Tips Menulis Artikel Friendly Google

Salah satu faktor dalam penentuan ranking  di Google adalah struktur konten atau artikel yang SEO Friendly. Masing-masing orang mempunyai cara tersendiri untuk membangun artikel yang SEO Friendly. Namun adapun beberapa tips yang bisa saya berikan untuk membuat artikel yang friendly dengan google, antara lain yaitu :

  • Memilih topik yang tepat. Memilih topik post adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa disepelekan. Ini garis besarnya: jika anda menginginkan topik yang paling banyak dicari, maka anda harus menentukan topik yang diinginkan pembaca. Ini bukan berarti anda lepas dari niche atau bidang kepenulisan yang anda sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya untuk saat ini) memiliki nilai atau value untuk pembaca yang menginginkannya. Akan lebih bagus lagi jika topik yang dipilih bisa bertahan lama dan bahkan merupakan “topik abadi”. Syarat utamanya adalah artikel tersebut harus unik dan original.
  • Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pengunjung dan SEO. Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: kebutuhan pengunjung dan kebutuhan SEO (dalam hal ini search engine). Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat dan menjawab kebutuhan pengunjung adalah apa yang dibutuhkan oleh search engine.
  • Analisis Keyword. Jadi anda akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah artikel blog. Tapi, stop! Tunggu dulu. Anda harus memikirkan kata-kata penting (baca: keyword) yang harus anda gunakan. Analisis keyword melatih kemampuan anda menggunakan dan mengolah kata-kata dan rangkaian kata “yang paling dicari” oleh pengunjung di search engine. Ada berbagai macam strategi dan alat untuk melakukan analisis keyword. Menentukan keyword secara efektif akan membuat artikel yang ditulis tidak sia-sia dan kandas di persaingan SERP dan menghindarkan artikel dari pembanjiran keyword yang merusak artikel serta melukai SEO blog yang sudah anda bangun (penalti/banned).
  • Merancang judul artikel blog. “Judul adalah mahkota tulisan”, kata orang (siapa ya orangnya?). Benar adanya menurut saya, baik untuk pengunjung maupun search engine. Bagi SE, dalam beberapa kasus umum, judul memiliki bobot keyword tinggi, sehingga perlu diperhatikan keyword apa yang menjadi target dan harus digunakan. Pastikan keyword penting ada di dalam judul, namun hindari pengulangan atau pembanjiran keyword. Di sisi lain, anda tetap harus memperhatikan pengunjung, pastikan judul anda cukup menjelaskan isi artikel (cukup deskriptif dan jelas), dan variatif.
  • Mengoptimalkan Permalink. Permalink Blogger (khususnya) memiliki batasan jumlah karakter, tergantung panjang kata yang anda gunakan (meski sekarang batasan karakter lebih panjang dari sebelumnya), namun ada kalanya terputus di tengah judul artikel. Pastikan permalink anda terisi dengan keyword penting dan tidak terputus dengan mengeditnya menggunakan fitur blogger custom permalink hindari fungsi automatic permalink. Pada WordPress, edit permalink lebih mudah lagi, anda bisa mengutak-atiknya langsung pada permalink editor di bawah kolom judul. Tidak semua kata harus masuk ke dalam permalink, jika perlu hilangkan kata-kata yang termasuk stop words seperti dan, yang, di, dan sejenisnya. Kadang saya menghindari kata-kata tidak penting lainnya dan hanya memasukkan 4 sampai 5 kata penting.

Demikian beberapa tips di atas, semoga bermanfaat untuk anda ikuti agar artikel anda mudah di temukan oleh google dan website anda bisa selalu memasuki peringkat halaman pertama google.

Tags

top