Apa itu SMO (Social Media Optimization)?

Dedi

Apa itu SMO

SMO atau Social Media Optimization mendorong bisnis untuk menilai, memantau, dan mengubah konten mereka agar sesuai dengan praktik terbaik media sosial. Dengan menerapkan strategi yang tepat, maka bisnis dapat meraih lebih banyak keuntungan.

Sebagai strategi pemasaran digital, Social Media Optimization dapat digunakan untuk meningkatkan awareness akan produk dan layanan baru, terhubung dengan pelanggan, dan mendorong leads. SMO adalah penggunaan jaringan media sosial untuk mengelola dan menumbuhkan pesan organisasi dan kehadiran online.

Apa Itu SMO?

SMO adalah singkatan dari Social Media Optimization yang merupakan strategi untuk memastikan konten anda di media sosial dilihat oleh audience dengan hasil yang lebih baik. Mulai dari pertumbuhan pengikut yang lebih cepat, tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, lebih banyak klik atau konversi, dll.

Social Media Optimization adalah salah satu strategi pemasaran digital terkemuka di dunia Media Sosial. SMO terutama berfokus pada menarik pengunjung web dari sumber selain mesin pencari. SMO memungkinkan inisiatif SMM (Social Media Marketing) untuk beroperasi lebih baik dengan meningkatkan konten, mirip dengan bagaimana SEO mendukung peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

Baru-baru ini, social media management telah berkembang, kadang-kadang menyatu dengan SEO dan dalam beberapa kasus menggantikannya sebagai cara paling efektif untuk memperkuat merek, melakukan perolehan prospek, meningkatkan visibilitas perusahaan di ruang online, dan terhubung ke jaringan.

Kita tahu bahwa selama bertahun-tahun SEO adalah standar untuk upaya pemasaran digital. Meskipun SMO dan SEO memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menghasilkan lalu lintas web dan meningkatkan kesadaran akan situs web perusahaan. SEO adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web dengan meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web ke pengguna mesin pencari web, khususnya Google.

Baca Juga: Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Social Media Optimization dapat melibatkan banyak teknik dan taktik berbeda yang cakupan dan kompleksitasnya bervariasi. Misalnya  seperti penyempurnaan dasar pada tingkat postingan individual, misalnya mengajukan pertanyaan yang menarik dalam keterangan postingan atau memilih visual yang lebih menarik perhatian.

Serta peningkatan tingkat tinggi, misalnya mendefinisikan kembali nada suara merek Anda di media sosial. Dan bagaimanapun, Social Media Optimization harus didasarkan pada analisis kinerja, riset audiens dan pesaing, atau wawasan yang dikumpulkan melalui mendengarkan sosial .

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak prospek dan brand awareness Anda meningkat. Anda bisa melibatkan SMO untuk  untuk menganalisis dan menyesuaikan apa yang telah Anda lakukan di media sosial untuk membuatnya bekerja lebih baik.

Baca juga: Memahami Pengertian dan Tugas Digital Marketing Untuk Anda

Manfaat Social Media Optimization

Media Sosial membantu membangun jaringan koneksi dan pendukung yang sangat besar yang dapat membantu Anda mempromosikan perusahaan Anda. Media sosial, yang diarahkan pada situs jejaring sosial khususnya, dengan cepat menjadi bentuk materi arus utama. Berikut manfaat melibatkan SMO pada pemasaran digital:

  1. Meningkatkan brand awareness di media sosial
  2. Memahami audiens Anda pada level yang lebih dalam
  3. Lebih mudah mengembangkan pengikut Anda dengan lebih cepat
  4. Meningkatkan jangkauan di media sosial
  5. Meningkatkan kualitas prospek Anda dari media sosial
  6. Meningkatkan tingkat keterlibatan Anda
  7. Jual lebih banyak produk dan layanan Anda melalui saluran sosial

Dengan banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan, tidak ada salahnya jika Anda melibatkan SMO pada pemasaran digital Anda. Apabila Anda menerapkannya dengan baik maka dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Strategi Social Media Optimization

Jenis pemasaran apapun pastinya membutuhkan upaya yang tidak mudah, begitupun dengan Social Media Optimization. Pastinya ada tantangan yang harus dilakukan untuk mendapatkan apa yang diharapkan oleh pemasar. Berikut strategi Social Media Optimization

1. Mengoptimalkan Profil

Hal pertama pertama yang harus dilakukan ialah, Anda perlu memastikan bahwa akun merek Anda selaras dengan bisnis dan sasarannya. Ini memerlukan audit umum terhadap profil sosial Anda dengan penekanan pada branding dan pesan pemasaran.

Untuk memperoleh lebih banyak penayangan dan pembagian, buat profil konten Anda menarik untuk dilihat. Teks dan warna harus melengkapi profil dan menciptakan suasana yang menimbulkan respons emosional. Gunakan alat pembuat gambar untuk membuat materi yang menarik dan lebih menarik secara visual.

Ini menarik minat individu dari segala usia dan dari berbagai demografi. Warna memberi kehidupan pada informasi dan melakukan keajaiban dalam pemasaran konten. Mereka dengan mudah menarik perhatian dan membuat postingan biasa menonjol.

Baca juga: 10 Mesin Pencari Terbaik yang Bakal Jadi Pesaing Google

2. Optimalkan konten untuk jaringan yang berbeda

Setiap platform media sosial memiliki tampilan, aturan dan penyajian konten yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda menggunakan format konten khusus untuk setiap saluran media sosial. Misalnya, Facebook yang memungkinkan Anda menerbitkan iklan bersponsor. Atau jika Anda menggunakan TikTok sebagai alat promosi maka mengharuskan Anda membuat video dengan durasi pendek.

Selain itu, sebelum membuat jenis postingan, iklan, atau video apapun, Anda perlu menentukan tujuan untuk setiap jaringan dan mengembangkan strategi. Strategi tersebut harus mencakup audience target dan industri Anda. Anda juga perlu menganalisis kinerja posting Anda sebelumnya dan mengoptimalkannya.

3. Pengoptimalan strategi konten

Memang ada beragam jenis posting media sosial yang dapat digunakan untuk mendorong audiens target membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Meskipun demikian, strategi konten Anda tidak boleh gratis untuk semua. Semakin cepat Anda menemukan strategi yang terorganisir, semakin mudah Anda menghasilkan ide atau postingan.

Anda dapat mengoptimalkan strategi konten mulai dari menerapkan frekuensi dan volume publikasi yang konsisten, termasuk seberapa sering memposting, kapan memposting , berapa banyak konten yang dibutuhkan per minggu.

Dan tentukan aset mana yang Anda perlukan untuk mengisi jadwal Anda (postingan teks, gambar, video). Serta cari tahu postingan mana yang dapat dipublikasikan di seluruh jaringan dan postingan mana yang berdiri sendiri per platform.

4. Pertimbangkan menggunakan link eksternal

Jika Anda melakukan ini untuk tujuan meningkatkan traffic situs web, Anda harus memperhatikan pembuatan link. Ada gunanya menambahkan link eksternal ke artikel Anda. Ini akan membantu Anda meningkatkan kemungkinan diperhatikan oleh mesin pencari. Selain itu, itu akan mempengaruhi visibilitas situs perusahaan Anda dan meningkatkan jumlah pengunjung.

5. Gunakan hashtag

Hashtag pada dasarnya menjadi SEO dari platform media sosial tersebut, seperti Twitter, Instagram Facebook dan sosial media lainnya. Menambahkan tagar ke teks Anda akan meningkatkan peluang postingan Anda ditemukan oleh pencari.

Perlu diketahui bahwa tagar meningkatkan keterlibatan merek. Dengan meletakkan hashtag pada posting Anda, ini dapat meningkatkan peluang untuk diperhatikan oleh audiens target. Orang dapat dengan mudah menemukan informasi yang diperlukan hanya dengan memasukkan tagar ke dalam kolom pencarian.

Tools untuk SMO (sosial media optmization)

Social Media Optimization (SMO) adalah praktik yang digunakan untuk mengoptimalkan kehadiran bisnis atau merek Anda di platform media sosial. SMO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, engagement, dan keterlibatan pengguna dengan konten Anda di media sosial. Ada banyak alat yang dapat membantu Anda dalam melaksanakan strategi SMO. Berikut ini adalah beberapa alat yang dapat digunakan untuk SMO:

  1. Hootsuite: Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai akun media sosial dalam satu dashboard. Anda dapat mengatur jadwal posting, memantau aktivitas, dan mengukur kinerja posting Anda.
  2. Buffer: Buffer adalah alat lain yang membantu dalam mengelola dan mengatur posting di media sosial. Anda dapat mengatur jadwal posting Anda dengan mudah dan melacak statistik untuk mengukur efektivitas konten Anda.
  3. Sprout Social: Sprout Social adalah alat manajemen media sosial yang kuat. Ini menyediakan analisis yang mendalam, kolaborasi tim, serta fitur pelaporan yang komprehensif.
  4. Canva: Canva adalah alat desain grafis yang berguna untuk membuat grafis dan gambar yang menarik untuk posting media sosial Anda. Anda dapat dengan mudah membuat grafik, infografis, dan konten visual lainnya.
  5. BuzzSumo: BuzzSumo membantu Anda untuk menemukan konten yang sedang tren di media sosial. Anda dapat melihat konten yang populer di platform tertentu dan merencanakan konten Anda berdasarkan temuan ini.
  6. Google Analytics: Meskipun bukan alat SMO khusus, Google Analytics sangat penting untuk melacak lalu lintas dari media sosial ke situs web Anda. Ini membantu Anda memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda di platform media sosial dan apakah mereka mengarah ke tindakan yang diinginkan.
  7. Bitly: Bitly adalah alat untuk mempersingkat URL. Ini membantu menghemat karakter dalam posting media sosial Anda dan memberikan pelacakan statistik tentang seberapa sering tautan Anda diklik.
  8. Socialbakers: Socialbakers adalah platform analitik yang membantu Anda memantau dan menganalisis kinerja konten Anda di media sosial. Ini juga memberikan wawasan tentang kompetitor Anda.
  9. Sprinklr: Sprinklr adalah platform manajemen media sosial yang mencakup banyak fitur seperti manajemen kampanye, analisis, dan pelaporan. Ini cocok untuk perusahaan besar dengan kebutuhan yang kompleks dalam hal SMO.
  10. Audiense: Audiense membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik. Ini menyediakan analisis mendalam tentang siapa yang mengikuti Anda di media sosial dan bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan mereka lebih efektif.
  11. AgoraPulse: AgoraPulse adalah alat manajemen media sosial yang fokus pada keterlibatan. Ini menyediakan fitur seperti pengelolaan komentar dan pesan, serta laporan kinerja yang mudah dimengerti.
  12. Tailwind: Jika Anda fokus pada platform visual seperti Pinterest dan Instagram, Tailwind adalah alat yang sangat berguna. Ini membantu Anda mengelola jadwal posting dan mengukur kinerja konten visual Anda.

Alat-alat ini dapat membantu Anda dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengukur strategi SMO Anda di berbagai platform media sosial. Penting untuk memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam upaya SMO Anda.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu SMO dan manfaat serta strateginya. Kini saatnya Anda melakukannya dan rasakan bagaimana SMO dapat meningkatkan bisnis Anda. Bersama digital marketing agency Toprank Anda akan mendapatkan kesempatan meningkatkan bisnis Anda. Berbagai canel digital telah dikuasai seperti jasa google ads, jasa press release dan jasa seo.

Published On: Januari 16th, 2023 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!