Sosial media adalah sebuah platform untuk bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan media sosial, orang dapat bertukar informasi dengan cepat secara instant.

Bagi sebagian orang, terutama masyarakat Indonesia, penggunaan media sosial tentu sudah menjadi bagian dari pekerjaan. Hal ini karena media sosial sering dijadikan alat untuk bekerja dalam mencari customer atau pelanggan dalam urusan bisnis.

Ada banyak sekali platform media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya. Berdasarkan data yang disajikan oleh ‘We Are Social’ ada beberapa jejaring media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

10 Media Sosial Paling Aktif

Masyarakat Indonesia termasuk salah satu pengguna yang paling aktif di situs jejaring sosial. Penggunaan jejaring sosial di dunia maya bahkan mencapai 2 jam 27 menit setiap hari. Platform jejaring sosial yang paling sering digunakan yaitu:

1. WhatsApp

Di Indonesia, media sosial yang paling sering digunakan berikutnya adalah WhatsApp. Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp yang terpasang pada perangkat mereka. Platform jejaring sosial milik perusahaan Meta ini memang yang paling banyak digunakan untuk komunikasi.

Masyarakat sering menggunakan WhatsApp untuk mengirim chat, melakukan panggilan telepon, dan panggilan video. Tidak ketinggalan juga fitur story yang menjadi favorit pengguna untuk membagikan keseharian atau momen terbaik mereka kepada pengguna.

Ketika aplikasi ini down, 80% pengguna internet yang menggunakan WhatsApp akan ikut terkena dampaknya. Saking banyaknya pengguna WA, biasanya WhatsApp yang down akan menjadi trend atau topik teratas yang dibicarakan di internet.

2. Instagram

Pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,45 miliar orang. Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Instagram terbanyak setelah India, USA, dan Brazil. Di Indonesia sendiri pengguna IG kebanyakan merupakan remaja hingga dewasa dengan rentang usia 18-34 tahun.

Platform jejaring sosial ini digunakan untuk berbagi foto dan video pendek. IG sendiri memiliki fitur yang cukup beragam untuk memanjakan penggunanya. Fitur favorit pengguna IG termasuk IG Story dan Reels.

3. Facebook

Jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini masih menjadi yang paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Facebook sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman di dunia maya, membagikan foto, video, dan stori.

Facebook memiliki banyak fitur menarik yang membuat pengguna betah untuk berlama-lama. Selain untuk komunikasi pribadi, Facebook juga sering dipakai untuk promosi produk atau jasa. Biasanya untuk hal tersebut pengguna bisa memanfaatkan fitur Facebook business atau Facebook Fan Page.

4. TikTok

Selanjutnya adalah aplikasi TikTok yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk menghabiskan waktu di internet. Jejaring sosial asal Tiongkok ini sudah cukup lama dan kian populer dalam beberapa tahun terakhir.

TikTok digunakan untuk membagikan video singkat dengan background suara dari musik atau lagu yang seadang viral. Banyak lagu viral setelah menjadi trend di aplikasi TikTok.

Pengguna jejaring sosial ini sendiri kebanyakan merupakan remaja hingga dewasa dengan usia di atas 18 tahun. Sekitar 99 juta pengguna TikTok berasal dari Indonesia yang paling aktif. Rata-rata waktu yang dihabiskan di TikTok mencapai 23,1 jam per bulan.

5. Telegram

Telegram bisa dikatakan sebagai pesaing WhatsApp. Aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia ini merupakan aplikasi pesan singkat dan telepon. Pengguna bisa berkirim pesan atau chat dengan pengguna lain.

Penyimpanan Telegram berbasis cloud. Telegram banyak disukai, karena bisa berbagi media tanpa mengurangi kualitas aslinya. Selain itu, pengguna bisa mengakses Telegram melalui berbagai perangkat yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan.

Hingga saat ini, pengguna aktif Telegram di seluruh dunia mencapai 700 juta orang. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna Telegram paling banyak. Telegram disebut-sebut lebih aman daripada aplikasi WhatsApp.

6. Twitter

TW, julukan ini sering diberikan pada pengguna aplikasi Twitter di Indonesia. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia berdasarkan data dari We Are Social, mencapai 18,45 juta atau 4,23 % dari pengguna Twitter di dunia yang jumlahnya mencapai 436 juta orang.

Twitter menjadi salah satu media sosial terbaik yang sering digunakan untuk berbagai cerita, baik melalui teks, gambar, maupun video singkat. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai tempat curhatnya orang-orang di dunia maya.

Aplikasi ini juga sering digunakan oleh tokoh-tokoh terkenal untuk berinteraksi dengan masyarakat. Biasanya public figure, seperti pejabat negara, artis, dan tokoh ternama lainnya menggunakan akun resmi Twitter dengan centang biru.

7. Facebook

Facebook merupakan aplikasi yang sudah sangat terkenal di dunia. Facebook sering digunakan untuk berkirim pesan dengan sesama pengguna. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena mudah mencari teman dan melakukan interaksi.

Media sosial ini juga sering digunakan oleh orang Indonesia, karena lebih cepat untuk berkirim pesan. Pengguna bisa sepuasnya berkirim pesan secara gratis melalui platform ini.

8. Line

Line merupakan aplikasi instant messaging yang digunakan untuk mengirim pesan. Selain mudah dan cepat, banyak orang menggunakan Line karena lebih mudah melakukan interaksi di dalam grup. Biasanya dilakukan untuk berdiskusi dengan pengguna lain.

Di Indonesia, pengguna Line cukup banyak setelah Jepang, Taiwan, dan Thailand. Penggunaannya didominasi anak-anak muda dengan rentang usia 18 tahun – 32 tahun.

Line memiliki sejumlah fitur yang cukup menarik untuk kalian gunakan, seperti chat dengan emoji Line. Selain itu, ada juga fitur timeline yang menampilkan status, informasi, atau promosi dari personal akun maupun official akun.

9. Pinterest

Menurut laporan We Are Social yang diterbitkan pada Februari 2022, pengguna media sosial di Indonesia yang cukup banyak adalah Pinterest di posisi ke 9. Pengguna aktif di seluruh dunia yang mengakses aplikasi ini pun cukup banyak mencapai 436 juta orang.

Pinterest merupakan aplikasi atau platform jejaring sosial untuk berbagi foto. Pengguna bisa mengategorikan foto dalam beberapa folder. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan re-pin pada akun lain meskipun tidak saling mengikuti.

10. Snack Video

Media jejaring sosial di dunia maya dengan pengguna terbanyak di Indonesia berikutnya adalah Kuaishou. Aplikasi video asal China ini menjadi pesaing dari aplikasi TikTok. Mungkin kebanyakan orang mengenal aplikasi ini sebagai ‘Snack Video’.

Pengguna dapat berbagai video singkat dalam aplikasi ini. Selain itu, Snack Video juga sering digunakan untuk menghasilkan uang bagi pengguna yang menonton video viral.

Aplikasi ini memiliki banyak sebutan, di Cina terkenal ‘Kuaishou’. Di Indonesia dikenal dengan ‘Snack Video’. Lalu di negara lain, aplikasi ini dikenal dengan nama ‘Kwai’.

*Baca Juga: 7 Web Browser Terbaik Untuk Akses Internet

Bagi Anda yang menggunakan jejaring sosial untuk bisnis, Toprank Indonesia dapat membantu Anda dengan jasa SEO terbaiknya. Toprank Indonesia merupakan penyedia jasa digital marketing berpengalaman. Layanan yang disediakan cukup beragam, seperti jasa SEO, Google Ads, website design, dan press release media masa online nasional.

Itulah beberapa situs jejaring sosial yang paling sering digunakan di Indonesia. Penggunaan platform-platform di atas bukan hanya untuk komunikasi tetapi juga merambah ke sektor bisnis. Bagi yang menggunakan media sosial untuk berbisnis sebaiknya selalu upgrade informasi supaya bisa menentukan strategi bisnis yang paling tepat.

Published On: November 22nd, 2022 / Categories: Tips Digital /