10 Tips Menulis Artikel SEO yang Bikin Website Anda Naik

admin

10 Tips Menulis Artikel SEO yang Bikin Website Anda Naik Peringkat

Dalam menulis artikel pastikan Anda menggunakan tips menulis artikel SEO yang tepat. Dengan menggunakan teknik SEO yang benar, artikel Anda akan muncul dalam hasil pencarian mesin pencari dan memberikan nilai tambah bagi pengguna.

Jadi, penting bagi Anda pemilik website untuk mempelajari teknik-teknik SEO agar dapat mengoptimalkan konten Anda dan meningkatkan traffic website secara organik. Dengan demikian, biaya untuk iklan dapat dihemat dan bisnis dapat lebih efisien dalam upaya pemasaran online.

Apa itu Artikel SEO?

Artikel SEO adalah sebuah artikel yang ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat pengindeksan pada search engine. Artikel SEO biasanya mengandung keyword target tertentu, termasuk juga menggunakan strategi yang efektif untuk meningkatkan keterbacaan dan kualitas konten.

Sehingga memungkinkan search engine memahami topik serta konteks artikel dengan mudah. Artikel SEO yang baik biasanya berisi informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca, sambil tetap mempertahankan Keyword dan mengoptimalkan ranking search engine. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic dan sumber daya bagi website atau bisnis yang dimiliki.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Judul Artikel dan Judul Jurnal Disini!

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel yang ramah terhadap search engine (SEO friendly) adalah kunci penting untuk meningkatkan visibilitas konten Anda di halaman hasil pencarian. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menulis artikel yang SEO friendly:

1. Lakukan Keyword Research

Sebelum menulis artikel, lakukan keyword research yang populer dan relevan dengan topik artikel. Gunakan alat riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang digunakan oleh audiens target.

Keyword research adalah proses untuk mengidentifikasi keyword yang relevan dan populer untuk digunakan pada konten website atau artikel. Keyword research dapat dilakukan menggunakan berbagai alat dan teknik, seperti Google Keyword Planner, Google Suggest, Google Trends dan alat lainnya seperti Ahrefs maupun Semrush.

Alat riset kata kunci gratis yang disediakan oleh Google AdWords. Alat ini dapat membantu menemukan kata kunci yang relevan, seberapa populer kata kunci tersebut, serta prediksi biaya Iklan untuk kata kunci tersebut.

Dan Google Suggest menyajikan saran kata kunci yang populer ketika kita mulai mengetikkan kata kunci pada mesin pencarian. Sedangkan Google Trends adalah alat riset kata kunci gratis yang menyediakan data tentang seberapa populer kata kunci dalam rentang waktu tertentu. Alat ini dapat membantu dalam memilih kata kunci yang sedang trend atau populer pada suatu waktu.

Dan alat lainnya seperti Ahrefs dan Semrush terdapat versi gratis dan berbayar. Jika Anda menggunakan versi berbayar, maka Anda juga bisa melihat jumlah traffic, ranking dan data lainnya.

Setelah melakukan keyword research, pilihlah keyword yang relevan dengan topik konten, dan gunakan keyword itu secara alami pada konten Anda.

2. Membuat Konten Original

Membuat konten orisinal adalah penting dalam SEO karena search engine seperti Google lebih menilai konten yang unik dan original. Konten yang orisinal memiliki nilai tambah untuk pengunjung website dan dapat membantu meningkatkan posisi pada hasil pencarian.

Cari tahu topik yang sedang trend dan kembangkan ide konten yang unik dan bermanfaat bagi pembaca.  Buat konten yang menarik, bermanfaat dan informatif untuk membantu pembaca memecahkan masalah atau bertambah pengetahuannya.

Dengan membuat konten original yang bermanfaat, website bisa mendapatkan pengunjung yang potensial dan mendapatkan ranking yang terbaik pada search engine. Selain itu, konten orisinal juga membantu membangun reputasi serta brand awareness website.

3. Judul yang Menarik dan Relevan

Judul yang menarik dan relevan merupakan salah satu hal penting dalam SEO karena judul adalah faktor penting dalam menarik perhatian pengunjung dan membantu meningkatkan ranking pada mesin pencari.

Gunakan keyword yang relevan dengan topik konten pada judul untuk membantu mesin pencari menemukan informasi yang diinginkan. Namun, pastikan penggunaan keyword tidak terlalu banyak atau terlihat dipaksa agar tidak terlihat spam.

Buat judul yang mudah dipahami dan jelas mengenai topik konten yang dibahas. Judul yang menggunakan angka atau listicle, seperti ‘10 Cara untuk Meningkatkan… ’, seringkali lebih menarik dan membantu pembaca memahami isi konten secara jelas.

Selain itu, penggunaan kalimat tanya dalam judul dapat meningkatkan ketertarikan pembaca karena menimbulkan rasa ingin tahu dan menyajikan pertanyaan yang mungkin menjadi masalah bagi pembaca.

Dengan membuat judul yang menarik dan relevan, website bisa mendapat perhatian dan traffic yang lebih banyak. Namun, juga perlu diingat bahwa isi konten harus sejalan dengan judul yang dibuat agar tidak menyesatkan pembaca.

Baca juga: 10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Bagi Pembaca

4. Jangan Paksakan Keyword

Jangan terlalu sering memasukkan keyword ke dalam artikel. Gunakan keyword secara alami dalam konteks artikel. Terlalu sering memasukkan kata kunci atau keyword pada suatu artikel, yang disebut dengan keyword stuffing, dapat mempengaruhi kualitas konten dan penilaian dari mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan keyword secara alami dalam konteks artikel.

Untuk menggunakan keyword dengan alami, coba gunakan variasi kata kunci yang sejenis, gunakan sinonim atau kata-kata yang berbeda yang memiliki arti sama dengan kata kunci utama, dan hindari pengulangan kata kunci yang berlebihan. Sebagai gantinya, fokuslah pada menyampaikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca.

Penting juga untuk memperhatikan kepadatan keyword atau keyword density. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan keyword pada artikel, karena hal tersebut akan terlihat spammy bagi pembaca dan mesin pencari.

Sebagai gantinya, fokuslah pada membuat konten yang berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas, dan pastikan penggunaan kata kunci atau keyword terintegrasi secara alami pada konten tersebut. Dengan begitu, mesin pencari dapat merekomendasikan konten Anda pada pengguna yang sedang mencari informasi sesuai dengan topik artikel Anda.

5. Gunakan Subjudul

Gunakan subjudul untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel. Subjudul adalah elemen penting dalam struktur artikel yang dapat membantu pembaca memahami isi artikel dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, sub judul juga membantu mesin pencari untuk memahami konten dan memberikan penilaian yang baik terhadap artikel. Dengan menggunakan sub judul, pembaca dapat menemukan informasi yang tepat dengan lebih mudah tanpa perlu membaca seluruh artikel.

Subjudul juga membantu pembaca untuk memperoleh gambaran umum mengenai isi artikel serta pemahaman yang lebih baik mengenai topik yang dibahas. Untuk mengoptimalkan penggunaan sub judul pada artikel, pertimbangkan untuk menggunakan frasa atau kata kunci relevant sebagai subjudul untuk membantu mesin pencari untuk memahami konten.

Pastikan subjudul juga terstruktur dengan baik dan memberikan penjelasan mengenai apa yang dibahas pada setiap bagian artikel.

6. Optimalkan Gambar

Penggunaan gambar pada artikel dapat membantu memperjelas isi artikel dan membuatnya lebih menarik bagi pembaca. Namun, perlu diingat bahwa gambar juga dapat mempengaruhi SEO artikel. Oleh karena itu, deskripsi dan atribut “alt text” sangat penting untuk dapat memaksimalkan manfaat dari gambar dalam artikel.

Deskripsi yang relevan akan membantu pembaca memahami konten gambar. Deskripsi ini dapat disertakan secara singkat di bawah gambar atau di dalam caption. Dengan deskripsi yang tepat, pembaca dapat memahami gambar yang terkait dengan konten artikel.

Selain itu, atribut “alt text” juga sangat penting karena memberikan deskripsi text pada gambar secara khusus pada saat gambar tidak dapat ditampilkan, seperti pada browser yang mungkin tidak mendukung format gambar.

Atribut Alt text ini merupakan sebuah bentuk text deskripsi gambar yang seharusnya dikaitkan dengan gambar tersebut. Atribut alt text juga bisa diatur untuk meningkatkan aksesibilitas bagi pembaca dengan gangguan penglihatan atau melalui penggunaan screen reader.

Agar gambar dapat memberikan kontribusi positif pada SEO artikel, gunakan deskripsi yang relevan dan jelas, serta gunakan atribut “alt text” dengan baik yang mengandung keyword.

Hindari penggunaan deskripsi atau “alt text” yang tidak relevan dengan gambar atau artikel, karena hal ini dapat merusak kualitas konten dan menurunkan peringkat pada hasil mesin pencari.

7. Gunakan Internal dan External Link

Link atau tautan sangat penting dalam SEO dan dapat meningkatkan otoritas halaman secara signifikan. Internal link (tautan ke halaman lain di dalam situs Anda) dan external linking (tautan ke sumber terpercaya di luar situs Anda) dapat membantu meningkatkan otoritas halaman dan juga membantu pembaca untuk menemukan informasi yang tepat.

Dalam internal lin, gunakan tautan ke artikel lain di dalam situs Anda yang relevan dengan topik yang dibahas. Hal ini membantu pembaca untuk menavigasi situs Anda dengan mudah dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Selain itu, internal link juga membantu mesin pencari untuk mengenali hubungan antara halaman di dalam situs Anda dan meningkatkan keterkaitan antar halaman di dalam situs.

Dalam external link, tautkan ke sumber terpercaya di luar situs Anda yang relevan dengan topik yang dibahas. Hal ini membantu meningkatkan kredibilitas artikel Anda dan juga memberikan pembaca dengan sumber tambahan yang relevan untuk memperdalam pemahaman mereka. Ketika Anda tautkan ke situs web terpercaya dan relevan, halaman Anda dapat meningkatkan otoritas halaman di mata mesin pencari.

8. Gunakan Meta Description

Meta description merupakan elemen penting dalam SEO dan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap CTR (Click-Through Rate) dari hasil pencarian.

Meta description adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul artikel pada hasil pencarian. Deskripsi ini memberikan gambaran singkat tentang isi artikel dan membantu pembaca memahami konten artikel tersebut sebelum mengklik.

Penting untuk memastikan bahwa meta deskripsi Anda menarik dan merefleksikan isi artikel dengan akurat agar pembaca tertarik untuk mengunjungi halaman Anda.

9. Cek kesalahan

Mengecek kesalahan ketik dan tata bahasa sangat penting sebelum artikel dipublikasikan. Artikel yang buruk dalam hal tata bahasa dan kesalahan ketik dapat merusak kredibilitas situs Anda dan bahkan menurunkan peringkat SEO.

Setelah menulis artikel, baca kembali beberapa kali dan periksa kalimat dengan teliti. Pastikan artikel tersebut mudah dipahami dan tidak memiliki kesalahan tata bahasa.

10. Perbarui artikel secara berkala

melakukan pembaruan secara berkala pada artikel adalah suatu yang penting. Dengan melakukan pembaruan artikel, Anda dapat meningkatkan kualitas dan relevansi artikel, dan meningkatkan peringkat SEO website.

Dengan memperbarui artikel, konten Anda akan tetap up-to-date dan relevan dengan tren terbaru. Ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan pembaca tetapi juga meningkatkan peringkat SEO website Anda.

Nah itulah 10 tips menulis artikel SEO yang dapat Anda terapkan. Jika Anda sibuk dan tidak sempat membuat konten SEO friendly sendiri, Anda bisa menggunakan jasa SEO. Tidak hanya membuat artikel SEO friendly, namun jasa SEO juga akan mengoptimalkan konten-konten Anda untuk mendapatkan rangking tinggi dan traffic lebih banyak.

Anda bisa menggunakan layanan SEO dari Toprank Indonesia yang merupakan Digital Marketing Agency yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Silahkan hubungi kami jika website Anda ingin kami optimalkan dengan Teknik SEO yang tepat untuk website Anda.

Published On: Agustus 15th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!