Sebagian pengguna mungkin hanya berselancar di internet untuk mencari informasi dan hiburan. Padahal, menggunakan internet juga bisa menghasilkan uang.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang mudah untuk pemula? Langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Bagi yang masih pemula dan ingin coba mendapatkan uang, berikut ini beberapa cara yang paling mudah untuk dilakukan agar menghasilkan uang dari internet.

1. Menjadi seorang blogger

Buat yang hobi menulis, blogging bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menghasilkan uang. Pekerjaan  blogger memang kebanyakan berawal dari hobi, seperti traveling, wisata kuliner, review kosmetik, gardening, dan masih banyak lagi.

Sudah banyak blogger profesional yang merasakan hasilnya dengan mendapatkan uang dari tulisan mereka. Selain monetisasi blog, uang yang dihasilkan blogger juga bisa berasal dari review produk, iklan, endorsement, dan lain-lain.

2. Tutor online

Buat yang memiliki keahlian di bidang akademik seperti matematika, bahasa asing, fisika, atau sejenisnya, bisa memanfaatkan internet untuk menjadi tutor online. Cara ini bisa membantu anak-anak atau orang lain dalam mengerjakan tugas sekolah secara online.

Selain itu, menjadi tutor online merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang cukup mudah. Jika memang sudah jago, keterampilan yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang di internet bahkan tanpa modal apa-apa.

3. Freelance

Sudah banyak situs yang bisa ditemukan di internet yang menawarkan pekerjaan sebagai freelancer. Saat ini pekerjaan freelance di internet ada berbagai jenis skill, mulai dari desain, penerjemah, penulis artikel, dan lain-lain.

Situs yang menyediakan tawaran menjadi freelancer cukup banyak, sebut saja Upwork, Fiverr, Sribulancer, Project.co.id dan lain sebagainya. Melalui situs tersebut, Anda bisa pilih pekerjaan freelance yang sesuai skill dan kemampuan yang dimiliki.

4. Menjadi YouTuber

Bagi yang percaya diri di depan kamera, pekerjaan menjadi seorang YouTuber adalah peluang yang cukup menarik dan menjanjikan. Melalui platform ini, Anda bisa mendapatkan uang dengan cara membuat kanal YouTube sendiri.

Cara mendapatkan uang dari internet bagi seorang YouTuber bisa dari Google Adsense. Semakin banyak subscriber dan viewer, semakin banyak uang yang bisa diperoleh. Selain itu, bagi channel dengan subscriber banyak juga biasanya akan ditawari untuk endorsement. Bayaran menjadi endorse cukup menggiurkan.

5. Isi survei online

Anda bisa cari situs yang menawarkan survei online berbayar. Melalui situs tersebut, biasanya perusahaan akan memberikan beberapa pertanyaan terkait produk terbaru mereka. User dapat mengisi survei sesuai dengan opini masing-masing.

Bayaran dari survei online ini biasanya dihitung berdasarkan jumlah pertanyaan atau survei yang diikuti. Semakin banyak survei yang dijawab, akan semakin besar uang yang didapatkan. Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati ketika mengikuti survei online terlebih untuk situs yang meminta detail rekening bank saat pendaftaran.

6. Ikut afiliasi

Bagi website yang sudah berjalan dan memiliki traffic yang cukup banyak, bisa mengikuti program afiliasi untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Afiliasi yang ditawarkan perusahaan dapat menghasilkan uang dari jumlah klik dan pembelian produk.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan afiliasi biasanya dilakukan dengan menyematkan link produk di situs web. Jika ada pengunjung web yang klik dan membeli produk melalui link tersebut, maka ada komisi yang bisa didapatkan oleh pemilik blog.

7. Gamers

Bermain game online yang dulu dianggap buang-buang waktu, ternyata kini menjadi peluang yang sangat menjanjikan untuk menghasilkan uang. Gamers dapat menghasilkan uang dari internet melalui donasi yang diberikan penonton saat live streaming.

Saat ini ada beberapa aplikasi streaming yang biasa digunakan oleh gamer untuk membagikan kegiatan mereka saat bermain game. Beberapa platform yang diandalkan gamer untuk streaming antara lain Twitch, YouTube, Streamlabs, dan lain-lain.

8. Menjual foto dan footage video

Bagi yang masih pemula, ada banyak cara mendapatkan uang dari internet yang cukup mudah. Salah satunya adalah menjual foto dan footage video melalui website. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi fotografi maupun editing video.

Ada beberapa website khusus yang sering digunakan untuk menjual foto atau footage video. Adobe Stock, iStock, Shutterstock, Getty Images, BigStock, dan Dreamstime adalah beberapa contoh website yang populer untuk menjual foto di internet.

9. Reviewer situs web dan aplikasi

Sekarang ini mendapatkan uang di internet bisa begitu mudah dengan hanya mengulas web atau aplikasi. Menjadi seorang reviewer bisa dilakukan siapa saja tanpa keahlian khusus. Namun, kegiatan ini tidak sekadar menggunakan dan mengulas aplikasi tersebut.

Seorang reviewer harus paham dengan apa yang diulas, bukan asal testing dan memberikan opini sembarangan. Reviewer web dan aplikasi biasanya akan mendapatkan bayaran yang berbeda-beda tergantung dari perusahaan dan jenis testing.

Tes singkat atau kurang dari 5 menit biasanya mendapatkan bayaran $4 dan testing yang melibatkan lebih banyak aktivitas bisa mendapatkan bayaran hingga $10. Jika tertarik untuk menjadi reviewer, ada beberapa situs yang menawarkan pekerjaan ini seperti UserBrain, TestingTime, Ubertesters, Userlytics, SoftwareJudge, dan masih banyak lagi.

10. Jualan online

Cara yang cukup mudah untuk menghasilkan uang dari internet adalah berjualan produk di marketplace atau media sosial. Anda bisa mengombinasikan teknik berjualan secara konvensional dan digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan jasa yang Anda miliki. Berbagai produk dapat dipasarkan dengan mudah melalui internet, seperti produk makanan, fashion, pernak-pernik, kerajinan tangan, dan lainnya.

*Baca Juga: Apa itu Dropshipper? Cara Sukses Berbisnis Dropship

Berjualan online bisa dilakukan dimana saja, marketplace atau media sosial. Selain mudah, Anda bisa melakukan promosi dengan mudah melalui internet. Tentunya ini bisa dimanfaatkan untuk pemula yang baru saja merintis bisnis online di internet.

Toprank Indonesia siap membantu Anda dalam bisnis online. Perusahaan ini menyediakan layanan digital marketing, seperti Jasa SEO, Google Ads, dan Facebook & IG Ads. Anda bisa konsultasi terkait kebutuhan bisnis online yang dibutuhkan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang cocok untuk pemula. Ada banyak peluang di sana yang bisa Anda sesuaikan dengan minat Anda.

Published On: November 22nd, 2022 / Categories: Tips Digital /