berulang-ulang, website anda cepat loadingnya, Website Anda konsisten topiknya (kesesuaian antara Judul, Isi artikel, keywords dan description). Ini tidak sulit, bagi mereka yang sudah tau rahasianya.  Banyak sekali pemain internet marketing Indonesia yang telah menguasai hal ini. Kegiatan yang pertama ini sifatnya internal di website Anda, karena itulah sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo (kegiatan di halaman-halaman yang anda buat di website anda).
  2. Yang Kedua adalah kegiatan OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar website Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap website Anda sebagai “penting”.
  3. Yang Ketiga adalah penambahan konten,karena konten dalam sebuah website sangat penting untuk menunjang SEO. Teknik SEO ini biasanya akan berpusat pada artikel atau postingan tertulis di website anda. Buatlah Artikel Original,pada dasarnya Search Engine sangat tidak suka dengan namanya duplikat konten atau artikel hasil contekan atau copy paste dari blog atau website lain. Buatlah artikel dengan yang bermanfaat hasil buatan Anda sendiri. Apabila memaksa untuk mengambil materinya dari blog lain, Anda bisa mempelajari dulu artikel tersebut kemudian tuangkan dalam artikel lain dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Jika website anda sudah internally didesign bersahabat dengan search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya blog lain yang membicarakan website Anda) maka Search engine akan menaikkan posisi webiste Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah Anda buat diwebsite Anda.

Di posisi berapa website anda akan berada? rangking satu, dua atau tiga? atau di halaman 2, 3, dsb? Tergantung seberapa optimal website dan cara optimasi SEO yang anda lakukan di mata search engine tadi. Tergantung juga seberapa banyak saingan website yang juga optimal seperti milik Anda. Siapa yang paling optimal dialah yang akan menjadi nomor satu.

top