7 Strategi SEO Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Traffic

admin

7 Strategi SEO Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Traffic

Dalam menargetkan traffic website potensial, Anda harus menggunakan strategi SEO yang tepat. Sehingga tidak hanya mendatangkan traffic potensial, namun juga meningkatkan konversi dan penjualan. SEO adalah salah satu jenis digital marketing yang dapat mendatangkan traffic organic ke situs web.

Teknik SEO dipilih banyak orang karena tidak perlu membayar ke pihak search engine untuk mendapatkan klik atau traffic. Ini artinya SEO gratis tidak seperti PPC seperti Google Ads atau Bing Ads. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk setiap klik atau traffic yang website Anda dapatkan. Sebagai gantinya Anda harus melakukan strategi SEO yang tepat dan sesuai dengan ketentuan search engine.

Strategi SEO untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Traffic

Dalam menerapkan SEO, maka Anda harus melakukannya dengan strategi yang tepat. Alih-alih mendapatkan ranking tinggi, lebih banyak traffic, dan konversi, Anda hanya akan membuang waktu dan energi jika salah menerapkan teknik SEO.

Nah supaya Anda tidak salah dalam menerapkan strategi SEO, Anda dapat mengikuti Langkah-langkah berikut ini:

1. Audit Website

Melakukan audit website adalah Langkah awal dalam menerapkan strategi SEO. Sebagus apapun Anda membuat konten, tapi jika Anda tidak memperhatikan kondisi website Anda, semuanya akan sia-sia. Audit website adalah proses inspeksi mendalam terhadap situs web untuk mengevaluasi kinerjanya dan mengetahui apa yang perlu ditingkatkan.

Berikut adalah langkah untuk melakukan audit website:

  1. Analisis traffic: Gunakan alat analisis lalu lintas seperti Google Analytics untuk mengetahui jumlah pengunjung, durasi kunjungan, dan halaman yang paling sering dikunjungi.
  2. Periksa keseluruhan desain: Pastikan desain situs web Anda menarik dan mudah dinavigasi. Pastikan juga situs web Anda terlihat profesional dan mudah dipahami.
  3. Periksa kecepatan situs web: Gunakan alat pengukur kecepatan situs web seperti PageSpeed Insights untuk mengetahui berapa lama waktu pemuatan situs web.
  4. Periksa keamanan situs web: Pastikan situs Anda memiliki sertifikat SSL dan tidak ada malware atau spam di dalamnya. Anda juga harus memastikan bahwa cookie dan data pengguna ditangani dengan benar.
  5. Tinjau struktur situs web: Pastikan semua halaman situs web terhubung dengan benar dan mudah dinavigasi oleh pengunjung.
  6. Periksa SEO: Periksa apakah situs web memenuhi standar SEO. Pastikan keyword dipakai dengan benar dan meta deskripsi teroptimasi.

Setelah audit selesai, buat daftar hal-hal yang perlu ditingkatkan, dan buat rencana tindakan untuk memperbaikinya. Audit website yang teratur dapat membantu memperbaiki kinerja situs web dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga: Mencari Lowongan SEO Specialist? Ketahui Skill yang Dimiliki

2. Keyword Research

Setelah melakukan audit website, Langkah selanjutnya adalah melakukan keyword research untuk mendapatkan keyword relevan terkait industri Anda. Dan pastikan kata kunci tersebut dipakai dalam konten Anda untuk meningkatkan posisi Anda di mesin pencari.

Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan keyword research:

  1. Pilih topik utama yang berkaitan dengan situs web atau bisnis Anda. Keyword atay kata kunci dari topik ini akan menjadi dasar untuk menemukan kata kunci lain yang relevan.
  2. Gunakan tools keyword research seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush atau Ubersuggest untuk menemukan keyword. Anda juga bisa menemukan keyword melalui mesin pencari Google dengan mengetikkan kata kunci dan melihat ide-ide terkait atau menggunakan fitur “people also ask”.
  3. Evaluasi semua keyword dan pilih kata kunci terbaik yang paling relevan dengan bisnis atau tujuan situs web Anda. Pastikan keyword tersebut memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan yang rendah, sehingga memungkinkan situs web Anda muncul di halaman pencarian.
  4. Buat daftar keyword: Buat daftar kata kunci yang relevan dan targetkan kata kunci yang spesifik, serta jangan lupa memasukkan keyword di konten Anda untuk meningkatkan ranking di search engine.

Dengan melakukan keyword research, Anda dapat mempersiapkan strategi SEO yang lebih terarah, meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari, memperbaiki kualitas lalu lintas yang akan mengarah pada pendapatan yang lebih besar.

3. Buat Konten Berkualitas yang Kaya Akan Informasi

Search engine mengutamakan konten berkualitas yang dirancang untuk memberikan informasi yang berguna bagi pembaca. Factors seperti relevansi dan kebermanfaatan konten menjadi sangat penting dalam menentukan ranking dan posisi dalam hasil pencarian.

Maka dari itu, konten yang dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca akan dianggap sebagai konten yang berkualitas oleh search engine. Konten yang memberi penjelasan tentang suatu topik secara rinci, solusi untuk masalah, wawasan baru, atau pandangan yang berbeda akan menarik perhatian pembaca dan meningkatkan kredibilitas situs web.

Selain membuat konten yang berkualitas, penting juga untuk memperhatikan faktor lain seperti struktur URL, penggunaan keyword yang tepat, dan backlink yang berkualitas untuk memperbaiki kredibilitas situs web secara keseluruhan.

Mengoptimalkan semua faktor ini dapat membantu meningkatkan peringkat dan mempertahankan kredibilitas situs web Anda. Ini adalah salah satu strategi SEO yang sangat penting dalam meningkatkan ranking dan traffic website.

Baca juga: SEO Marketing: Pengertian, Teknik dan Jenisnya

4. Buat Meta Description yang Menarik

Strategi SEO yang berikutnya adalah meta description. Meta description adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul halaman di hasil pencarian search engine. Meta description yang menarik dapat membawa traffic organik ke situs web dan meningkatkan click-through rate (CTR) yang menjadi faktor penting dalam peringkat organik.

Berikut adalah tips untuk membuat meta description yang menarik:

  1. Tambahkan kata kunci yang relevan dengan konten halaman tersebut ke dalam meta description.
  2. Buat deskripsi yang unik serta informatif, itu akan membantu informasi tentang isi halaman situs web menjadi lebih jelas.
  3. Call to Action (CTA) sederhana dan jelas pada meta description dapat membantu mengarahkan pengguna ke halaman situs web.
  4. Meta description idealnya dibatasi dari karakter 150 hingga 160.
  5. Pastikan deskripsi dan judul halaman berisi informasi yang relevan dengan konten Anda.
  6. Gunakan bahasa yang menarik dan memikat, sehingga ketika pengguna mencari di mesin pencari dan menemukan deskripsi yang menarik, mereka akan tertarik untuk mengklik link ke halaman situs web.

Membuat meta description yang menarik dan informatif, serta mengandung kata kunci yang relevan dapat membantu meningkatkan visibilitas dan CTR situs web Anda di mesin pencari, sehingga memberikan manfaat besar pada optimasi SEO situs web Anda.

5. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink yang berkualitas adalah tautan yang berasal dari situs web lain yang memiliki otoritas dan reputasi tinggi di search engine. Bangun backlink berkualitas adalah upaya penting dalam strateg SEO. Hal ini karena memiliki backlink dari situs web terkemuka dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat situs web.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun backlink berkualitas:

  1. Buat konten berkualitas tinggi: Konten yang berkualitas dan informatif adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink karena akan menjadi viral secara alami.
  2. Cari situs web untuk “guest blogging”: Menulis konten di situs web lain dapat membantu membangun backlink dan juga menghasilkan lebih banyak traffic ke situs web Anda.
  3. Cari situs web dengan DA (Domain Authority) tinggi: DA adalah skor yang diberikan oleh mesin pencari dan semakin tinggi skor, semakin tinggi pula kredibilitas situs web tersebut. Backlink dari situs web dengan DA yang tinggi akan memberikan dampak positif pada peringkat situs web Anda.
  4. Gunakan media sosial: Promosikan konten Anda di media sosial, ketika orang melihat dan berkunjung ke laman konten Anda, kemungkinan besar mereka akan menyertakan tautan ke laman Anda di situs web mereka.
  5. Ikuti strategi broken-link building: Cari tautan situs web lain yang tidak lagi tersedia atau rusak, tanyakan pada pemilik situs apakah bisa memperbaikinya dengan link Anda.
  6. Gunakan direktori web: Tambahkan situs web Anda ke direktori web seperti DMOZ, Google Webmaster Toolbox, atau Yahoo Directory.

Membangun backlink dari situs web yang berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs web. Serta meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari.

Penting juga untuk ingat, membangun backlink berkualitas adalah proses yang memakan waktu dan tidak dapat dilakukan dengan cara yang spammy. Sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran  untuk berhasil.

6. Lakukan Optimasi Sitemap

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar halaman di situs web Anda. Sitemap membantu search engine seperti Google mengindeks situs web Anda dengan lebih cepat dan lebih akurat. Maka, optimasi sitemap juga penting dalam optimasi SEO. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan sitemap Anda:

  1. Buat sitemap yang responsif: Pastikan sitemap dapat dibaca dengan baik di desktop maupun pada perangkat seluler.
  2. Kumpulkan semua URL : Pastikan semua halaman di situs web Anda terdaftar dalam sitemap.
  3. Prioritaskan halaman penting: Prioritaskan halaman penting dan pentingkan tema halaman yang lebih penting untuk digarap pada sitemap.
  4. Gunakan struktur hierarchical: Gunakan struktur hierarchical sitemap dengan pengelompokan dengan kategori-kategori tertentu.
  5. Update secara teratur: Penting untuk memperbarui sitemap secara berkala dengan menambahkan halaman baru dan menghapus halaman yang sudah usang.
  6. Verifikasi di Google Search Console: Verifikasikan sitemap Anda di Google Search Console untuk memastikan tidak ada masalah teknis dan terus menerima pemberitahuan tentang masalah jika ada.
  7. Tambahkan info penting: Sitemap dapat berisi informasi penting seperti tanggal terakhir dikunjungi, frekuensi update, dan prioritas halaman.
  8. Buat sitemap yang mudah diakses: Tambahkan tautan ke sitemap di header atau footer halaman situs web Anda untuk memudahkan pengguna untuk menemukannya.

Dengan melakukan strategi SEO ini, dapat membantu meningkatkan indeksasi dan peringkat halaman situs web Anda di search engine. Pastikan sitemap Anda selalu diperbarui dan verifikasi melalui Google Search Console untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang menghalangi search engine membaca sitemap Anda.

7. Evaluasi Kinerja SEO

Strategi SEO yang terakhir adalah evaluasi kinerja SEO. Ini adalah proses untuk mengevaluasi kinerja situs web Anda dalam search engine dan menentukan apakah ada kekurangan yang harus diperbaiki selama periode tertentu. Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengevaluasi kinerja SEO:

  1. Tinjau ranking keyword: Tinjau keyword yang Anda targeting dan nilai apakah rankingnya sudah sesuai. Jika masih belum sesuai, coba perbaiki informasi konten yang diberikan pada halaman tersebut.
  2. Tinjau traffic organik: Tinjau traffic organik dan apakah sudah naik atau turun selama periode tertentu. Jika traffic organik turun, tinjau konten yang ada di situs web Anda. Kemungkinan Anda perlu memperbarui, memperbaiki atau menambahkan beberapa konten.
  3. Tinjau Click-Through Rate: Tinjau Click-Through Rate (CTR) dari setiap peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian untuk memastikan Anda memaksimalkan jumlah klik yang diterima.
  4. Tinjau bounce rate: Tinjau bounce rate situs web Anda, metrik ini mengukur seberapa cepat pengunjung meninggalkan situs web Anda tanpa membuka halaman lain atau berinteraksi dengan mereka. Jika bounce rate tinggi, mungkin ada masalah pada struktur komunikasi ataupun susunan konten di situs web Anda.
  5. Tinjau metadata: Tinjau metadata dan deskripsi halaman untuk membantu memastikan bahwa deskripsi dan konten setiap halaman sesuai dengan yang dipromosikan di hasil pencarian.
  6. Tinjau backlink: Tinjau link yang masuk ke situs web Anda untuk memastikan kualitasnya mencukupi dan membantu meningkatkan peringkat halaman Anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti strategi SEO ini, Anda dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic ke situs web Anda. Anda juga harus selalu uptodate terhadap pembaruan pedoman atau algoritma search engine. Ini akan membantu Anda menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan peraturan search engine.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan SEO sendiri, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang siap membantu mengoptimasi website Anda. Dengan menggunakan jasa SEO, situs website Anda pastinya akan di optimasi dengan strategi SEO yang tepat untuk situs web dan industry Anda.

Jangan ragu untuk menggunakan layanan SEO dari digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia yang sudah terpercaya lebih dari 9 tahun. Silahkan hubungi kami, apabila Anda ingin diskusi terkait layanan SEO kami untuk mengoptimasi website Anda.

Published On: September 14th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!