Strategi SEO Terbaru 2017

Toprank Indonesia – Di tahun 2017 ini banyak sekali update terkait strategi SEO terbaru. Hal itu di karenakan Algoritma mesin pencari Google tentunya mempunyai banyak sekali metode-metode pencarian untuk menampilkan hasil yang lebih relevan dan akurat bagi pengguna.

Memang kalau dilihat dari roadmap mesin pencari google, google sering juga memperbaharui algoritma mesin pencari mereka untuk memperbaiki kualitas hasil pencarian agar lebih relevan dan terbebas dari web spam yang menargetkan traffic tinggi tanpa memperhatikan isi konten dari websitenya, kalo yang belum tau google search sudah beberapa kali melakukan update algoritma mesin pencari mereka yaitu, Panda Update (2010), Penguin Update (2010), Hummingbird Update (2013), Fred Update (2017).

Berikut ini ada beberapa Strategi SEO (Search Engine Optimization), cara yang aman agar website anda bisa masuk halaman 1 Google  :

  • Gunakan https. Sejak Google mulai menawarkan insentif peringkat ke situs yang menggunakan HTTPS aman dari menggunakan HTTP, jumlah situs menjadi terenkripsi telah tumbuh semakin banyak. Sementara Google telah menyatakan bahwa menggunakan HTTPS menawarkan peningkatan peringkat yang sangat sederhana, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar situs pada halaman pertama dari Google cenderung situs-situs yang sudah dienkripsi, dan telah ada bukti bisa di cek di peringkat 1 Google. Untuk anda ketahui bahwa itu bukan hanya berkesempatan untuk meningkatkan peringkat pada pencarian Google, tapi dari segi keamanan juga lebih baik dari HTTP.
  • Tentukan juga Prefered Domain Website www vs non-www Domain. Hal ini menjadi pertimbangan pengguna pertama kali, namun hal ini harus menjadi keputusan Anda untuk memutuskan menggunakan prefered Domain www atau non-www Domain.
  • Riset Kata Kunci, dan Fokus mengembangkannya. Hal ini tentunya bukan rahasia umum lagi yang digunakan oleh pakar SEO. Anda harus konsisten menanamkan kata kunci pada halaman website Anda. Hal ini karena menjadi kekuatan Anda tersendiri. Bagaimana cara menguatkan kata kunci, cara termudah adalah dengan mengulang kata kunci tersebut pada halaman artikel yang Anda buat tapi tetap kelihatan natural.
  • Setup Friendly Permalinks. Permalink merupakan struktur URL yang muncul pada address bar website Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas dimana robot mesin pencari akan membaca url Anda dengan baik. Jika Anda pengguna WordPress, maka pilihlah “Post name” untuk permalink Anda.
  • Importance of Title Tags, Meta Descriptions, Meta Keywords. Judul pada postingan atau halaman page sangat penting. Jangan pernah mengabaikan judul postingan. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan melacak Judul Postingan Anda sehingga Akan membantu mesin pencari dalam menampilkan hasil pencariannya. Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan setting manual pada Meta Deskription Postingan Anda. Hal ini akan mempermudah dan tentunya akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kata kunci pada website Anda. Bagaimana dengan meta keyword? beberapa pakar mengemukakan bahwa hal ini tidak diperlukan lagi, namun Anda juga perlu melakukan settingan manual untuk menentukan beberapa target keyword Anda dengan mudah.
  • Header Tags – H1, H2, H3. Header Tag sangat penting dimana akan mempermudah mesin pencarian dalam menentukan Tag pada judul Anda.
  • Image Alt Tags and Title Tags. Sangat jelas, karena mesin pencari tidak dengan maksimal dalam membaca gambar. maka pastikan Anda menggunakan tag ALT dan TITLE pada gambar Anda.
  • Pentingnya Konten. Buatlah konten Anda secara natural, dan konten merupakan hal yang paling penting yang harus Anda prioritaskan. Pastikan konten yang Anda buat tidak terlalu pendek, minimal Anda bisa membuat postingan 400 – 500 kata. Keuntungan lain dari konten berdurasi panjang adalah bahwa dari waktu ke waktu Anda juga akan mulai peringkat untuk tidak hanya kata kunci fokus Anda.
  • Importance of Dofollow vs NoFollow Links. Tautan dofollow adalah sebuah tautan yang memberitahukan search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll untuk mengikuti (follow) website/halaman yang dituju tersebut, dofollow link biasanya ditulis dengan menambahkan ‘rel’ pada HTML nya. Hal ini membantu membangun otoritas dan mempengaruhi peringkat Anda di Google. namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah memastikan bahwa dofollow link Anda tidak banyak mengarah ke website luar, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi pandangan mesin pencari akan banyaknya internal link dibandingkan eksternal link. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas backlink website Anda.
  • Tambahkan High Domain Authority. Berkebalikan dengan yang sebelumnya, nah pastikan website Anda mendapatkan banyak link ekternal yang mengarah ke website Anda. Pastinya Anda harus selektif untuk memilih link yang berkualitas untuk website Anda.
  • Peta situs yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex untuk ambil hirarki dan struktur website Anda serta memastikan merangkak lebih baik. Anda harus mendaftarkan website Anda untuk membuat Sitemaps pada website Anda.
  • Submit Sitemap to Google Search Console / Bing Site. Hal ini sangat penting untuk mendaftarkan pertama kali website Anda agar dapat terindex dengan cepat pada mesin pencari. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi untuk memasukkan website Anda dan memastikan terdaftar di mesin pencari seperti Google, yahoo, bing, dll
  • Force Crawl for Faster Indexing. Jika anda merasa website Anda belum juga terindex oleh mesin pencari ? pada Google webmaster biasanya menawarkan bantuan untuk menyuruh robot mesin pencari untuk mengecek website Anda.
  • Utilize Social Signals. Pastikan Website Anda juga terhubung dengan berbagai Social media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dll. Karena social media mempunyai referall link yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas halaman website.
  • Schema Markup and Social Markup. Skema markup pada dasarnya adalah kode tambahan yang membantu mesin pencari seperti Google memberikan data lebih banyak dan lebih baik untuk pengunjung. Nah, kalau Social Markup sama dengan Schema namun ini lebih mengarah ke Social Media.
  • Website Speed and Responsive. Mesin pencari seperti Google sangat mempertimbangkan kualitas website baik itu dari kecepatan akses dan tampilan. Pastikan website Anda dapat diakses dengan menggunakan perangkat apapun dan pastikan juga website Anda dapat diakses dengan sangat cepat. Hindari konten yang tidak diperlukan atau bisa juga gambar yang dirasa memberatkan saat diakses oleh pengguna.
  • Fix Broken Links and improve backlink. Broken link merupakan masalah yang harus diatas pengguna untuk memaksimalkan SEO Anda. Selain itu tingkatkan juga kualitas Backlink yang Anda miliki pada website Anda.

Demikian beberapa strategi SEO di atas yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan SEO Anda di tahun 2017, semoga bermanfaat untuk anda ikuti.

Salam Toprank !

top