Apa Tujuan Utama Search Engine Optimization (SEO)?

Tujuan Utama Search Engine Optimization

Banyak orang mengira jika SEO adalah suatu cara untuk mendapatkan ranking paling atas dalam mesin pencari (search engine). Padahal, tujuan utama dari search engine optimization lebih dari itu.

SEO dapat meningkatkan traffic dalam suatu website/blog. Artinya, pengunjung tidak hanya mampir ke situs web, tetapi melakukan transaksi di dalam website tersebut. Nah, untuk lebih jelas simak ulasan berikut.

Ketahui Apa itu SEO

Search engine optimization (SEO) sejatinya merupakan suatu proses sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic pada mesin pencarian. Secara umum, SEO menjadi cara untuk membuat suatu situs web menjadi lebih optimal sehingga masuk ke peringkat teratas di hasil pencarian.

Ambil contoh sebagai berikut. Jika sebuah website tampil pada urutan paling atas, maka secara otomatis traffic web tersebut juga akan meningkat. Hal ini tentunya disebabkan oleh kebiasaan audiens yang cenderung lebih yakin dengan informasi di website yang ada pada posisi teratas di daftar pencarian.

Ketika mesin pencari seperti Google mendapatkan request dari pengguna seperti dengan kata “resep takoyaki”, maka mesin pencari tersebut akan melakukan proses pencarian dengan membandingkan kata kunci dengan algoritma tertentu dan berbagai web yang sudah terindeks Google.

Oleh karena itu, apabila web kamu ingin berada dan tampil di bagian atas urutan hasil pencarian, maka optimasi harus dilakukan dengan baik dan dengan algoritma terbaru. Adapun hasil pencarian yang akan ditampilkan merupakan yang paling relevan dari kata kunci yang dimasukkan tersebut.

Tujuan Utama dari SEO

Berikut ini adalah tujuan utama dari Search Engine Optimization (SEO).

1. Meningkatkan brand awareness

Banyak orang akan melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum memutuskan akan membeli suatu barang. Terlebih, tidak semua orang bisa langsung mengetahui detail produk yang akan dibeli, baik dari bentuk fisik, bahan, manfaat, harga, hingga cara pakai.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki suatu brand seperti jam tangan laki-laki dan berhasil membuat optimasi kata kunci “jam tangan pria” tersebut, tentu saja website brand jam tanganmu akan ada di urutan atas. Dengan begitu, popularitas brand juga akan semakin meningkat.

Jika brand tersebut semakin dikenal, maka semakin banyak pula manfaat yang akan didapatkan. Mulai dari tingkat kepercayaan publik yang semakin meningkat, tingkat konversi konsumen yang semakin tinggi, serta meningkatkan penjualan produk tersebut di muka umum.

2. Penghematan biaya

Strategi pemasaran menggunakan SEO sejatinya tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan tidak jarang biaya yang dibutuhkan menjadi sangat kecil dan gratis, jika kamu sudah paham dengan SEO.

Untuk mendukung tujuan utama dari search engine optimization maka tentunya, ada banyak penyedia jasa SEO yang bisa kamu pilih dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu juga harus memilih jasa SEO sesuai dengan preferensi dan kemampuan anggaran.

3. Data audiens untuk pendekatan personal

Banyak pelaku bisnis yang rela mengeluarkan uang untuk memasang iklan media online dengan tujuan mendapatkan data kontak audiens. Adapun data yang dimaksud, seperti email dan nomor handphone.

*Baca Juga: Perbedaan Data Visual dan Data Digital

Data-data ini akan digunakan suatu brand untuk lebih mudah mengenali karakteristik dan perilaku audiens tersebut sehingga dapat didekati secara lebih personal. Apalagi dalam dunia pemasaran, pendekatan secara personal merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan sekaligus loyalitas konsumen.

Manfaat dari Search Engine Optimization

Selain tujuan tersebut, ada juga manfaat utama dari penggunaan Search Engine Optimization (SEO). Adapun manfaat utama dari search engine optimization yang dimaksud, diantaranya:

1. Mengetahui traffic website

Mengoptimalkan situs pada mesin pencari dengan target kata kunci, tentunya akan menghasilkan traffic yang bagus, kemudian akan diperluas pada konten hingga tautan rujukan. Semakin sering produk tersebut ditemukan, digunakan, bahkan dinikmati, maka traffic yang dihasilkan akan semakin besar.

Tentunya, ada ribuan situs web yang memanfaatkan traffic tersebut dengan cara memilih kata kunci tertentu, konten berkualitas, namun tetap menarik audiens. Tentunya, kamu harus berfokus pada aksesibilitas dan praktik yang terbaik di situs web yang kamu kelola.

2. Sebagai branding produk

Salah satu tujuan utama SEO adalah meningkatkan pengenalan merek / brand awareness suatu produk kepada para masyarakat pengguna (konsumen). Hal ini akan menjadi nilai jual yang baik untuk perusahaan.

Prosesnya pun cukup sederhana, bahkan seperti iklan tradisional. Akan tetapi, pastikan juga apakah laman situs web produk kamu senantiasa berada di peringkat atas sehingga tujuan utama dari search engine optimization akan tercapai dan berdampak pada lalu lintas perdagangan produk tersebut.

3. Mendukung penjualan pada e-commerce

Tujuan lain dari SEO yang juga senantiasa diketahui banyak orang yakni mendorong traffic yang relevan pada penjualan toko online. Jika konsumen mengetikkan kata kunci yang cocok dengan produk di e-commerce, maka secara otomatis mesin pencari tersebut akan memberikan situs toko online pada calon pembeli. Ketika cocok dengan barang tersebut, maka pembelian produk bisa terjadi.

4. SEO untuk mempengaruhi ideologi

Kamu juga bisa memengaruhi opini publik terhadap topik tertentu menggunakan SEO. Karena SEO menjadi alat kuat untuk mempromosikan konten pada hasil pencarian, sehingga persepsi konsumen dapat terpengaruh, bahkan pengaruhnya juga bisa lebih besar dari apa yang kamu bayangkan.

*Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

Jika kamu terlibat dengan hal ini, tentunya kamu harus tahu kata kunci utama seperti apa yang perlu kamu kejar sehingga dapat digunakan secara luas untuk pencarian. Terlebih, tujuan SEO ini dilakukan jika kamu ingin mengubah pikiran sehingga berpengaruh terhadap keputusan atau pemikiran konsumen.

5. Manajemen reputasi produk

SEO juga memungkinkan proses manajemen reputasi suatu brand. Manajemen reputasi merupakan salah satu kewajiban SEO yang cukup menantang, karena kamu bisa mengoptimalkan banyak kueri. Kamu bisa mencobanya untuk melindungi brand dari hasil negatif di halaman pertama mesin pencarian.

Jadi itulah beberapa tujuan utama dari Search Engine Optimization (SEO) yang perlu kamu ketahui. Jika kesulitan dengan optimasi SEO, kamu bisa menggunakan jasa dari Toprank Indonesia.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =

Hubungi Kami!

Hubungi Kami!

top
WhatsApp chat