Apa itu HTML? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Dedi

apa itu html

Apa itu HTML?

HyperText Markup Language atau HTML adalah bahasa pemrograman yang berguna untuk menyusun halaman dan aplikasi web. Anda dapat menggunakan teknologi lain, seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan bahasa skrip JavaScript.

Dalam pembuatan website, apa itu HTML sangat dibutuhkan karena dapat berpengaruh terhadap kinerja website. HTML adalah pendekatan berbasis teks untuk menjelaskan bagaimana struktur konten yang terkandung dalam file HTML. Markup ini memberitahu browser web cara menampilkan teks, gambar, dan bentuk multimedia lainnya di halaman web.

HTML adalah markup language yang dapat menentukan struktur website. Tag HTML terdiri dari serangkaian elemen yang digunakan untuk melingkupi atau membungkus bagian konten yang berbeda untuk membuatnya tampil lebih baik. Untuk memahami dengan jelas apa itu HTML, mari kita pahami setiap katanya berikut ini.

HyperText: Teks (sering dengan penyematan seperti gambar juga) yang diatur untuk menghubungkan item terkait.

Markup: Panduan gaya untuk typesetting apapun yang akan dicetak dalam format hardcopy atau softcopy

Language: Bahasa yang dipahami dan digunakan oleh sistem komputer untuk menginterpretasikan perintah.

HTML menentukan struktur halaman web dan membuat halaman web terlihat lebih bagus serta interaktif. Jadi, Anda akan menggunakan teknologi bantuan seperti CSS dan JavaScript untuk membuat HTML Anda indah dan menambah interaktivitas.

Ini adalah format terbuka yang muncul dari tag SGML (Standard Generalized Markup Language). Konsep umumnya diterjemahkan sebagai “Standar Bahasa Markup Umum” dan dipahami sebagai sistem pemesanan dan pelabelan dokumen. Bahasa ini digunakan untuk menentukan nama label yang akan kita gunakan saat memesan.

Baca juga: Pengertian Proxy, Manfaat, dan Jenisnya

Sejarah HTML

HTML dikembangkan oleh CERN pada tahun 1945 untuk mengembangkan sistem penyimpanan benda-benda tidak hilang yang bisa terhubung dengan hyperlink. Mereka membuat perangkat yang diberi nama “memex”sebagai pelengkap memori.

Pada tahun 1965, Ted Nelson mencetuskan istilah hyperlink, merancang struktur yang terhubung secara elektronik yang kemudian memungkinkan pembuatan World Wide Web (1989). Sistem HyperText ini memungkinkan berbagai informasi menggunakan Internet (digunakan untuk komunikasi antara peneliti nuklir yang merupakan bagian dari CERN).

Tim Berners-Lee dari Amerika adalah orang pertama yang mengusulkan deskripsi HTML dalam dokumen yang diterbitkan pada tahun 1991. Di sana dia menjelaskan dua puluh dua komponen yang menganggap desain HTML paling dasar dan sederhana.

Untuk memahami jenis pengkodean yang digunakan dalam sistem hyperlink, perlu dibuat sederhana. Apa itu HTML sangat penting untuk tampilan website menjadi lebih cantik. Jadi, tidak heran ilmu pemrograman sangat dibutuhkan dalam dunia pembuatan website.

Fungsi HTML

HTML memungkinkan kode khusus yang dikenal sebagai skrip. Yang memberikan instruksi khusus ke browser yang bertanggung jawab untuk memproses bahasa. Di antara skrip yang dapat ditambahkan ini, yang paling dikenal dan digunakan adalah JavaScript dan PHP.

Penandaan struktural adalah apa yang menentukan tujuan teks, meskipun tidak menentukan bagaimana elemen akan terlihat. Di sisi lain, markup presentasi bertugas menunjukkan bagaimana teks akan terlihat di luar fungsinya.

Untuk mengetahui kode hyperlink, Anda harus melihat kode sumber di browser, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Opsi ini akan membuka editor teks dengan kode HTML dari halaman yang kita lihat. Berikut fungsi HTML yang wajib Anda ketahui:

1. Membuat Struktur Halaman Web

Dengan HTML Anda dapat menentukan judul dan konten dari halaman web. Browser dilengkapi dengan lembar gaya bawaan yang secara visual membedakan elemen-elemen ini. Konten yang dikelilingi <h1> tag akan memiliki font besar dan tebal serta barisnya sendiri. Mengelilingi teks dengan <h2> tag akan membuatnya tebal dan sedikit lebih kecil dari <h1> dan seterusnya. Tanpa tag ini, teks di halaman web akan terlihat sama.

2. Menavigasi Internet

Menavigasi internet akan jauh lebih sulit tanpa HTML. Bayangkan harus memasukkan URL setiap halaman web yang ingin Anda kunjungi secara manual. Ini akan menjadi realitas kita tanpa tag jangkar. Tag jangkar HTML memungkinkan kita untuk menautkan halaman ke dan dari satu sama lain menggunakan atribut href.

Baca juga: Manfaat dan Cara Mengadakan Giveaway

3. Menyematkan Gambar Dan Video

HTML juga memungkinkan Anda untuk tidak hanya menampilkan gambar ke dalam halaman web, tetapi juga menyesuaikan lebar, tinggi, posisi, dan bahkan cara merendernya.

HTML sangat dibutuhkan dalam pembuatan website, jadi dalam pembuatan website akan selalu menyertakan hyperlink didalamnya. Ini juga akan membantu kinerja website Anda.

Cara Kerja HTML

Apa itu html? HTML biasanya disimpan dalam file menggunakan ekstensi .htm atau .html. Sebuah situs web dapat menyertakan ratusan atau ribuan file HTML yang disimpan di berbagai direktori.

Saat Anda mengunjungi website, servernya mengirimkan file HTML ke browser. Browser Anda kemudian membaca file HTML dan menampilkannya. Ada beberapa aplikasi web yang tidak menggunakan HTML, tetapi menghasilkannya sebagai respons server.

Anda juga dapat menambahkan jenis konten, seperti gambar dan video ke halaman web. CSS memungkinkan Anda untuk menambahkan elemen bergaya (seperti warna) ke halaman website. Sedangkan JavaScript memungkinkan interaktivitas yang lebih baik, ketiga bahasa pemrograman ini membentuk dasar pengembangan website. Demikianlah artikel dari jasa seo mengenai apa itu HTML semoga artikel ini dapat membantu Anda, jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya di website digital marketing agency Toprank.

Published On: Maret 1st, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!