Apa itu Robots.Txt? Fungsi dan Cara Membuatnya

admin

Apa itu Robots.Txt? Fungsi dan Cara Membuatnya

Masih banyak orang yang masih bingung dengan apa itu robots.txt dan fungsinya. Dalam melakukan optimasi website, penting untuk memperhatikan penggunaan file robots.txt. Hal ini disebabkan karena file tersebut berfungsi sebagai akses pintu bagi search engine untuk mengakses konten di situs web.

Jika tidak diperhatikan dengan baik, ada kemungkinan konten yang penting di situs Anda tidak terindeks dan tidak muncul pada halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan aturan-aturan pada file robots.txt. Tentu saja ini akan mempengaruhi kinerja SEO website Anda.

Apa itu Robots.Txt?

Robots.txt adalah sebuah file teks yang ditempatkan pada direktori website yang berfungsi untuk memberikan instruksi pada mesin pencari dan robot web tentang bagian-bagian website mana yang diizinkan untuk di-crawl atau tidak di-crawl.

File robots.txt biasanya digunakan oleh pemilik website untuk mengendalikan akses dan indeks halaman-halaman situsnya pada mesin pencari. Instruksi pada file robots.txt dapat menentukan halaman-halaman yang harus diindeks, dihindari, atau tidak boleh di-index karena alasan keamanan atau privasi.

Robots.txt penting dalam mengendalikan bagaimana mesin pencari mengindeks dan menampilkan konten situs web Anda di hasil pencarian. Ini adalah alat yang berguna untuk mengelola visibilitas konten Anda di mesin pencari.

Namun penting untuk diingat bahwa robots.txt hanya memberikan instruksi kepada robot mesin pencari yang mematuhinya secara sukarela. Robot yang patuh akan mengikuti instruksi ini, sementara robot yang tidak patuh atau spammer mungkin akan mengabaikannya.

Oleh karena itu, meskipun robots.txt adalah alat yang berguna untuk mengelola interaksi dengan robot mesin pencari. Ini tidak dapat diandalkan sepenuhnya untuk melindungi konten Anda atau menghentikan pengindeksan oleh pihak yang tidak diinginkan.

Baca juga: Apa itu Breadcrumbs? Fungsi dan Cara Membuatnya

Fungsi Robots.txt

Robots.txt memiliki beberapa fungsi utama dalam ekosistem web, terutama dalam hubungannya dengan mesin pencari dan robot web. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari file robots.txt:

  1.     Kendalikan Crawl

Salah satu fungsi utama robots.txt adalah memberikan petunjuk kepada robot mesin pencari tentang bagian mana dari situs web yang boleh atau tidak boleh di-crawl. Ini memungkinkan pemilik situs web untuk mengontrol akses robot ke berbagai bagian situs, termasuk halaman, direktori, atau file tertentu.

  1.     Privasi

Robots.txt memungkinkan Anda untuk melindungi informasi yang bersifat pribadi atau rahasia dengan membatasi akses robot mesin pencari ke direktori atau file tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki direktori “private/” yang berisi informasi sensitif, Anda dapat melarang robot untuk mengaksesnya.

  1.     Efisiensi Crawl

Dengan memberikan instruksi yang jelas kepada robot tentang bagian mana dari situs yang perlu di-crawl. Anda dapat membantu mesin pencari melakukan crawl yang lebih efisien. Ini dapat membantu robot fokus pada konten yang penting dan mengurangi beban pada server website Anda.

  1.     Mencegah Pengindeksan Duplikat

Robots.txt dapat membantu mencegah pengindeksan duplikat dengan mengarahkan robot untuk mengabaikan URL yang mengarah pada konten yang sama. Misalnya, versi yang sama dari halaman dengan parameter yang berbeda.

  1.     Mengarahkan Robot ke Sitemap

Anda dapat menggunakan robots.txt untuk memberikan link ke sitemap XML website Anda. Ini membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman website Anda dengan lebih efisien.

  1.     Mengoptimalkan Penelusuran Mesin Pencari

Dengan merancang robots.txt dengan baik. Anda dapat membantu mesin pencari memprioritaskan halaman-halaman penting di website Anda, meningkatkan peluang mereka untuk muncul di hasil pencarian.

  1.     Melindungi Sumber Daya Server

Dengan mengontrol akses robot, Anda dapat mengurangi beban server website Anda dengan menghindari crawl berlebihan yang dapat mempengaruhi kinerja server.

  1.     Memperbaiki masalah teknis

File robots.txt juga bisa membantu memperbaiki masalah teknis pada website, seperti pengaturan rambu-rambu untuk menghindari indeks halaman duplikat atau halaman yang tidak ditemukan (404 error).

Baca juga: Mengenal Crawling SEO, Indexing dan Ranking

Cara Membuat Robots.txt

Dalam file robots.txt, pemilik situs web dapat menentukan aturan-aturan tertentu yang mengatur perilaku crawler. Aturan ini bisa berupa:

  1. User-agent

Anda dapat menentukan robot tertentu atau grup robot yang harus mengikuti aturan tertentu. Misalnya, Anda dapat mengatur aturan untuk Googlebot atau semua robot dengan perintah “User-agent: *”.

  1. Disallow

Dengan menggunakan perintah “Disallow:”, Anda dapat menentukan direktori atau file yang tidak boleh di-crawl oleh robot. Ini memungkinkan Anda untuk menghindari indeksasi halaman yang tidak relevan atau halaman yang tidak ingin ditampilkan di hasil pencarian.

  1. Allow

Ini adalah perintah yang berlawanan dengan “Disallow.” Anda dapat mengizinkan akses ke direktori atau file tertentu meskipun ada perintah “Disallow” yang lebih luas.

  1. Sitemap

Anda dapat memberikan link ke sitemap XML di file robots.txt, yang membantu mesin pencari untuk lebih efisien mengindeks situs Anda.

Berikut cara membuat robots.txt:

  1. Buka aplikasi teks editor pada komputer (misalnya Notepad atau Sublime Text).
  2. Buat file kosong baru dengan nama “robots.txt”.
  3. Tuliskan instruksi-instruksi yang diinginkan, seperti:

User-agent: *

Disallow: /wp-admin/

Allow: /wp-admin/admin-ajax.php

Sitemap: https://www.example.com/sitemap.xml

Note: Sesuaikan dengan alamat situs web Anda.

Dalam contoh di atas, semua robot (dinyatakan dengan “User-agent: *”) dilarang untuk mengakses direktori “wp-admin/”, tetapi diizinkan untuk mengakses direktori “wp-admin/admin-ajax.php”. Selain itu, link ke sitemap XML juga diberikan.

  1. Setelah selesai menyunting file robots.txt, simpan file tersebut.
  2. Upload file tersebut ke dalam direktori root website (biasanya di level paling atas), atau pada pengaturan server yang disediakan oleh penyedia hosting.
  3. Submit ke Google Search Console

Setelah selesai proses upload, Anda bisa memeriksa file robots.txt dengan melakukan tampilan pada browser dengan mengetikkan URL website diikuti dengan “robots.txt” (contoh: www.example.com/robots.txt). Salah satu fungsi lain dari file robots.txt juga dapat membantu proses SEO pada website Anda.

Mengatur robots.txt Melalui Plugin Yoast

Jika Anda menggunakan plugin Yoast untuk SEO pada website, Anda membuat robots.txt dengan mudah. Berikut adalah cara untuk mengatur file robots.txt melalui plugin Yoast:

  1. Aktifkan plugin Yoast di website Anda.
  2. Masuk ke Menu Yoast SEO pada dashboard WordPress Anda, kemudian klik pada Tab “File Editor”.
  3. Klik pada “robots.txt” untuk mulai mengedit file tersebut.
  4. Tambahkan instruksi-instruksi yang diinginkan, seperti pada langkah 3 dari cara sebelumnya.
  5. Setelah selesai menyunting file robots.txt, klik pada tombol “Save Changes to Robots.txt”.
  6. Plugin Yoast akan otomatis memuat file robots.txt yang baru disunting ke direktori root website Anda.

Pastikan untuk memeriksa file robots.txt Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada instruksi yang berpotensi merugikan pengindeksan website Anda.

Kesimpulan

Robots.txt adalah file teks yang berfungsi untuk mengatur akses pengindeksan mesin pencari dan robot web pada sebuah website. File ini memungkinkan pemilik website untuk mengizinkan atau membatasi akses pengindeksan pada bagian-bagian tertentu dari website. Misalnya seperti halaman yang tidak diinginkan untuk ditampilkan pada hasil pencarian mesin pencari.

File robots.txt merupakan instrumen penting dalam mengoptimalkan SEO pada sebuah website dengan cara mengatur akses pengindeksannya oleh mesin pencari dan robot web. Anda dapat menerapkan file ini pada website Anda untuk meningkatkan SEO Anda.

Untuk membantu Anda dalam mengoptimasi website dengan strategi SEO terbaik dan tepat sesuai bisnis, Anda bisa menggunakan jasa SEO. Website Anda tidak hanya dioptimalkan melalui konten-kontennya saja, namun juga secara teknis juga dioptimalkan.

Jika Anda ingin menggunakan jasa SEO profesional dan berpengalaman, maka jasa SEO  Toprank Indonesia adalah solusinya. Sebagai digital marketing agency Jakarta, tentunya Toprank Indonesia memiliki tim SEO specialist yang ahli dalam mengoptimasi website untuk berbagai industri.

Hubungi kami sekarang untuk diskusi terkait layanan SEO yang Anda gunakan!

 

Published On: Oktober 9th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!