Apa itu Analisis SEO dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Dedi

Apa itu Analisis SEO dan Bagaimana Cara Melakukannya

Analisis SEO dapat memberikan wawasan yang signifikan mengenai kinerja situs web Anda, memungkinkan Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Sebelum merancang dan mengimplementasikan suatu strategi, penting untuk memiliki ide atau konsep awal. Dalam konteks optimasi SEO, perencanaan juga menjadi kunci sebelum Anda mulai mengoptimalkan situs web.

Dengan kata lain, langkah pertama sebelum melakukan optimasi SEO pada situs web adalah melakukan riset dan analisis pesaing. Serta mengidentifikasi situs web mana yang muncul di halaman pertama dengan kata kunci yang akan menjadi fokus Anda. Nah mari mengenal apa itu analisis SEO sehingga Anda dapat menerapkan strategi yang tepat.

Apa itu Analisis SEO?

Analisis SEO adalah proses menghitung dan menganalisis kinerja website dalam menciptakan konten dan strategi yang dapat memperbaiki rata-rata posisi website di hasil pencarian (ranking) di masing-masing mesin pencari.

Fungsi analisis SEO adalah untuk memahami strategi yang digunakan oleh pesaing Anda dalam hal peningkatan visibilitas online. Ini mencakup identifikasi kata kunci yang mereka gunakan, seperti meta title, meta deskripsi, dan konten situs web. Serta penelitian terhadap backlink yang mereka hasilkan.

Melalui analisis ini, Anda dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari upaya optimasi yang mereka terapkan. Melakukan perencanaan dan analisis pesaing memiliki nilai yang signifikan. Dengan menerapkan teknik ini, Anda dapat mengoptimalkan waktu Anda dengan langsung meneliti praktek yang dilakukan oleh pesaing Anda.

Dalam hal ini, analisis SEO bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dari pencarian organik ke website, melalui penggunaan teknik dan strategi SEO yang terbukti efektif.

Baca Juga: Ubersuggest Adalah Alat SEO, Berikut Pengertian, Kelebihan dan Tutorialnya

Cara Melakukan Analisis SEO

Dalam melakukan analisis SEO Anda memerlukan tools atau alat sehingga Anda dapat mengidentifikasi situs web Anda. Nah berikut cara melakukan analisis SEO dan tools yang digunakan.

1. Tentukan Keyword yang Akan Digunakan

Sebelum melakukan optimasi SEO, pastikan Anda telah melakukan riset kata kunci dan menentukan kata kunci yang akan dipasang di situs web Anda. Jika Anda belum melakukan riset, segera lakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Hal ini karena tanpa mengetahui kata kunci yang akan Anda gunakan dan seberapa sering kata kunci tersebut dicari, Anda tidak akan dapat mengidentifikasi pesaing Anda. Oleh karena itu, sebelum memulai optimasi SEO, riset kata kunci menjadi langkah yang krusial. Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan menggunakan tools yang tersedia, seperti Google Keyword Planner, ahref atau SEMrush.

2. Cari Siapa Kompetitor Anda

Setelah melakukan riset kata kunci dan menentukan kata kunci utama untuk situs web Anda, langkah berikutnya adalah mencari situs web lain yang juga mengincar kata kunci tersebut.

Cara melakukannya adalah dengan memasukkan kata kunci yang telah Anda pilih ke mesin pencari Google dan menekan tombol “cari”. Secara otomatis, akan muncul beberapa situs web yang sudah menggunakan kata kunci tersebut. Inilah para pesaing Anda.

Selanjutnya, buatlah daftar dalam dokumen untuk situs-situs pesaing ini, yang mencakup kelebihan dan kelemahan masing-masing dari mereka.

3. Gunakan Tools Website Analyzer

Sekarang setelah mengetahui siapa saja kompetitor Anda, langkah berikutnya adalah menyelidiki secara rinci strategi SEO dari website mereka. Untuk melakukan ini, gunakan berbagai alat analisis situs web.

Beberapa alat analisis SEO yang dapat Anda gunakan termasuk Moz, Ahrefs, Kwfinder, dan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar alat tersebut bersifat berbayar. Jika Anda mencari opsi yang gratis, Ubersuggest bisa menjadi pilihan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs web Ubersuggest.
  2. Masukkan link website kompetitor.
  3. Klik tombol “Search”.

Dengan melakukan ini, Ubersuggest secara otomatis akan menampilkan data SEO terkait dari website competitor Anda. Langkah-langkahnya cukup mudah, dan hasilnya akan memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan strategi SEO Anda.

Baca Juga: Chrome Extension SEO yang Dapat Digunakan Secara Gratis

4. Melihat Keyword Kompetitor

Dalam alat analisis SEO, biasanya terdapat fitur yang menampilkan informasi mengenai keyword. Mengetahui keyword yang digunakan oleh competitor sangat penting. Hal ini untuk mengevaluasi sejauh mana keyword-keyword tersebut berhasil mendatangkan lalu lintas pengunjung.

Mengetahui hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu Anda mempertimbangkan apakah sebaiknya Anda juga menggunakan keyword yang sama. Misalnya, jika competitor Anda memiliki situs web berkelas internasional dengan tim SEO yang sangat terampil. Mungkin lebih bijak untuk memilih keyword lain yang lebih sesuai, mengingat persaingannya mungkin sangat ketat.

Situasinya bisa lebih relevan terutama jika bisnis Anda berfokus pada penjualan produk melalui toko online, dan kompetitor Anda adalah marketplace besar seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan sejenisnya.

Dengan menggunakan Ubersuggest Anda dapat melihat informasi terkait berbagai keyword yang dikuasai oleh situs web kompetitor Anda. Serta jumlah traffic yang dihasilkan dari masing-masing keyword setiap bulannya.

5. Cek On-Page SEO Kompetitor

Untuk langkah ini, Anda memerlukan bantuan Chrome Extension SEO dari salah satu penyedia alat analisis SEO. Anda bisa menggunakan ekstensi dari KWFinder. Dengan menggunakan ekstensi ini, Anda dapat melihat dengan detail elemen-elemen SEO on-page dari situs web competitor Anda. Mulai dari meta tag hingga kata kunci on-page yang digunakan oleh kompetitor.

Fungsinya? Sama seperti sebelumnya, yaitu untuk memberikan referensi yang berguna dalam merancang strategi SEO. Informasi yang diperoleh dari ekstensi ini dapat membantu Anda memahami elemen-elemen penting yang digunakan oleh kompetitor. Sehingga dapat dijadikan acuan untuk menyusun strategi SEO yang efektif, sesuai dengan perkembangan terbaru algoritma Google.

Perlu diingat bahwa fitur ini biasanya berbayar, mengingat kualitas dan manfaat yang signifikan yang dapat diberikannya.

6. Cek Backlink Kompetitor

Yang paling menarik dari cara analisis SEO adalah kemampuan untuk melihat semua backlink dari kompetitor Anda. Cara analisis SEO ini sangat berguna karena Anda dapat memperoleh referensi dari sumber mana kompetitor Anda mendapatkan backlink. Selanjutnya, Anda dapat menganalisis strategi competitor Anda dalam membangun backlink. Termasuk jenis anchor text yang digunakan, arah link, dan faktor-faktor lainnya.

Selain itu, melalui analisis ini, Anda juga dapat menelusuri jenis anchor text yang umum digunakan oleh competitor Anda. Dari sini, Anda dapat membuat kesimpulan tentang jenis anchor text yang mungkin tepat untuk meningkatkan peringkat situs web Anda pada kata kunci yang menjadi target.

Untungnya, masih ada situs web yang menyediakan layanan analisis backlink secara gratis, seperti Ubersuggest. Caranya sama seperti sebelumnya, hanya dengan memasukkan link situs web competitor Anda, semua backlink dari situs web kompetitor akan terlihat secara rinci.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai analisis SEO dan cara melakukannya. Dengan melakukan analisis SEO secara tepat dan terperinci, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs web secara signifikan. Anda bisa menghubungi kami Toprank Indonesia untuk informasi lebih lanjut!

Dengan bantuan SEO Agency Toprank, Anda dapat memastikan situs web di analisis dengan optimal. Sebab, kami adalah jasa seo jakarta terbaik dan terpercaya yang sudah beroperasi selama 10 tahun. Kami memiliki tim yang ahli dan profesional dalam melakukan analisis SEO.

Banyak klien kami yang puas dengan hasil kerja yang kami lakukan, sebab website mereka sudah muncul di halaman #1 Google. Anda bisa konsultasi kepada kami terkait optimasi website, kami akan senang hati melayani Anda, membantu dan meningkatkan situs web Anda.

Published On: Desember 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!