6 Langkah-langkah Menulis Berita Paling Mudah Bagi Pemula

admin

6 Langkah-langkah Menulis Berita Paling Mudah Bagi Pemula

Ada 6 langkah-langkah menulis berita yang mudah untuk diikuti khususnya bagi pemula. Berita merupakan keterangan tentang suatu peristiwa. Jadi harus berdasarkan kenyataan atau kejadian sesungguhnya.

Bahkan suatu keterangan mengenai peristiwa ini bisa dijadikan suatu rujukan dalam menulis ilmiah. Maka tidak boleh dibuat seperti karangan atau fiktif. Selain menyuguhkan informasi terkini, penulisannya juga tetap harus dibuat menarik.

Berita tidak harus dibuat panjang, yang penting mengandung unsur 5W 1H (what, who, when, where, why dan how). Menyajikan informasi sesuai fakta namun tetap menarik dan mengundang pembaca bisa dilakukan melalui 6 cara mudah di bawah ini.

6 Langkah-langkah Menulis Berita

Sebuah berita biasanya berkaitan dengan jurnalisme. Informasi yang disampaikan dengan memenuhi nilai (news value) diantaranya aktual, factual, penting serta menarik. Tidak hanya dapat dilakukan oleh profesional, bagi Anda yang masih pemula bisa ikuti langkahnya di bawah ini.

1. Melakukan Riset

Dari 6 langkah-langkah menulis berita yang pertama kali perlu dilakukan adalah riset. Pada tahap awal ini penulis harus mencari topik atau bahan. Pemilihannya harus tepat sebab tidak semua peristiwa menarik dan cocok dituangkan menjadi sebuah berita.

Peristiwa yang menarik untuk dituangkan dalam tulisan minimal harus memiliki pengaruh bagi masyarakat. Kemudian juga memiliki keterikatan, kedekatan dengan pembaca, aktual, terdapat konflik, berdampak, unik, kejutan, melibatkan tokoh, human interest, dan factual.

Tidak semua harus dipenuhi, namun jika lebih banyak nilai yang dapat diambil dari sebuah informasi akan lebih baik. Sebuah informasi jadi lebih berkualitas dan dapat dipercaya. Dalam hal ini tidak harus datang langsung ke suatu lokasi kejadian.

Sebuah riset bisa dilakukan melalui studi pustaka, menggali informasi dari orang terdekat yang berhubungan, atau mencari sumber kredibel lainnya. Setelah itu segera tentukan tema sesuai dengan nilai dari berita yang akan disampaikan.

Baca juga: Mengenal Internal Link Adalah serta Manfaat dan Strateginya

2. Observasi

Bagian kedua dari 6 langkah-langkah menulis berita adalah melakukan observasi. Tujuannya untuk meninjau bahan yang akan jadi sumber informasi. Observasi dapat dilakukan di tempat kejadian langsung maupun melalui narasumber.

Syaratnya, baik observasi tempat maupun nara sumber harus relevan dengan informasi yang akan ditulis. Sehingga informasi valid dan dapat dipertanggung jawabkan, tanpa ada yang dilebih atau kurangkan.

Karena penyusunannya harus mampu menarik minat pembaca, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa SEO. Pemilihan katanya lebih tepat, sehingga menghindari salah persepsi para pembaca.

Apapun yang didapat dari hasil observasi, Anda perlu mencatatnya secara lengkap. Inti dari peristiwa harus didapat sehingga dapat dikembangkan menjadi tulisan sarat nilai berita.

3. Menyusun draft pertanyaan

Sebagai bekal untuk melakukan observasi perlu disusun pertanyaan. Daftar pertanyaan ini akan meminimalisir ketidaklengkapan data atau informasi. Selain juga memudahkan dalam menulis supaya tetap teratur dan bisa dibuat berdasarkan kronologis.

Pertanyaan yang masuk dalam 6 langkah-langkah menulis berita harus mencakup unsur 5W dan 1H. Setiap unsur bisa dibuat dalam lebih dari 1 pertanyaan supaya jawaban yang didapat lebih detail.

Pertanyaan dibuat secara terbuka, sehingga memberikan kesempatan pada nara sumber untuk menceritakan sesuai yang diketahuinya. Sebagai pembanding, Anda bisa mengambil lebih dari 1 sumber agar lebih meyakinkan.

Perlu diminimalisir pertanyaan tertutup dengan jawaban ya dan tidak. Semakin banyak penjelasan dari narasumber, data jadi lebih mudah diolah. Banyak referensi nantinya bisa dijadikan dasar informasi, sehingga menghindari kesalahpahaman pembaca.

4. Reportase atau wawancara

Setelah menyusun pertanyaan, saatnya terjun langsung ke lapangan atau lokasi kejadian. Orang-orang sekitar merupakan sumber valid, apalagi jika perannya sebagai saksi mata. Agar lebih efisien waktu Anda bisa membuat janji terlebih dahulu.

Reportase atau wawancara menggunakan bahasa sesuai karakteristik narasumber. Tidak harus selalu menggunakan kalimat baku, sebab justru lebih sulit dipahami. Kalimat sederhana, singkat, lebih baik karena fokusnya lebih kepada penggalian informasi.

Demi mendukung proses penulisan, supaya tidak info tidak terlewat Anda perlu membuat catatan atau rekaman. Rekaman, minimal suara lebih bagus, ini nantinya akan diolah seperti yang dilakukan oleh digital marketing agency Jakarta.

Namun terlebih dahulu meminta izin untuk melakukan perekaman agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Apalagi jika narasumber tidak bersedia diekspos identitasnya. Sebagai penulis berita wajib menghargai privasi narasumber juga.

5. Transkrip Tulis hasil wawancara.

Baik dari catatan hasil reportase atau rekaman, tidak semuanya harus dimasukkan atau dikutip ke dalam teks. Hanya informasi relevan saja yang perlu dimasukkan, sebab ada kalanya narasumber memberikan penjelasan keluar dari topik.

Pada saat Anda menyusun hard news, ambil dua sampai tiga kalimat berupa kutipan langsung. Pilih kalimat paling mewakili topik yang akan diangkat. Karena merupakan kutipan langsung, biasanya akan lebih mudah menarik minat pembaca.

Bagaimana jika kutipan langsung kurang dapat dipahami secara umum? Misalnya karena menggunakan bahasa daerah, maka bisa dibuat menjadi kutipan tidak langsung. Tidak akan mengurangi isi, hanya bahasa diolah jadi lebih ringkas dan bersifat universal.

Transkrip ini jadi bagian penting dari 6 langkah-langkah menulis berita. Dapat berperan sebagai bukti valid sebab masyarakat akan lebih percaya pemaparan dari sumber langsung. Dalam menulis nantinya disertai verba pewarta, jadi tahu info sebenarnya.

Verba pewarta seperti menjelaskan, mengatakan, berpendapat, mengungkapkan, menurut dan sebagainya. Sehingga pada saat membaca, masyarakat tahu sumber sebenarnya dari berita tersebut.

Baca juga: SEO Friendly: Cara Mendapatkan Peringkat Tinggi di Google

6. Mulai Menulis Berita

Setelah sumber data lengkap, langkah berikutnya adalah menulis berita. Polanya bisa mengikuti jenis informasi. Misalnya pola piramida terbalik, yaitu mengungkapkan hal-hal inti atau paling penting terlebih dahulu.

Kemudian, semakin ke bawah sifatnya lebih umum dan merupakan tambahan. Lebih jelasnya, Anda bisa mencontoh dari jasa SEO. Pola ini sering juga dipakai pada jenis penyajian hard news.

Secara rinci, bagian-bagian yang ada terdiri dari judul, leas, neck serta body. Judul wajib singkat, jelas, padat, representatif serta pilihan katanya menarik. Kemudian, menggunakan huruf dengan ukuran lebih besar supaya mencolok.

Bagian kedua adalah lead yaitu teras berita. Merupakan urutan paling tinggi serta jadi prioritas penulisan. Disinilah informasi 5W dan 1H dimuat, sehingga pembaca dalam waktu singkat sudah paham inti dari seluruh isi tulisan.

Meski sudah paham, apabila pemilihan kalimat tepat tidak menutup kemungkinan para pembaca akan melanjutkan untuk menghabiskan seluruh isi tulisan. Bukan lagi mendapatkan info terkini secara singkat, namun paham secara detail.

Selanjutnya adalah neck, yaitu penghubung antara lead dengan badan berita secara keseluruhan. Ada kalanya penulis memilih kalimat yang menimbulkan penasaran pada bagian ini, sehingga mendorong pembaca menghabiskan sampai akhir.

Selanjutnya adalah body atau badan. Pada bagian ini terdapat hubungan sebab akibat, umumnya ini yang jadi pertanyaan para pembaca. Jadi paham apa latar belakang sebuah peristiwa.

Selain sebab akibat juga memuat suatu kronologi kejadian, yaitu how. Bagaimana bisa peristiwa tersebut terjadi. Bisa memuat kronologis pada bagian ini, sehingga pembaca mendapat gambaran dengan jelas.

Ada kalanya penulis menambahkan body lanjutan pada tulisannya. Ini merupakan bagian pelengkap, bukan prioritas namun bisa jadi info tambahan. Banyak para expert memasukkannya dalam 6 langkah-langkah menulis berita.

Published On: Agustus 24th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!