Jika Anda mencari aplikasi pembuatan website profesional, Anda mungkin merasa sedikit bingung harus mulai dari mana untuk membangun website. Bagi sebagian besar orang, mungkin berpikir bahwa membuat website adalah pekerjaan yang sulit dan rumit.

Dengan berkembangnya teknologi, kini membuat website tidak sesulit dulu karena kita dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat website yang berfungsi penuh dan terlihat bagus dengan  web development atau software desain yang tepat.

Aplikasi Pembuatan Website Profesional

Hadirnya aplikasi pembuatan website ini dapat membantu Anda membuat website dengan mudah, karena tidak perlu menguasai hal teknik atau menguasai coding untuk membuat website. Aplikasi-aplikasi ini akan mungkin Anda membuat, mengedit, dan memperbarui halaman web tanpa kesulitan. Berikut adalah daftar  aplikasi pembuatan website profesional dan terbaik, baik gratis maupun berbayar.

1. WordPress

WordPress atau WP adalah platform pembuatan website paling populer yang merupakan platform yang dikembangkan dalam bahasa PHP dan mendukung pembuatan situs web Anda di server Anda sendiri dengan database PHP/MySQL

WP merupakan salah satu aplikasi pembuatan website terbaik yang mana sudah digunakan oleh jutaan bisnis atau individu di seluruh dunia. WordPress adalah CMS yang sangat mudah digunakan, dan dapat memberikan cara yang sangat cepat untuk membuat segala bentuk situs web online dengan cepat.

Berbagai macam desain template dan fitur tambahan yang didukung memudahkan Anda membuat website cantik dan profesional. Selain itu, ada banyak sekali plugin yang memungkinkan Anda mengubah website Anda menjadi hampir semua hal yang Anda inginkan. Dan Anda dapat mempercepat pembuatan situs web dengan menggunakan tema gratis atau berbayar.

Yang menjadikan WordPress istimewa adalah aplikasi pembuatan website ini SEO friendly serta terlindungi dengan baik dari kerentanan keamanan. Software ini juga gratis dan open source, meskipun Anda harus membayar untuk hosting dan nama domain.

*Baca Juga: Cara Mengatasi Malware Pada Website WordPress

WordPress terbagi menjadi dua opsi yaitu WordPress.com dan WordPress.org . WordPress.com adalah aplikasi pembuatan website gratisan yang tidak dapat mengcustom nama domain dan keterbatasan template dan plugin. Umumnya opsi WordPress ini digunakan oleh para pemula.

Sedangkan WordPress.org, Anda harus menghosting sendiri dan membeli nama domain. WordPress.org adalah opsi WordPress yang menyediakan ribuan plugin dan template sehingga Anda dapat mendesain website sesuka hati.

Fitur utama WordPress:

  1. Mudah dipasang dan digunakan
  2. Plugin pihak ketiga yang kaya untuk penggunaan fitur yang diperluas, fleksibel dan kuat
  3. Template website siap pakai
  4. SEO dioptimalkan, dan ramah untuk SERP tinggi
  5. Dukungan komunitas yang kuat, dengan ribuan pengembang berkontribusi dan meninjau WP, aman dan aktif.

Secara keseluruhan, WordPress adalah CMS yang sangat mudah digunakan, dan dapat memberikan cara yang sangat cepat untuk membuat segala bentuk situs web online dengan cepat.

2. Weebly

Weebly adalah salah satu aplikasi pembuatan website terpopuler sangat mudah digunakan dan ditujukan untuk situs web pribadi, bisnis, dan profesional. Yang terpenting, ini memungkinkan Anda untuk membuat pembuatan situs berfungsi tanpa pengalaman pengkodean apa pun, sementara itu Anda dapat memilih untuk mengedit HTML/CSS jika Anda memiliki latar belakang pengkodean.

Weebly juga menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk membuat toko online menggunakan template yang ada untuk bekerja dengan kerangka pembuatan situs web sederhana mereka. Jumlah tema yang tersedia untuk Weebly agak terbatas, tetapi desainnya bersih dan terlihat professional, plus ada opsi untuk mempersonalisasikan-nya.

Selain itu, temanya responsif, yang artinya dioptimalkan untuk bekerja dengan perangkat seluler, plus memiliki SEO bawaan, analitik, dan bahkan fitur untuk memposting iklan langsung ke Facebook. Ada juga tingkat gratis yang tersedia untuk penggunaan dasar, dan memungkinkan Anda terbiasa dengan layanan ini. Namun, untuk menggunakan domain Anda sendiri dan menghapus iklan, Anda memerlukan paket Profesional.

3. Adobe Dreamweaver

Mungkin Anda mengira ini adalah aplikasi desain grafis, Yupz Adobe Dreamweaver adalah aplikasi pembuatan website berpemilik dari Adobe Systems, tersedia untuk macOS dan Windows. Adobe Dreamweaver adalah aplikasi lama yang memungkinkan Anda membuat kode desain situs web secara langsung, tanpa harus tahu terlalu banyak tentang pemrograman.

Hal keren lainnya adalah perangkat lunak ini menawarkan uji coba gratis, yang memberi Anda waktu untuk bereksperimen dan melihat apakah itu tepat untuk Anda. Selain itu, aplikasi pembuatan website ini bekerja melalui campuran penyuntingan visual dan penyuntingan HTML, yang berarti kurva belajarnya tidak terlalu curam bagi sebagian besar pengguna.

Ya, meskipun pengkodean desain website Anda sendiri mengharuskan Anda melakukan lebih banyak upaya daripada hanya menggunakan template siap pakai yang sudah ada, setidaknya Anda memiliki kesempatan untuk memastikan Anda mendapatkan tampilan yang benar-benar Anda inginkan, daripada mencoba mengerjakan spesifikasi desain orang lain.

Dreamweaver menyertakan banyak fitur dari Integrated Development Environment (IDE) tradisional berbasis teks seperti penyorotan sintaks, penyelesaian kode otomatis, dan kemampuan untuk memperkecil dan memperbesar bagian kode. Anda bahkan dapat menggunakan Dreamweaver dengan Bootstrap!

Fitur utama yang disediakan ialah menawarkan jaringan adaptif. Selain itu juga memungkinkan Anda untuk menulis dan mengedit kode apapun, termasuk JavaScript, HTML, CSS, dan XTL. Dan antarmuka WYSIWYG memungkinkan Anda melihat seperti apa hasil akhirnya saat membuat.

4. Bootstrap

Pada awalnya Bootstrap dibuat oleh tim teknik di Twitter, Bootstrap kini menjadi kerangka kerja paling populer di dunia untuk membuat website yang responsif dan mengutamakan keramahan seluler. Bootstrap menawarkan lusinan fitur seperti sistem grid, breakpoint responsif, dan pustaka komponen besar yang membuat pengkodean situs web menjadi cepat dan mudah.

Bootstrap adalah framework CSS gratis dan open-source yang ditujukan untuk web development front-end seluler pertama yang responsif. Ini berisi template desain berbasis CSS dan berbasis JavaScript untuk tipografi, formulir, tombol, navigasi, dan komponen antarmuka lainnya.

Pustaka komponen mencakup tajuk, navigasi, tombol, formulir, peringatan, dan lainnya. Tim Bootstrap telah mendokumentasikan setiap fitur secara komprehensif, lengkap dengan contoh dan saran untuk penyesuaian.

Sebagai kerangka kerja yang populer dan kuat, Bootstrap dirancang untuk pengembang front-end untuk membuat desain yang indah untuk situs web dengan HTML, CSS, dan JS. Dengan fitur pengembangan tercanggih, Bootstrap diterima dengan baik oleh pengguna di seluruh dunia.

5. Adobe XD

Sama halnya dengan Adobe Dreamweaver, Adobe XD juga merupakan aplikasi pembuatan website keluaran system Adobe. Adobe XD tersedia untuk Mac dan (tidak seperti Sketch) Windows, fitur istimewanya adalah interaktivitas dengan alat Adobe lainnya seperti Photoshop dan Illustrator, plus Anda dapat dengan mudah mengimpor aset seperti Adobe Fonts dan Adobe Stock.

XD adalah alat berbasis vektor yang kuat yang juga mendukung pembuatan prototype animasi. Jika Anda menyukai produk Adobe lainnya seperti Photoshop dan Illustrator, kemungkinan besar Anda juga akan menyukai XD.

*Baca Juga: Rekomendasi Software untuk Membuat Website

Ada banyak fitur keren termasuk Repeat Grid untuk desain cepat, animasi otomatis, pemicu suara, fitur kolaborasi yang baik, banyak penyimpanan untuk file desain Anda, berbagai plugin, dan banyak lagi. integrasi dengan layanan web lainnya. Bahkan ada versi gratis yang mumpuni.

Jadi, dari kelima aplikasi pembuatan website ini mana yang menjadi favorit Anda? Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membangun website, namun jika Anda ingin terlihat lebih profesional dan mudah ditemukan di mesin pencari, maka WordPress adalah aplikasi yang tepat untuk Anda.

Jika Anda butuh bantuan untuk membuat website, kami Toprank Indonesia menyediakan jasa pembuatan website untuk perusahaan. Kami bisa membuat website dengan desain terbaik dan pastinya user friendly. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhna website Anda.

Published On: January 16th, 2023 / Categories: Tips Digital / Tags: , /