Apa itu SEO? Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu SEO? Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu SEO? banyak kalangan beranggapan bahwa SEO merupakan cara agar website bisa mendapatkan peringkat atas di Google. Padahal sebenarnya konsep itu hanya kulit luarnya saja. Bila Anda mencari informasi lebih detail, SEO bukan hanya soal ranking tetapi cara meningkatkan kualitas website.

Pengunjung tak hanya asal mampir saja pada website, namun juga turut serta memudahkan Anda meraih tujuan pengembangan website. Mulai dari meningkatkan brand sampai memperbesar angka transaksi. Tentunya ini membuat anda tertarik untuk mempelajari SEO bukan? Ikuti terus pembahasannya!

Pengertian SEO

Apa itu SEO? kependekan dari Search Engine Optimization. Cara ini adalah upaya optimasi website agar memperoleh ranking atas di halaman search engine Google. Penggunaan SEO akan memudahkan orang-orang untuk menemukan website dan bisa menghadirkan traffic yang lebih banyak.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah, dari begitu banyak search engine (Bing, Yahoo!, Amazon, dan sebagainya), mengapa harus mengutamakan SEO Google? Jawabannya cukup sederhana, Google merupakan search engine terfavorit di banyak kalangan pengguna internet.

Sebagai bukti, ada sekitar 3,5 miliar pencarian melalui Google setiap harinya. Tak mengherankan sebab 90% pangsa pasar search engine dikuasai oleh Google. Maka dari itu, SEO Google cukup terkenal dan menjadi penentu kesuksesan setiap website.

Dengan SEO yang optimal, website bisa menjaring potensi traffic lebih banyak. Bahkan berdasarkan fakta, 53% traffic website bermula dari pencarian organik atau SEO. Aktivitas pencarian informasi dengan menggunakan keyword tertentu pada Google adalah pencarian organik.

Tak hanya sekedar traffic, namun juga jangkauan audiens Anda tepat sasaran atau sesuai tujuan website baik itu sumber informasi, meningkatkan brand, transaksi, dan lain-lain. Sebelum berlanjut pada manfaat SEO, Anda perlu memahami terlebih dahulu perbedaan SEO dan SEM.

Walau terdengar mirip, SEO dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan hal yang berbeda. Perbedaannya ada pada fokusnya. SEO fokus dalam meningkatkan performa website. Sementara SEM fokus untuk meraih hasil secara instan (traffic sampai konversi).
Sekalipun SEM bisa mendatangkan hasil instan, namun tak berarti SEO tidaklah efektif.

Sebagai bukti, 80% orang lebih memilih konten yang berkembang organik dan mengabaikan hasil pencarian berbayar. Banyak orang enggan untuk klik konten yang terdapat label iklan.

Manfaat SEO

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa tetap harus menggunakan SEO website? Sebenarnya bisa juga dengan promosi website melalui channel marketing yang lainnya. Misalkan menggunakan link website pada bio Instagram, menggunakan fitur swipe up, dan lain-lain.

Perlu diketahui, sebagian besar traffic, khususnya website bisnis berawal dari search engine entah dari bidang industri apapun baik teknologi, fashion, kesehatan, dan lain-lain. Jumlah traffic tentu berpengaruh pada kesuksesan website dalam mencapai tujuan.

1. Mempermudah Website Ditemukan

SEO merupakan strategi yang jitu untuk mempermudah audiens dalam menemukan website Anda. Sebab, SEO memungkinkan website Anda ada di halaman pertama Google. Tentu posisi ini berpengaruh pada traffic. Mengingat banyak orang malas untuk scroll untuk halaman dua dan selanjutnya.

2. Bisa Menjaring Audiens Secara Mudah

Tak hanya memudahkan audiens dalam menemukan website, SEO juga memungkinkan Anda lebih tepat dalam menjaring audiens. Hal ini dikarenakan Anda dapat membidik keyword sesuai search intent atau tujuan penelusuran suatu keyword dari audiens.

Contoh, ada dua keywords yaitu batik dan jual batik Pekalongan. Dari dua keyword tersebut, diketahui bahwa keyword pertama ingin mempelajari budaya batik. Sedangkan keyword kedua memang ingin melakukan pembelian batik asal Pekalongan.

Ceritanya akan berbeda lagi bila ditambahkan jual batik Pekalongan murah. Hal ini berarti audiens memang ingin mencari batik asal Pekalongan dengan harga murah. Selain itu algoritma Google juga mengutamakan pengalaman penelusuran yang unik.

Hal ini berarti algoritma Google nantinya menentukan rekomendasi konten yang ada di halaman pencarian dengan ikut mempertimbangkan karakteristik dari audiens, seperti lokasi, riwayat penelusuran, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Cara paling simpel yang dilakukan oleh banyak orang untuk menemukan produk yang diinginkan adalah dengan mencari informasi di Google. Hal ini berarti, Google memang menjadi tempat strategis untuk mengembangkan brand awareness atau mengenalkan suatu produk.

Manfaat SEO memang tak datang dengan instan. Semakin sering website Anda muncul di halaman pertama Google pada keyword yang relevan, maka semakin besar brand awareness yang nantinya bisa Anda peroleh.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

SEO merupakan investasi jangka panjang. Mengingat SEO dapat meningkatkan peluang bisnis. terlebih hasil penelusuran yang relevan bisa berpengaruh terhadap keputusan calon pelanggan.

Dengan mengembangkan traffic secara alami, posisi ranking Google lebih aman dan dapat bertahan dengan jangka waktu yang panjang. Akan berbeda dengan PPC dimana jika Anda berhenti untuk membayar, maka traffic akan langsung menurun.

Hal itulah mengapa walau SEO dan SEM sama-sama berpotensi membutuhkan biaya, namun optimasi SEO website tetap direkomendasikan.

5. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Manfaat berikutnya dari SEO adalah meningkatkan konversi dan penjualan. Faktanya, 75% pebisnis pun berpendapat bahwa SEO mendatangkan lebih banyak pelanggan dibandingkan strategi marketing lainnya. Tingkat konversinya bahkan mencapai 14,6%.

Penyebabnya, SEO bisa lebih efektif dalam menjangkau target audiens yang lebih luas, berbeda dengan strategi marketing lainnya. Sosial media contohnya, yang hanya bisa menargetkan pengguna aplikasi terkait (YouTube, Instagram, dan lain-lain).

Terlebih lagi pengguna Google lebih banyak dibandingkan platform yang lainnya, yaitu sekitar 4,3 miliar pengguna internet. Hal itu berarti jika konten website semakin mudah ditemukan di Google maka peluang menarik traffic menjadi semakin besar.

Hal itu akan semakin bagus jika konten Anda berulang kali muncul saat audiens memasukkan beragam keyword. Selain itu bukannya sembarang audiens, traffic yang ada bisa diolah menjadi berbagai hal. Yang sebelumnya baru calon pelanggan sampai menjadi pelanggan sungguhan.

6. Mengembangkan Top of Mind Brand

Top of mind Brand merupakan brand yang diingat pertama kali oleh pelanggan ketika memikirkan kategori suatu produk. Sebagai contoh, saat membahas air mineral, banyak orang akan menyebut Aqua.

Ternyata, top of mind brand ini dapat dikembangkan dengan SEO. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, apa itu SEO merupakan investasi jangka panjang. Ketika website Anda telah berhasil menguasai halaman pertama penelusuran Google, website Anda akan mempunyai akar yang kuat dan tak mudah tergeser.

Dikarenakan kredibilitas website, konten-konten lain pada website pun lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Google. Jika Anda sukses menguasai halaman pertama, calon pelanggan malas melihat pilihan website lainnya, karena menurut mereka bagusan yang menempati ranking teratas.

Hubungi Kami!

Hubungi Kami!

top
WhatsApp chat