Strategi pemasaran akhir-akhir ini memang banyak dilakukan, terutama oleh perusahaan besar untuk meningkatkan brand. Dengan meningkatnya penggunaan internet, belakangan ini banyak bisnis yang mulai mengalihkan fokus strategi pemasaran mereka dari konvensional menjadi online melalui internet.

Strategi pemasaran secara online atau biasa disebut digital marketing merupakan sebuah cara modern untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Banyak orang yang sudah mencari produk atau berbelanja secara online. Hal ini karena jaman yang sudah berubah menjadi era 4.0 secara nyata.

Tetapi untuk memasarkan produk secara online, bukanlah perkara mudah. Anda harus bisa menyusun strategi yang benar agar bisnis bisa berkembang. Hal ini dilakukan agar bisa bersaing dengan kompetitor. Nah, dalam hal ini terdapat beberapa strategi pemasaran online yang bisa anda lakukan.

7 Strategi Pemasaran Online Terbaik

1. Email Marketing

Email marketing merupakan sebuah tahapan strategi pemasaran yang menggunakan database berupa alamat – alamat email yang sering disebut leads yang lalu nantinya leads tersebut dikirimkan sebagai email yang berisikan informasi produk, edukasi atau bermacam-macam promo yang bermanfaat bagi pelanggan. Disamping itu, email marketing juga berperan untuk membangun komunikasi dan koneksi, baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan loyal yang efektif dan efisien.

2. Social Media Marketing

Penggunaan social media saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Banyaknya platform sosial media yang digunakan untuk meningkatkan bisnis, seperti Instagram atau TikTok yang dinilai cukup efektif untuk memasarkan produk. Dengan memposting konten yang berhubungan dengan produk, tentu bisa dibalut dengan copy yang menarik minat pembeli, seingga membuat produk laris dan laku.

3. Social Media Ads

Anda juga bisa memanfaatkan platform iklan yang disediakan oleh pengembang aplikasi social media. Sebut saja Facebook Ads, Instagram Ads dan TikTok Ads bisa mendongkrak penjualan produk anda, karena pengiklanannya bisa ditargetkan secara spesifik sesuai target pasar. Ketika anda menggunakan social media ads, produk yang anda jual akan ditampilkan ke user. Anda perlu membuat iklan yang menarik , sehingga calon pembeli akan merasa tertarik untuk mengklik iklan dan melakukan pemesanan.

  • Affiliate Marketing

Sebagai pengguna social media, tentunya anda sering melihat akun sosmed terkenal yang sering di endorse oleh produk terkemua, seperti pakaian, peralatan kosmetik hingga makanan. Hal ini merupakan suatu hal yang disebut affiliate marketing atau influencer marketing. Kerjasama dengan influencer yang banyak followers di sosial media merupakan cara efektif, produk anda akan semakin dikenal oleh orang – orang.

  • Content Marketing

Strategi pemasaran online yang satu ini merupakan strategi yang menitikberatkan fokusnya terhadap pembuatan berbagai macam konten seperti misalnya podcast, blogspot atau video youtube demi memasarkan produk dan membangun ikatan emosional kuat dalam jangka panjang dengan audiens sebuah brand bisnis. Konten yang dibuat haruslah relevan dengan produk anda agar nantinya brand produk anda akan semakin familiar di benak orang yang mengkonsumsi konten tersebut.

  • Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah teknik sistematis yang mengoptimasi keywords serta konten yang ada dalam sebuah website dengan tujuan tampil di halaman pertama hasil pencarian atau disebut SERP (Search Engine Result Page). SEO sebuah cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan traffic website, sehingga akan banyak orang yang datang mengunjungi website anda dan diharapkan banyak calon pelanggan yang akan datang untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

SEO sendiri berfokus pada optimasi konten melalui keywords penting. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, maka pengguna mesin pencari dapat menemukan website anda dengan mudah, sehingga ini bisa menaikkan traffic pada website secara organik. Hal ini bisa membuat website anda ranking dan tampil di halaman pertama hasil pencarian search engine seperti misalnya Google.

  • Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) sebenarnya hampir mirip dengan SEO, jika dilihat secara sekilas keduanya sama – sama mengoptimasi website untuk menduduki peringkat teratas dalam SERP. Akan tetapi  SEO mendapatkan traffic secara organik, sedangkan SEM menggunakan iklan sebagai penunjangnya. SEM sendiri dalam penerapannya menggunakan banyak metode, antara lain adalah PPC atau Pay Per Click dimana kampanye iklan perlu anda bayar ketika orang mengklik iklan tersebut.

Lalu ada yang dinamakan Pay Per Thousand impression, yaitu anda hanya perlu membayar ketika ada 1000 orang yang melihat iklan di internet. Dan yang terakhir Pay Per Conversion, anda hanya akan membayar ketika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya tercapai (seperti jumlah user baru, produk terjual, dll).

Setelah anda mengetahui strategi yang dilakukan, Anda bisa mengimplementasikan strategi pemasaran online tersebut untuk bisnis Anda. Tapi perlu anda pastikan, bahwa strategi pemasaran tersebut harus di kombinasikan dengan strategi lainnya agar hasilnya maksimal.

Published On: March 18th, 2022 / Categories: Tips Digital /