Apa itu Slug? Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Dedi

Apa itu Slug, Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Apa itu slug adalah bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu pada sebuah website. Komponen ini biasanya terdiri dari beberapa kata yang relevan dengan konten halaman tersebut. Dalam SEO, slug sangat berguna, karena mesin pencari menggunakan slug untuk memberikan informasi tentang konten halaman kepada pengguna.

Untuk mengoptimasi url, pertama-tama Anda harus memastikan slug yang digunakan relevan dengan konten yang ada di dalamnya. Jangan menggunakan url yang terlalu panjang, karena hal ini akan sulit bagi pengguna untuk mengingatnya. Hindari juga penggunaan karakter khusus, seperti tanda kurung, spasi, atau karakter lain yang tidak diperbolehkan dalam URL.

Apa itu Slug Dalam Website?

Apa itu slug merujuk pada bagian dari URL sebuah halaman web yang mengidentifikasi judul atau topik halaman tersebut secara singkat dan ringkas. Umumnya url ini terdiri dari kata-kata atau frasa yang mendeskripsikan isi atau tujuan halaman tersebut dengan cara yang lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh manusia.

Slug digunakan untuk membangun URL yang ramah pengguna dan dapat membantu pengguna serta mesin pencari memahami konten halaman tersebut. Ini dapat terdiri dari beberapa kata-kata yang dibatasi oleh tanda hubung (-), dan disarankan untuk menghindari penggunaan angka dan simbol yang tidak dikenal.

Contohnya, pada URL https://www.toprankindonesia.com/seo-link-building/ maka slugnya adalah “seo-link-building”. Yaitu artikel yang membahas tentang SEO link building. URL ini membantu pengguna dan mesin pencari untuk memahami isi halaman tanpa harus mengaksesnya.

Komponen ini sering digunakan dalam sistem manajemen konten (CMS) dan aplikasi web untuk menghasilkan URL yang lebih bersahabat. Ini juga dapat membantu Search Engine Optimization (SEO). Yaitu dengan memasukkan kata kunci yang relevan dalam url untuk meningkatkan visibilitas konten di hasil pencarian.

Fungsi Slug Dalam Website

Setelah Anda mengetahui pengertian dari apa itu slug, maka Anda juga pastinya ingin tahu fungsinya. Nah, supaya website Anda memiliki performa yang baik, maka Anda perlu memahami fungsi dari slug. Berikut adalah beberapa fungsi slug dalam sebuah website:

1. URL yang User Friendly

Salah satu manfaat dari slug adalah membuat URL yang user friendly atau mudah dipahami oleh pengguna. Dengan komponen ini, Anda bisa membuat URL yang relevan dan jelas, pengguna dapat lebih mudah membaca isi dari sebuah halaman website Anda.

Selain itu, pengguna juga lebih mudah untuk membagikan URL yang pendek. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik saat menggunakan situs web dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk kembali mengunjungi situs web Anda.

Jika URL tidak jelas, maka mesin pencari dan pengguna akan kesulitan untuk memahami maksud dari halaman web Anda. Jadi menerapkan slug pada website sangat penting, ini berpengaruh pada reputasi website Anda kedepannya.

2. Meningkatkan SEO

Slug dapat membantu meningkatkan SEO, karena URL relevan dan mudah dibaca dapat membantu mesin pencari untuk lebih mudah memahami topik atau isi halaman tersebut. Dengan demikian, mesin pencari dapat menempatkan halaman tersebut pada posisi yang lebih baik pada hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang berkaitan dengan topik halaman tersebut.

Selain itu, penggunaan slug yang disesuaikan dengan kata kunci yang relevan juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan mesin pencari terhadap halaman tersebut. Hal ini dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peringkat halaman pada hasil pencarian.

Penggunaan slug yang tidak relevan atau berlebihan dapat berdampak buruk pada SEO dan bahkan dapat dikenakan tindakan penalti oleh mesin pencari. Oleh karena itu, penggunaannya harus relevan dan proporsional sesuai kebutuhan, karena penting untuk SEO website Anda.

3. Navigasi dan Struktur Website

Slug juga dapat digunakan untuk mencerminkan struktur atau hierarki situs web, dan dapat membantu dalam navigasi dan organisasi konten dalam situs web. Sebagai contoh, jika situs web memiliki beberapa kategori atau sub kategorinya, ini dapat mencerminkan kata-kata yang merujuk pada kategori tersebut.

Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah menavigasi situs web dan mencari konten yang relevan dengan topik yang mereka minati. Komponen ini juga mencerminkan struktur atau hierarki situs web dapat membuat situs web terlihat lebih terorganisir. Dan juga mudah dipahami bagi pengguna, dan dengan demikian meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Slug yang mudah diingat dan relevan dapat membantu pengguna untuk menavigasi situs web dengan lebih mudah dan cepat. Pengguna dapat dengan mudah mengingat url dan mengetahui apa yang diharapkan dari halaman tersebut.

Hal ini juga dapat membuat pengguna lebih mudah menemukan konten yang mereka cari di situs web. Sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, meningkatkan kepuasan pengguna dan mengurangi tingkat frustasi dalam menavigasi situs web.

5. Mempermudah Sharing

URL pada sebuah halaman website dapat mempermudah sharing halaman tersebut melalui berbagai media sosial atau aplikasi chatting. URL yang pendek dan mudah diingat akan membuat share link menjadi lebih ringkas dan mudah dilakukan.

Misalnya, jika sebuah halaman berjudul “Cara Memasak Nasi Goreng” memiliki slug “cara-memasak-nasi-goreng”, maka saat dibagikan melalui media sosial. Link yang dibagikan akan terlihat pada bagian akhir dengan slug tersebut, seperti “www.contohwebsite.com/cara-memasak-nasi-goreng”.

URL yang pendek dan mudah diingat juga akan membuat link tampil lebih rapi dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan probabilitas orang untuk mengklik dan membuka link tersebut.

6. Membuat URL Terlihat Lebih Menarik

Slug yang menarik dan mudah dibaca dapat membuat URL sebuah halaman terlihat lebih menarik dan profesional, sehingga meningkatkan kemungkinan orang untuk mengklik dan membuka halaman tersebut.

Masukkan kata kunci utama ke dalam slug, sehingga mesin pencari dan pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi topik halaman. Buat url yang singkat, padat, dan mudah diingat. Gunakan kata-kata yang relevan dengan topik halaman, tetapi hindari penggunaan kata-kata yang terlalu panjang.

Hindari penggunaan angka dalam slug, karena angka tidak memberikan informasi yang jelas tentang topik halaman. Sebaiknya gunakan kata-kata yang mudah diingat dan relevan, bisa terdiri dari beberapa kata, gunakan tanda hubung atau garis bawah untuk memisahkan kata-kata.

Pastikan url yang digunakan juga unik dan tidak sama dengan slug halaman lainnya. Hal ini akan membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi halaman dengan mudah dan meningkatkan peringkat SEO.

Baca Juga: Website Mobile Friendly, Berikut Cara dan Manfaatnya

Tips Membuat Slug SEO Friendly

Slug adalah bagian dari URL yang membawa informasi tentang konten yang ingin diakses. Untuk membuat slug yang baik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menggunakan kata kunci

Salah satu cara agar SEO friendly adalah dengan memastikan slug sudah mengandung kata kunci utama. Di dalamnya harus mencerminkan topik atau kata kunci yang dibahas pada halaman tersebut. Hal ini akan membantu mesin pencari memahami topik halaman yang diakses dan meningkatkan peringkat SEO.

Selain itu, pengguna juga akan lebih mudah memahami isi halaman dari slug yang sudah mengandung kata kunci utama. Pastikan kata kunci utama tersebut relevan dengan isi halaman. Dan pastikan ulr ini tidak terlalu panjang agar slug tetap singkat dan padat.

2. Singkat dan Jelas

Singkat dan jelas itulah yang mensin pencari inginkan pada setiap website, agar mudah dipahami oleh pengguna dan mesin pencari. Gunakan url hanya kata-kata penting yang mencerminkan topik halaman yang diakses. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan karakter khusus.

Ingatlah untuk memilih kata kunci utama dan menggunakannya dalam url slug untuk meningkatkan SEO. URL yang singkat dan jelas akan memudahkan pengguna untuk mengingat URL dan meningkatkan mesin pencarian.

3. Hindari Menggunakan Angka

Usahakan menghindari penggunaan angka dalam. Terutama jika angka tersebut tidak memberikan informasi yang penting atau tidak memengaruhi makna halaman secara signifikan. Slug yang bersifat teks biasanya lebih ramah pengguna dan mudah diingat daripada yang berisi angka, kecuali jika angka itu memiliki makna khusus.

Namun, ada situasi di mana angka bisa relevan dalam slug, seperti dalam kasus halaman produk yang memiliki nomor referensi atau identifikasi unik yang diperlukan. Dalam konteks tersebut, penggunaan angka mungkin lebih dapat diterima.

Penting untuk selalu berpikir tentang keterbacaan dan pemahaman pengguna saat membuat slug. Dan pastikan bahwa angka yang digunakan, jika ada, memiliki alasan yang kuat dan relevan dengan konten halaman.

4. Hindari Duplikasi

Duplikasi url harus dihindari, karena dapat menurunkan kredibilitas situs web dan membingungkan pengguna serta mesin pencari. Oleh karena itu, pastikan setiap slug di situs web Anda unik dan tidak sama dengan yang sudah ada di halaman lainnya.

Anda juga bisa menggunakan variasi kata atau sinonim untuk mencegah duplikasi slug.  Jika terpaksa menggunakan, maka pastikan halaman benar-benar berbeda dan memiliki konten yang unik. Dalam hal ini, perlu dilakukan optimasi SEO yang tepat untuk membantu menghindari duplikasi.

5. Gunakan Tanda Hubung

Penggunaan tanda hubung dapat memisahkan kata-kata dalam slug dan membuatnya lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna. Selain itu, penggunaan tanda hubung dapat membantu mesin pencari untuk membaca dan memahami struktur konten pada halaman web.

Hindari penggunaan spasi atau garis bawah dalam membuat slug, karena hal ini dapat mempengaruhi pembacaan mesin pencari tentang struktur konten pada halaman web. Gunakan tanda hubung (hyphen) untuk memisahkan kata-kunci dalam url website. Misalnya, “apa-itu-SEO” adalah slug yang lebih baik daripada “apaituseo.”

Baca Juga: Panduan Membuat Struktur Website yang Baik dan Benar

Cara Membuat Slug di WordPress

Membuat slug di WordPress adalah cara untuk mengatur URL atau link permanen untuk postingan, halaman, kategori, dan tag di situs web Anda. Di bawah ini adalah panduan tentang cara membuat slug di WordPress:

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda dengan menggunakan akun administrator Anda.
  2. Klik pada menu “Posting” atau “Halaman”
  3. Buat posting atau halaman baru atau edit yang sudah ada
  4. Di bawah judul, Anda akan melihat bagian yang disebut permalink atau slug.
  5. Klik pada permalink dan sunting menjadi lebih mudah diingat dan sesuai dengan topik Anda.
  6. Klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Ingatlah bahwa jika Anda telah mempublikasikan postingan atau halaman sebelumnya, mengubah url dapat mempengaruhi SEO dan tautan yang mengarah ke konten tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk merencanakan slug dengan hati-hati sebelum mempublikasikan konten tersebut.

Kesimpulan

Komponen ini sangat bermanfaat bagi website, karena dapat meningkatkan visibilitas, pemahaman dan navigasi pengguna di halaman website. Slug yang tepat akan memudahkan pengguna dalam menemukan halaman yang relevan dengan pencarian mereka di mesin pencari.

Selain itu, apa itu slug juga memudahkan pengguna dalam memahami isi halaman secara lebih cepat dan akurat. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam membaca artikel dan memberikan dampak positif terhadap peringkat SEO website Anda.

Slug yang tepat juga membantu dalam pembuatan URL yang bersih dan mudah dibaca, sehingga lebih mudah diingat dan di share oleh pengguna. Semua faktor tersebut dapat membantu meningkatkan traffic, engagement dan konversi di website.

Apabila Anda ingin setiap halaman web memiliki struktur yang friendly, Anda bisa menggunakan layanan SEO Agency Toprank. Hal ini karena, layanan SEO kami memahami slug seperti apa yang tepat untuk diterapkan pada website Anda.

Apabila Anda tertarik menggunakan jasa SEO profesional, langsung saja hubungi digital marketing agency Toprank. Kami siap membantu mengoptimasi website Anda dengan strategi SEO terbaik kami dan slug yang tepat untuk setiap halaman web Anda!

Published On: November 2nd, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!