6 Cara Riset Keyword Youtube untuk Pertumbuhan Channel

admin

6 Cara Riset Keyword Youtube untuk Pertumbuhan Channel

Jika Anda sedang mencari info terkait cara riset keyword Youtube, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Karena di artikel ini, kami akan berbagi tips dan cara mudah riset keyword Youtube yang efektif untuk membantu mengembangkan channel youtube Anda.

Apapun platform digital yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, penting untuk melakukan Hal ini karena riset kata kunci akan membantu Anda mengetahui kata kunci yang paling sering digunakan oleh konsumen. Dengan begitu, Anda dapat membuat konten yang relevan dengan pencarian konsumen dan meningkatkan peluang untuk muncul di hasil pencarian yang lebih tinggi. Jika Anda ingin menargetkan konsumen melalui Youtube, mari belajar cara riset keyword Youtube di bawah ini.

Apa itu Riset Keyword YouTube?

Riset Keyword YouTube adalah proses untuk menemukan kata kunci atau frasa yang paling sering dicari oleh pengguna di platform YouTube. Karena YouTube adalah salah satu platform terbesar untuk konten video di dunia, riset kata kunci sangat penting untuk membantu video Anda muncul di hasil pencarian yang lebih tinggi dan ditemukan oleh target audiens yang tepat.

Dengan melakukan riset keyword YouTube, Anda dapat menemukan kata-kata atau frasa yang populer di platform, menemukan persaingan kata kunci, dan menentukan topik atau judul yang relevan dengan kata kunci tersebut. Hal ini akan membantu meningkatkan jangkauan dan tarikan video Anda, sehingga lebih banyak orang dapat menemukan konten Anda di YouTube.

Selain itu, riset kata kunci Youtube juga dapat membantu Anda menemukan peluang untuk meningkatkan views dan subscribe. Tentunya ini bisa meningkatkan pendapatan dari jumlah views Youtube.  

Beberapa alat riset kata kunci yang cocok digunakan untuk YouTube diantaranya adalah Google Trends YouTube, YouTube Suggest, TubeBuddy, dan VidIQ. Pastikan untuk juga melakukan analisis pesaing dan melihat video apa yang muncul di hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Baca juga: Strategi Efektif SEO Menggunakan Long Tail Keyword

Cara Mudah Riset Keyword Youtube

Riset keyword YouTube adalah langkah penting untuk memastikan bahwa konten Anda ditemukan oleh audiens yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan riset kata kunci untuk YouTube:

1. Identifikasi Topik

Pertama, tentukan topik video yang akan Anda buat. Pilihlah niche yang sesuai dengan kemampuanmu, kepribadianmu, atau keahlianmu. Jangan memilih niche yang Anda tidak tahu apa-apa atau tidak tertarik.

Melihat video-video populer yang sudah ada di kanal pesaing atau kanal yang sudah sukses akan membantu Anda untuk mendapatkan ide atau referensi topik video. Anda juga bisa menggunakan fitur “Trending” di YouTube untuk melihat video atau topik yang sedang hangat atau populer di platform.

Alat riset keyword seperti Google Trends dapat membantu Anda dalam mempelajari tren pencarian secara online. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengetahui topik apa yang paling banyak dicari oleh orang dan potensial untuk konten video.

2. Gunakan Suggestion dari YouTube

Input keyword awal ke bagian pencarian di YouTube lalu perhatikan saran keyword apa yang muncul di bagian bawah pencarian. Suggestion ini akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dan sering dicari oleh orang.

Saran keyword yang muncul di bagian bawah pencarian di YouTube seringkali merupakan keyword yang relevan dan sering dicari oleh pengguna. Oleh karena itu, saran keyword ini bisa menjadi sumber ide untuk menemukan keyword yang tepat dan relevan dengan topik video Anda.

Selain itu, hasil pencarian juga bisa memberikan ide-ide baru untuk topik video yang dapat menarik audiens target. Ini cukup efektif untuk mendapatkan keyword-keyword relevan untuk konten-konten Anda.

3. Menggunakan Alat Riset Keyword

Anda bisa menggunakan alat seperti VidIQ atau Google Trends YouTube untuk menemukan kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian tinggi. VidIQ menyediakan banyak fitur dan data statistik yang membantu Anda dalam optimasi video dan menemukan keyword yang tepat untuk mengoptimalkan video Anda.

Sedangkan Google Trends Youtube dapat membantu Anda menemukan Keyword yang relevan dan sering dicari oleh pengguna di Google dan YouTube secara keseluruhan. Dengan menggunakan alat riset keyword, Anda dapat menemukan keyword yang tepat untuk video Anda, membantu video ditemukan oleh audiens yang tepat, dan meningkatkan jangkauan dan pemirsa.

Baca juga: Pengertian Kata Kunci SEO, Fungsi dan Jenisnya

4. Analisa Persaingan

Setelah menemukan keyword yang relevan, Anda bisa melihat video pesaing dengan keyword yang sama. Hal ini dilakukan untuk memahami jenis konten dan bagaimana menampilkan video Anda agar lebih baik dari video yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan analisis pesaing:

  1. Lihat Judul dan Deskripsi Video – Lihat judul dan deskripsi video pesaing dengan keyword yang sama untuk mendapatkan ide tentang topik dan jenis konten yang terkait dengan keyword tersebut.
  2. Perhatikan Durasi Video – Catat durasi video pesaing yang sudah memiliki ranking tinggi untuk keyword tersebut. Pastikan untuk membuat video dengan durasi yang sesuai dengan topik dan sesuai dengan kepentingan audiens Anda.
  3. Analisis Tag Video – Perhatikan tag video pesaing untuk menambahkan keyword tambahan yang akan membantu video Anda mengoptimalkan posisi lebih tinggi di YouTube.
  4. Lihat Jumlah dan Kualitas Like, Komentar, dan Bagikan – Perhatikan jumlah dan kualitas dari Like, Komentar, dan Bagikan pada video pesaing dengan keyword yang sama. Hal ini akan membantu Anda memahami apa yang disukai audiens dari video tersebut dan menjadi referensi untuk menentukan video Anda sukses atau tidak.
  5. Cari Video Pelengkap – Cari video pelengkap dengan topik yang sama untuk mendapatkan ide dan memperkaya konten video Anda sendiri.

5. Buat konten Video Lebih Menarik

Setelah melakukan riset keyword yang relevan, gunakan keyword-keyword dalam judul, deskripsi, dan tag video Anda. Buatlah video dengan konten berkualitas tinggi, sehingga menarik audiens target.

Tak hanya keyword yang relevan saja yang diperlukan dalam menarik audiens target, namun konten yang membuat penonton merasa terhibur, mendapatkan informasi baru, atau memiliki solusi untuk mengatasi masalah juga sangat penting. Pastikan video Anda memiliki kualitas baik dalam hal suara, gambar, dan konten.

Dengan memperhatikan hal tersebut, mesin pencari YouTube akan dengan mudah mengenali keyword yang terintegrasi dalam video Anda. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan Keyword, pastikan tetap memberikan nilai tambah dan menarik untuk penonton.

6. Optimalkan Video Anda

Langkah terakhir adalah melakukan optimasi video dengan memasang judul dan deskripsi yang menarik, dan menggunakan keyword yang relevan. Anda juga bisa memasukkan keyword sebagai tag video, menambahkan thumbnail menarik, dan membagikan video melalui media sosial.

Dengan begitu, video Anda dapat diberi ranking tinggi di hasil pencarian Youtube. Dan kita tahu bahwa hasil yang ditampilkan di ranking tinggi maka berpeluang mendapatkan lebih banyak views.

Tools untuk Riset Keyword YouTube

Setelah Anda mengetahui cara riset keyword YouTube, Anda juga pastinya ingin tahu alat riset keyword YouTube. Berikut adalah beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword pada YouTube:

  1. YouTube Autocomplete

Ini adalah salah satu tools riset keyword gratis yang bisa digunakan. Selama pemilihan keyword, Anda dapat mengetikkan keyword di kotak pencarian YouTube lalu system akan memberikan beberapa opsi kata kunci yang berkaitan dengan pencarian Anda.

  1. Keyword Tool

Ini adalah salah satu platform riset keyword online yang menyediakan opsi untuk melakukan riset kata kunci di YouTube. Platform ini memungkinkan Anda untuk memperluas keyword dengan saran yang akurat.

  1. Google Trends

Google Trends bisa diakses dengan gratis dan memberikan informasi tentang kategori kata kunci yang relevan serta peningkatan pencariannya seiring waktu di platform YouTube. Melalui penskalaan keyword dan evaluasi peringkat dalam peringkat pencarian, platform ini membantu perusahaan untuk membuat statistik keyword yang dapat didefinisikan target audiens.

  1. VidIQ

VidIQ adalah platform manajemen video YouTube yang terintegrasi di browser chrome yang membantu pembuat video untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan sangat membantu dalam melakukan riset keyword. Dengan menggunakan VidIQ, pembuat video dapat melacak kinerja video, melihat analisis pencarian kata kunci, dan alat pengoptimalan video untuk membantu memperbaiki peringkat video pada YouTube.

VidIQ menyediakan fitur saran keyword yang memungkinkan pembuat video untuk menemukan keyword yang terkait dengan konten mereka. Fitur ini juga menunjukkan berapa banyak persaingan keyword dan volume pencarian dari keyword tersebut.

Dengan menggunakan tools riset keyword ini, Anda dapat menemukan keyword yang paling disukai oleh audiens, mengoptimasi video Anda untuk posisi pencarian yang lebih tinggi di YouTube, meningkatkan visibilitas video Anda, dan menarik lebih banyak audiens untuk video Anda.

Nah itulah cara riset keyword Youtube yang dapat Anda lakukan untuk menemukan keyword relevan terkait dengan industri konten Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan digital marketing agency untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Anda bisa menggunakan layanan digital marketing dari Toprank Indonesia yang merupakan jasa seo terbaik.

Silahkan hubungi tim kami untuk diskusi terkait layanan digital marketing yang Anda butuhkan untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami sangat senang dapat membantu memasarkan produk atau layanan Anda melalui strategi digital marketing terbaik kami.

Published On: September 8th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!