10 Tools Riset Keyword Gratis untuk Kata Kunci Relevan

admin

10 Tools Riset Keyword Gratis untuk Kata Kunci Relevan

Anda dapat menggunakan tools riset keyword gratis untuk menemukan kata kunci relevan terkait industry Anda. Dalam dunia digital marketing, riset keyword sangat penting karena membantu mengarahkan traffic potensial ke situs web Anda. Tanpa menggunakan keyword yang relevan, maka kemungkinan besar pengunjung situs web Anda bukanlah audiens yang Anda targetkan.

Keyword tools membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengguna search engine mencari sesuatu di internet. Dengan melihat data pencarian yang efektif pada sebuah kata kunci, keyword tools membantu untuk membuat strategi konten yang efektif dan meningkatkan traffic ke website.

Inilah Daftar Tools Riset Keyword Gratis

Tools riset keyword dapat membantu anda dalam menemukan ide kata kunci untuk artikel di website anda dan melihat kekuatan kata kunci dalam mengoptimalkan pencarian di search engine. Berikut adalah daftar tools riset keyword gratis yang dapat digunakan:

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah sebuah tool riset kata kunci gratis yang disediakan oleh Google. Tool ini digunakan untuk mencari kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan, mengevaluasi tingkat persaingan kata kunci, dan menemukan perkiraan volume pencarian kata kunci.

Untuk menggunakan Google Keyword Planner, Anda harus memiliki akun Google Ads. Setelah masuk ke akun Ads, pilih menu “Tools & Settings” dan pilih “Keyword Planner” dari dropdown menu. Kemudian, pilih opsi “Find new keywords” dan masukkan kata kunci yang ingin anda riset.

Google Keyword Planner akan menampilkan daftar kata kunci baru yang relevan dengan kata kunci tersebut, beserta volume pencarian, tingkat persaingan, dan perkiraan biaya per klik.

Google Keyword Planner juga dapat digunakan untuk melihat perkiraan jumlah klik, biaya, dan posisi iklan yang mungkin tercapai jika anda memasang iklan di Google Ads. Selain itu, tool ini juga dapat membantu anda dalam menentukan budget iklan yang sesuai dengan target pasar dan tujuan bisnis anda.

Baca juga: Cara Riset Keyword Youtube untuk Pertumbuhan Channel

2. Google Trends

Selain Google Keyword Planner, Anda juga bisa menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword relevan. Google Trends adalah sebuah tool gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna dalam mengetahui trend pencarian di search engine dan visualisasi data pencarian.

Tool ini dapat membantu pengguna memahami trend pencarian kata kunci tertentu, serta mencari ide kata kunci baru yang sedang trending. Untuk menggunakan Google Trends, pengguna dapat langsung mengakses situsnya di trends.google.com. Setelah itu, Anda dapat memasukkan keyword atau topik yang ingin di riset, memilih parameter pencarian seperti negara, waktu, dan kategori, dan kemudian melihat hasilnya.

Selain itu, Google Trends juga dapat memberikan informasi detail tentang kata kunci atau topik tertentu, seperti bagaimana kata kunci tersebut berkembang seiring waktu, daerah mana yang paling banyak mencari kata kunci tersebut, dan kata kunci terkait apa yang paling banyak dicari.

Google Trends juga dapat digunakan untuk membandingkan beberapa kata kunci sekaligus, sehingga pengguna dapat melihat perbandingan trend pencarian antara kata kunci tersebut. Tool ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat konten yang sesuai dengan trend terbaru, atau yang ingin meningkatkan optimasi SEO dengan mengincar kata kunci yang sedang trending.

3. Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah tool gratis yang disediakan oleh Google dapat membantu Anda meningkatkan keterlihatan dan performa situs web Anda di search engine. Tool ini memberikan informasi tentang performa situs pada hasil pencarian Google, jumlah klik dan tayangan situs, dan memiliki banyak fitur lainnya untuk membantu memahami bagaimana situs dilihat oleh mesin pencari.

Tool ini juga berfungsi untuk melihat kata kunci yang mendapatkan rangking tinggi di search engine. Selain itu, Google Search Console juga dapat memberikan informasi tentang performa website kamu secara keseluruhan, seperti kecepatan loading halaman, sitemap yang digunakan, dan jumlah halaman yang terindex oleh Google. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan performa website dan memaksimalkan potensi traffic organik yang dihasilkan.

Tidak hanya itu, Google Search Console juga dapat membantu Anda untuk menemukan dan memperbaiki masalah teknis pada website kamu, seperti kesalahan crawling, error 404, dan masalah struktur data. Dengan menjaga website kamu tetap berjalan dengan baik dan bebas dari masalah teknis, maka kamu dapat memastikan bahwa website kamu lebih mudah diakses dan diindeks oleh search engine.

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna bagi pemilik website untuk memantau performa website dan memaksimalkan potensi traffic organik. Meskipun tidak memiliki fitur seperti search volume dan keyword difficulty, informasi yang diberikan tetap dapat membantu dalam menentukan strategi SEO yang tepat.

Untuk menggunakan Google Search Console, Anda perlu memiliki akses ke situs web Anda. Setelah itu, Anda dapat mendaftarkan website di Google Search Console dan memverifikasi kepemilikannya. Setelah berhasil verifikasi, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan.

4. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah sebuah tool online gratis yang berguna untuk mencari ide kata kunci atau topik terkait yang dapat digunakan dalam kampanye digital marketing. Tool ini menggunakan autocomplete Google untuk menghasilkan daftar kata kunci yang populer dan terkait dengan topik atau kata kunci tertentu.

Dengan menggunakan Keywordtool.io, Anda dapat memasukkan kata kunci yang ingin di riset, memilih bahasa, lokasi, dan platform pencarian yang relevan, dan kemudian melihat daftar kata kunci yang dihasilkan. Tool ini juga dapat menghasilkan daftar kata kunci panjang ekor atau long-tail keyword, yang dapat menjadi sangat berharga dalam optimasi SEO dan PPC advertising.

Keywordtool.io juga memiliki fitur premium yang memberikan lebih banyak opsi pencarian, seperti hasil pencarian yang lebih rinci dan data tentang persaingan kata kunci, tapi fitur gratis yang disediakan sudah sangat berguna untuk membantu pengguna mencari ide kata kunci baru yang dapat membantu membangun kampanye pemasaran digital yang lebih efektif.

Baca juga: Pengertian Kata Kunci SEO, Fungsi dan Jenisnya Disini!

5. Ahrefs

Ahrefs merupakan sebuah tool SEO yang digunakan oleh banyak perusahaan digital marketing, pengusaha kecil, serta bisnis besar. Tool ini menyediakan berbagai macam fitur seperti analisis backlink, pemantauan posisi kata kunci, dan pencarian kata kunci untuk membantu pengguna meningkatkan performa SEO situs mereka.

Tool ini dapat membantu Anda melacak dan menganalisis backlink dari situs web Anda dan pesaing. Anda dapat memeriksa kualitas backlink dan mengidentifikasi backlink apa yang perlu ditingkatkan atau dihapus.

Selain itu, Ahrefs juga memungkinkan pengguna untuk memantau posisi kata kunci mereka di mesin pencari, dan memberikan informasi terkait perubahan dalam peringkat, jumlah pengunjung dari kata kunci tertentu, dan perkembangan persaingan.

Tool ini juga menyediakan fitur pencarian kata kunci yang dapat membantu pengguna menemukan kata kunci baru yang mungkin belum sempat dipikirkan sebelumnya. Ahrefs juga menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan nilai dari setiap kata kunci.

Ahrefs juga dapat membantu Anda menganalisis konten mereka dan menyarankan kata kunci yang dapat membantu meningkatkan keterlihatan situs web mereka.

Selain fitur tersebut, Ahrefs juga menyediakan berbagai macam fitur baru yang dikembangkan dengan memperhatikan tren dan perubahan di industri SEO. Ahrefs dapat membantu pengguna mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari, meningkatkan keterlihatan di hasil pencarian, dan meningkatkan traffic dan penjualan dari traffic organik.

6. SEMrush

SEMrush adalah sebuah tool online all-in-one untuk analisis dan penelitian pemetaan strategi pemasaran digital. Tool ini berguna bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa SEO, PPC, content, social media dan kampanye pemasaran digital secara keseluruhan.

SEMrush menyediakan fitur riset keyword yang dapat membantu pengguna menemukan kata kunci baru yang mungkin belum dipikirkan sebelumnya. SEMrush juga menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan nilai dari setiap kata kunci.

Selain itu, tool ini juga bisa melakukan analisis kompetitor yang sangat mendetail. Dengan SEMrush pengguna dapat melihat kata kunci apa saja yang digunakan oleh pesaing mereka, dan pengguna bisa melihat detail backlink dan peringkat situs untuk membantu memperbaiki situs web mereka sendiri.

Tool ini juga dapat menganalisis situs web pengguna dan memberikan laporan detail mengenai permasalahan SEO yang ada dan dapat diperbaiki. Tidak hanya itu, SEMrush dapat memberikan informasi terkait backlink yang mengarah ke situs web pengguna dan pesaing mereka. Pengguna juga dapat melihat jumlah backlink, otoritas domain, dan kualitas dari backlink tersebut.

7. Ubersuggest

Tools riset keyword yang selanjutnya adalah Ubersuggest yang merupakan tool SEO. Ubersuggest membantu pengguna dalam melakukan penelitian kata kunci dan analisis konten untuk meningkatkan performa SEO dan pemasaran digital. Berikut beberapa fitur penting yang disediakan oleh Ubersuggest:

Ubersuggest menyediakan fitur pencarian kata kunci yang dapat membantu pengguna menemukan kata kunci baru yang mungkin belum sempat dipikirkan sebelumnya. Ubersuggest juga menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan nilai dari setiap kata kunci.

Tool ini dapat membantu pengguna dalam menganalisis pesaing mereka dan melihat kata kunci apa yang digunakan oleh situs web pesaing untuk mendapatkan lalu lintas organik dan trafik. Ubersuggest juga menyediakan informasi terkait peringkat, otoritas domain, dan backlink yang digunakan oleh situs web pesaing.

Ubersuggest menyediakan ide topik konten baru yang relevan dan berdasarkan pada kata kunci atau niche pengguna. Tool ini juga menyediakan fitur audit SEO untuk memeriksa kinerja situs web secara keseluruhan, dan memberikan peringatan jika ada masalah atau kesalahan teknis yang perlu diperbaiki.

Ubersuggest adalah tool yang relatif mudah digunakan, dan dapat membantu pemilik bisnis dan pemasar digital melakukan penelitian kata kunci dan analisis konten dengan efektif, secara gratis.

8. MOZ Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer adalah sebuah tool yang dirancang khusus untuk membantu pengguna melakukan penelitian kata kunci SEO yang akurat dan efektif. Tool ini dapat memberikan informasi tentang potensi lalu lintas dan kesulitan kata kunci yang relevan dengan target pasar pengguna.

Moz menyediakan fitur pencarian kata kunci yang akurat dan mendalam untuk menemukan kata kunci baru yang masih kurang terutama dijumlah penelusuran per bulan. Moz Keyword Explorer juga menyediakan informasi terkait volume pencarian, tingkat kesulitan, dan nilai dari setiap kata kunci.

Tool ini memungkinkan pengguna untuk melihat kata kunci yang digunakan oleh pesaing mereka, informasi terkait backlink, domain dan page authority dan peringkat situs web. Dengan analisis pesaing yang komprehensif, pengguna bisa memperbaiki taktik SEO dan strategi pemasaran digital mereka.

Moz Keyword Explorer juga menyediakan informasi tentang SERP, yaitu bagaimana halaman hasil pencarian muncul jika menggunakan kata kunci tertentu. Dengan mengetahui hal ini, pengguna bisa membuat strategi yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan peringkat situs web mereka.

Dengan fitur-fitur yang di ada pada Moz Keyword Explorer, akan sangat membantu bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa SEO dan strategi pemasaran digital mereka, khususnya dalam melakukan riset kata kunci secara efektif.

9. WordStream Free Keyword Tool

WordStream Free Keyword Tool menjadi tool riset kata kunci yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menemukan kata kunci yang paling relevan dan berpotensi tinggi untuk digunakan dalam kampanye pemasaran digital mereka.

Tool ini memungkinkan pengguna untuk mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka dan memberikan estimasi traffic, potensi lalu lintas, dan persaingan untuk setiap kata kunci. Pengguna juga bisa melihat rekomendasi kata kunci yang berkaitan dengan pencarian mereka.

Pengguna bisa menggunakan filter untuk memperoleh data yang lebih spesifik dan relevan dengan target pasar mereka. Misalnya, pengguna bisa menyaring pencarian berdasarkan negara, kategori bisnis, dan jenis pencarian.

WordStream juga menyediakan ide konten yang dapat dijadikan referensi dalam membuat konten yang relevan dengan target pasar. Pengguna bisa memperoleh informasi terkait topik yang paling dicari dan yang memiliki potensi lalu lintas tinggi.

Selain itu, WordStream Free Keyword Tool bisa membantu pengguna untuk mengidentifikasi pesaing mereka dan melihat kata kunci apa yang mereka gunakan dalam kampanye pemasaran digital mereka. Pengguna bisa memperoleh informasi terkait volume pencarian dan tingkat kesulitan kata kunci pesaing.

10. Wordtracker

Yang terakhir adalah Wordtracker yang merupakan sebuah alat penelitian keyword yang digunakan untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan efektif untuk digunakan dalam strategi SEO atau PPC (pay-per-click) marketing. Alat ini menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat persaingan, dan potensi keuntungan dari setiap kata kunci yang diteliti.

Alat ini menyediakan daftar kata kunci yang relevan dan terkait dengan topik atau bisnis tertentu. Alat ini membantu menjaga kata kunci yang digunakan untuk SEO maupun PPC agar sesuai dengan penelitian dan tidak terjebak dalam kata kunci yang tak tertaget.

Selain itu, alat ini juga membantu pengguna untuk menemukan kata kunci yang digunakan oleh kompetitor dan juga juga mengetahui area yang perlu lebih ditingkatkan. Wordtracker menunjukkan seberapa efektif suatu kata kunci dalam menarik traffic. Keyword Effectiveness Index dihitung dengan menggunakan volume pencarian dan tingkat persaingan kata kunci tersebut.

Dengan menggunakan Wordtracker, pengguna dapat menemukan kata kunci yang paling potensial untuk meningkatkan traffic dari mesin pencarian atau melalui periklanan. Alat ini dapat membantu meningkatkan visibilitas website, membantu website ditemukan oleh konsumen potensial dan meningkatkan penghasilan bisnis.

Nah itulah 10 tools riset keyword gratis yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kata kunci relevan terkait industry Anda. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan riset keyword, membuat konten dan mengoptimalkan SEO pada website Anda, Anda bisa menggunakan jasa SEO Website.

Dengan menggunakan layanan SEO, setiap halaman web Anda di optimasi supaya mendapatkan ranking tinggi di search engine. Website yang muncul di halaman 1 Google dengan keyword relevan, berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak prospek potensial yang pada akhirnya meningkatkan konversi dan penjualan.

Anda dapat menggunakan layanan SEO dari digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia yang sudah berpengalaman. Kami memiliki tim SEO yang ahli dalam mengoptimasi website sehingga mendapatkan ranking tinggi dan menghasilkan lebih banyak traffic potensial. Silahkan hubungi kami, kami siap membantu memasarkan bisnis Anda dengan strategi digital marketing terbaik!

Published On: September 11th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!