10 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi virus Covid-19 membuat kondisi perekonomian mengalami krisis di seluruh dunia termasuk Indonesia. Krisis akibat virus ini pun telah menghancurkan beberapa sektor usaha, hingga membuat World Health Organization (WHO) menyatakan memang Covid-19 memberi dampak yang besar untuk perekonomian. Hal ini mengakibatkan minat beli konsumen menurun akibat masa karantina yang menyebabkan pengurangan gaji karyawan bahkan mengalami PHK.

pandemi corona virus

Kita dapat melihat bahwa pandemi virus ini mampu merubah gaya hidup sebagian besar orang, dari yang awalnya sering berkegiatan diluar rumah menjadi menghabiskan waktu dirumah saja. Lalu dari yang biasanya menghabiskan pendapatannya untuk 10 pos pengeluaran menjadi hanya 5-7 pos pengeluaran saja.

Dari perubahan gaya hidup dan tren, maka mengakibatkan kebutuhan prioritas konsumen seperti misalnya tidak menghabiskan pendapatan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting, mengingat pendapatan saat pandemic ini tidak sesuai dari biasanya. Para konsumen lebih memilih mengeluarkan pendapatan untuk kebutuhan yang penting seperti makanan, kesehatan, menabung, atau kebutuhan investasi.

Segala perubahan gaya hidup tersebut juga mempengaruhi pada ide bisnis di masa pandemic ini. Seperti dimasa krisis ini sudah banyak bermunculan peluang usaha secara online yang dapat juga anda jalani selama masa karantina. Selama karantina berlangsung bisnis rumahan sangat naik daun dan banyak diminati agar menghasilkan pendapatan sampingan.  Jika anda berminat untuk membuka bisnis rumahan, anda dapat simak rekomendasi 10 Peluang bisnis yang menjanjikan di masa Covid-19 ini !

  1. Masker Kain

Peluang bisnis yang pertama adalah bisnis masker kain. Bisnis masker kain ini sangat menjanjikan karena saat ini memakai masker adalah kewajiban semua orang saat bepergian keluar rumah. Tak heran saat ini pun para konsumen banyak mencari masker kain untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Selain itu, makser kain dapat dicuci dan gunakan kembali, berbeda dengan masker medis yang hanya sekali pakai. Jadi lebih hemat bukan?

bisnis masker kain

Kamu dapat menjual masker kain ini dengan harga yang bervariasi, tergantung bahan yang anda pilih. Masker kain saat ini banyak perbedaan kualitas jenis dan motif yang beragam, mulai dari masker kain biasa hingga masker kain premium. Lalu saat produksi barangnya anda dapat melakukan sendiri jika memungkinkan, atau juga bisa dengan hanya menjadi reseller dan dropshipper.

  1. Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan

Dimasa pandemic ini sangat penting untuk memiliki perlengkapan kebersihan dan kesehatan, sehingga banyak orang yang menjadikan ini sebagai peluang bisnis mereka di masa pandemic ini. Perlengkapan kebersihan dan kesehatan atau sering disebut dengan New Normal Kit saat ini seperti hand sanitizer, face shield, masker, sabun cair, dan lain sebagainya.

Anda dapat menjual produk-produk tersebut secara terpisah dan dalam bentuk paket atau Bundling dengan harga yang bervariasi. Selain itu anda juga dapat menjual perlengkapan kesehatan dengan menyelimuti fashion seperti jaket face shield. Jaket face shield banyak diminati sebagian besar konsumen karena mereka ingin tetap fashionable walaupun memakai perlengkapan kesehatan.

  1. Pakaian Rumah

Bisnis pakaian rumah juga sangat trendy di masa pandemic ini. Peminatnya sangat meningkat karena banyak orang yang saat ini selalu menghabiskan waktu dirumah namun ingin tetap fashionable. Anda dapat menjual pakaian tidur alias piyama dengan bentuk kemeja atau long dress dengan berbagai warna motif yang sedang trendy pada tahun 2020 ini.

Selain piyama banyak juga pakaian rumah yang dapat anda jual, baik untuk dirumah aja maupun untuk keluar rumah. Dengan model dan motif yang unik dan berbeda, salah satunya yang saat ini sering dicari yaitu motif tie dye.  

  1. Makanan Ringan atau Camilan

Tentunya anda harus mencoba ide bisnis yang satu ini. Pada masa pandemic seperti ini, mengharuskan semua orang untuk berkegiatan dirumah saja, cemilan adalah salah satu pilihan para konsumen untuk menemani hari mereka dalam menjalani kegiatan dirumah aja.  Anda dapat membuat camilan homemade dengan kualitas bahan yang bagus dan proses pembuatan yang tidak rumit.

Penjualan makanan ringan terbilang sangat praktis, terlebih dapat dijual secara online. Namun anda harus memilih kemasan dan jenis makanan yang aman untuk dikirim ke seluruh daerah, agar tidak mempengaruhi camilan yang ada di dalamnya. Bisnis ini cocok untuk menjadi ide bisnis saat masa pandemic.

  1. Frozen Food

Frozen food adalah salah satu makanan yang cocok untuk para konsumen selama pandemic. Sebagian besar orang menaruh minat untuk membeli frozen food untuk mereka stok selama pasa pandemic ini. Anda dapat menjual frozen food dengan pilihan seperti pisang cokelat, risol mayo, dimsum, cilok, dan lauk paul siap saji dengan kemasan yang divakum. Sama seperti makanan ringan, frozen food juga dapat anda jadikan peluang bisnis yang menjanjikan dimasa pandemic ini.

bisnis frozen food

  1. Kopi Literan

Selanjutnya anda juga dapat menjual kopi literan. Biasanya kopi literan dijual dengan kemasan botol kaca, dan dapat disimpan oleh mereka. Karena dimasa pandemic ini, tentunya tidak menghalangi seseorang untuk ‘ngopi’. Selain literan, anda juga dapat menjual versi ready to drink yang kemasannya menggunakan botol kecil atau tumblr agar dapat mereka bawa kemanapun.

  1. Jamu Herbal

Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh salah satu cara yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi jamu herbal. Mengingat saat ini belum ada obat yang ampuh untuk menangkal virus corona, oleh karena itu prouduk kesehatan selalu menjadi solusi pilihan para konsumen.

jamu herbal

Sebagian besar orang tidak dapat membuat jamu herbal sendiri, sehingga banyak yang lebih memilih untuk membelinya. Anda dapat menjual jamu herbal bubuk atau cair dengan sistem pre-order, agar dapat menjaga kualitas jamu. 

  1. Jasa Fotografer Virtual

Jasa fotografer yang satu ini berbeda, karena jasa ini hanya memotret secara virtual saja. Bisnis ini cocok sebagai bisnis sampingan, sekaligus sebagai ajang unjuk kemampuan anda dalam bidang fotografi.

  1. Jasa Desain Grafis dan Editor Video

Jasa desain grafis dan editor video dapat anda jadikan peluang bisnis dimasa pandemic ini. Sama seperti jasa fotografer virtual, bisnis ini sebagai bisnis sampingan untuk anda yang ingin mengasah skill dan unjuk kemampuan dalam bidang desain.

  1. Jasa Salon on-Demand

Apakah anda memiliki skill di bidang make up? Jika iya bisnis ini dapat menjadi bisnis sampingan anda. Bisnis ini dijalankan dengan sistem ‘jemput bola’ yang dimana anda mendatangi rumah konsumen dan meberikan pelayanan disana.

Jenis-jenis jasanya pun bervariasi mulai dari manicure pedicure, potong rambut, pijat relaksasi, hingga privat make up class.

Sederet rekomendasi peluang bisnis ini dapat menjadi pertimbangan anda untuk memiliki pekerjaan saat masa karantina seperti ini. Untuk anda yang sudah mulai berbisnis dan ingin bisnis anda lebih mudah ditemukan lewat mesin pencari di Internet, anda dapat menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization) diperusahaan kami yakni Toprank Indonesia.

Toprank Indonesia adalah perusahaan konsultan dan penyedia jasa SEO yang berkualitas dan terpercaya. Toprank Indonesia telah melayani konsultasi diberbagai jenis bisnis seperti Distributor, Retail, Jasa, Startup, Parbrik, Konsultan dan Trainer, Software dan e-commerce site di Jakarta dan seluruh Indonesia. Kami memiliki startegi yang tepat untuk siap menjadikan website anda berada di halaman satu Google. Tunggu apalagi? Segara hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik.

 

Tags

top
WhatsApp chat