Benarkah Situs Deep Web Indonesia Berisi Produk Ilegal?

admin

6. Benarkah Situs Deep Web Indonesia Berisi Produk Ilegal

Pernahkah muncul keinginan untuk membuka situs deep web Indonesia? Deep web atau dark web sendiri ialah bagian misterius internet yang biasanya hanya dapat diakses melalui browser Tor.

Tautan onion (situs yang menggunakan akhiran “onion”) menawarkan layanan tersembunyi di mana tidak bisa diakses menggunakan browser biasa. Browser Tor menawarkan layanan untuk mengunjungi deep web dengan menjaga perlindungan anonimitas pengguna.

Ketika membaca tentang dark web di berita, mungkin Anda kerap menemukan penggunaannya dalam aktivitas ilegal. Contohnya saja tentang jual beli produk ilegal berupa obat-obatan terlarang, senjata tajam, organ tubuh dan lainnya.

Padahal, deep web juga menawarkan hal positif untuk pengguna. Oleh sebab itu, jangan mudah termakan cerita yang dilebih-lebihkan dan mari mengenali tentang deep web dalam artikel ini.

Berkenalan dengan Deep Web, Tidak Selalu Berisi Aktivitas Ilegal

Ketika membahas situs deep web Indonesia, biasanya orang-orang akan mengaitkannya dengan sisi gelap internet yang memuat cybercrime, hacker dan virus komputer berbahaya.

Banyak juga orang yang menganggapnya sebagai tempat khusus informasi ilegal dan berbahaya. Padahal sejumlah konten di dalamnya tidak punya sangkut paut dengan aktivitas ilegal.

Bedanya dengan konten biasa seperti dari digital marketing agency Jakarta ialah konten di dalam deep web sifatnya lebih rahasia. Publik tidak bisa mengaksesnya secara sembarangan. Diperlukan akses khusus untuk bisa mendapatkan kontennya.

Anda bisa mengartikan deep web sebagai halaman pada website di mana tidak mungkin menemukannya jika menggunakan mesin konvensional misalnya saja Google.

Alasan mengapa mesin pencari tersebut tidak mampu menemukan data deep web ialah sebab tidak adanya index tautan di contoh situs web terkait. Jadi, mesin pencari biasa tidak mampu mengidentifikasi situs deep web Indonesia

Apabila ingin menggunakan contoh sederhana, coba bayangkan sebuah gunung es. Deep web adalah gunung es yang posisinya di bagian bawah permukaan internet.

Internet yang biasanya diakses oleh publik melalui Google ialah ujung dari gunung es yang tampak di permukaan. Sedangkan deep web ialah gunungan es yang posisinya di bawah permukaan air laut, sehingga tidak tampak oleh semua orang.

Kebanyakan situs di dalam deep web tergolong situs legal dan aman. Bahkan, bisa dipakai dalam menyimpan database yang sifatnya begitu rahasia dan membutuhkan kredensial ketika mengaksesnya.

Tidak jarang deep web juga dimanfaatkan sebagai intranet. Intranet ialah jaringan internal bagi perusahaan, pemerintah maupun instansi lainnya guna berkomunikasi dan mengatur beragam aspek secara pribadi terkait organisasi mereka.

Baca juga: Cara Membuat Share Button di Blog Menggunakan Plugin

Adakah Manfaat dari Deep Web untuk Hal Positif?

Setelah mengenali apa itu situs deep web Indonesia dan menyadari bahwa tidak selalu terkait dengan aktivitas ilegal, mungkin akan muncul pertanyaan tentang manfaat. Adakah manfaatnya untuk hal positif?

Secara sederhana, manfaatnya ialah memelihara data sensitif pengguna internet. Anda juga boleh memanfaatkannya untuk keperluan positif. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai manfaatnya.

1. Melindungi Data dan Informasi Pribadi

Deep web boleh saja dimanfaatkan dalam menyimpan informasi rahasia secara online. Misalnya saja menyimpan data berupa teks, dokumen maupun file lainnya.

Anda dapat memilih data yang benar-benar perlu penyimpanan dengan keamanan tinggi untuk disimpan ke dalam deep web. Jadi, tidak ada orang yang akan mampu mencuri dan menyalahgunakan data tersebut.

Seperti yang Anda tahu, banyak sekali kasus pencurian data sekarang ini. Jadi, akan sangat aman untuk mencoba menyimpannya di dalam deep web.

Apabila masih menginginkan keamanan lebih tinggi, Anda bisa menambahkan autentikasi nama pengguna dan kata sandi. Tambahkan saja otentikasi ganda (2FA), jadi data pribadi akan tersimpan secara jauh lebih aman.

2. Mengakses Data atau Informasi Pribadi Secara Aman

Bukan hanya mendukung penyimpanan data, deep web juga mampu memberikan layanan bagi pengguna supaya mampu mencari informasi berkaitan dengan data pribadi.

Data pribadi yang disimpan dalam deep web hanya akan mampu ditemukan di deep web tersebut. Pengguna sudah pasti dapat mengaksesnya secara lebih aman.

Jangan sekedar menganggap deep web sebagai tempat untuk melakukan aktivitas ilegal. Anda boleh memanfaatkannya untuk beragam keperluan positif seperti menyimpan dan mengakses data secara aman.

Beragam Risiko Mengakses Deep Web

Mengakses situs deep web Indonesia memang bisa untuk keperluan positif. Akan tetapi bukan berarti akan terhindar dari risiko. Berikut ini beberapa risiko yang sebaiknya Anda waspadai.

1. Ancaman Virus

Internet termasuk media yang begitu ampuh dalam menyebarkan virus komputer. Virus sesungguhnya bisa dikemas supaya menyebar ke berbagai jaringan virtual. Bisa juga terjadi di deep web bahkan tingkatannya jauh lebih serius.

Dapat dikatakan bahwa deep web ialah sarangnya virus apabila pengguna tidak terlindungi. Bahkan, virusnya tergolong lebih kuat dan parah. Jadi, Anda harus terlindungi sebelum mengaksesnya.

2. Risiko Terkena Gangguan Mental

Terkadang seseorang mengunjungi deep web karena hanya ingin tahu sesuatu. Padahal hal ini juga bisa jadi pengalaman buruk. Sebab isi konten bisa berupa hal ekstrim seperti pembunuhan atau penyiksaan.

Gambar atau video mungkin saja kurang layak dilihat sehingga berisiko menyebabkan gangguan mental pada orang yang melihatnya. Jadi sebaiknya berhati-hati ketika ingin tahu sesuatu.

Apabila hanya ingin tahu tentang konten biasa, cukup mengakses mesin pencari umum seperti Google. Nantinya bisa membaca konten positif dan bermanfaat dari jasa SEO Toprank yang tersebar di internet.

3. Terjebak Cyber Crime

Cyber crime atau kejahatan dunia maya ialah risiko yang mengintai para pengguna deep web. Terutama apabila tidak mempunyai perlindungan tinggi. Ada saja ancaman yang mungkin mengarah ke kejahatan dunia maya misalnya saja perdagangan narkoba.

Baca juga: Contoh Situs Web yang Wajib Kamu Ketahui

Rekomendasi Situs Dark Web Indonesia

Benarkah Situs Deep Web Indonesia Berisi Produk Ilegal?

Apabila Anda tertarik untuk menjelajahi deep web, coba simak beberapa rekomendasi situsnya di bawah ini. Sebelumnya pastikan sudah melindungi diri dengan lapisan keamanan supaya tidak mendapat serangan virus atau terjebak cyber crime.

1. Hidden Wiki

Hidden Wiki

Hidden Wiki, yang sering disebut sebagai Wikipedia versi dark web, adalah sebuah laman yang menghubungkan pengguna ke berbagai situs dalam dark web. Sebagai pengguna yang ingin menjelajahi wilayah tersembunyi ini, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan menavigasi jaringan yang penuh tautan onion yang tampaknya tidak masuk akal. Inilah saatnya Hidden Wiki tampil sebagai penyelamat. Situs ini tidak hanya mempermudah pencarian Anda, tetapi juga menyediakan informasi informatif yang bisa menarik minat Anda.

Namun, perlu diingat, ketika Anda menjelajahi Hidden Wiki, Anda harus berhati-hati. Situs ini bukan hanya menyediakan tautan ke situs-situs legal. Sebagai catatan, Hidden Wiki pernah menjadi tuan rumah atau setidaknya menjadi indeks untuk beberapa situs yang mencakup konten ilegal, yang menyebabkannya menjadi target serangan cyber oleh lembaga penegak hukum seperti FBI dan kelompok hacktivis seperti Anonymous. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah saat menjelajahi Hidden Wiki dan pastikan untuk menghindari situs-situs palsu yang mencoba menarik Anda ke dalam bahaya. Menjelajahi hanya dalam kategori yang aman adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap terlindungi ketika memasuki dunia yang misterius ini.

2. Ahmia

Ahmia

Ahmia adalah sebuah mesin pencari yang dapat Anda manfaatkan di dalam dark web. Mesin pencari ini dirancang untuk menyediakan jaringan anonimitas Tor kepada pengguna dengan kemampuan pencarian yang tangguh, memudahkan Anda menemukan beragam situs berharga di dunia tersembunyi ini. Namun, Ahmia bukan hanya sekadar alat pencarian. Ia juga memberikan akses kepada statistik, wawasan, dan berita terbaru seputar jaringan Tor, memberikan Anda pemahaman yang lebih dalam tentang dunia misterius ini.

Ahmia hadir untuk mempermudah pengalaman menjelajah di dark web, sehingga Anda dapat mengeksplorasi dengan bijak dan aman. Ketika Anda mencari informasi atau sumber daya tertentu dalam dunia tersembunyi, Ahmia adalah teman yang andal untuk membantu Anda menavigasi kegelapan dengan lebih percaya diri.

3. Daniel

Daniel

Daniel adalah sumber daya yang sangat berguna bagi mereka yang ingin menjelajahi berbagai tautan dark web dan menjalankan browser Tor. Situs Daniel menawarkan akses ke lebih dari 7000 tautan onion yang telah dikelompokkan dengan rapi untuk mempermudah pengguna dalam menjelajahi. Tidak hanya itu, situs ini juga memiliki fitur khusus yang sangat bermanfaat, yaitu memberikan status online dari situs-situs tertentu. Fitur ini sangat praktis karena Anda tidak perlu lagi mengklik dan menunggu setiap tautan dark web untuk memeriksa apakah situs tersebut aktif. Terutama mengingat adanya kemungkinan loading yang lambat dalam browser Tor, fitur ini merupakan tambahan yang sangat berharga.

Dengan Daniel sebagai panduan Anda, Anda dapat menjelajahi dunia tersembunyi dengan lebih efisien dan dengan keyakinan bahwa Anda akan tetap aman. Daniel adalah teman setia yang membantu Anda menyusuri jalan-jalan gelap dark web dengan lebih mudah dan nyaman.

4. Hidden Wallet

Hidden Wallet

Bitcoin mungkin baru-baru ini mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat umum, namun mata uang kripto ini telah lama menjadi salah satu elemen kunci di dunia dark web. Tidak mengherankan, mengingat adanya sejumlah besar situs yang didedikasikan untuk cryptocurrency di dark web. HiddenWallet adalah salah satu dari situs tersebut, yang memberikan Anda kemampuan untuk mengelola cryptocurrency dengan cara yang aman, serta melakukan jual-beli dengan mata uang digital ini.

HiddenWallet adalah tempat di mana pengguna dark web dapat menyimpan, mengatur, dan bertransaksi dengan cryptocurrency mereka tanpa terlalu banyak sorotan. Sebagai platform yang tersembunyi, situs ini memberikan privasi yang tinggi untuk pengguna yang menghargai anonimitas saat berurusan dengan aset digital mereka. Dengan HiddenWallet, Anda dapat merasa lebih aman dan terlindungi saat bertransaksi dengan cryptocurrency di dalam dunia yang serba rahasia ini.

5. Propublica

Propublica

ProPublica merupakan sebuah lembaga jurnalisme investigatif yang beroperasi di web permukaan, dan menawarkan kehadirannya juga di dalam dark web. Keunggulan utama ProPublica di sana adalah pengunjung situs dapat menjaga anonimitas mereka sepenuhnya. Ini menjadi fitur yang sangat berharga, terutama bagi individu yang tinggal di bawah rezim opresif atau dalam situasi yang memerlukan keamanan.

ProPublica dikenal karena keberaniannya meliput berbagai topik kontroversial seperti perbudakan anak dan korupsi politisi. Situs ini menerbitkan berita investigatif dalam bahasa Inggris dan Spanyol, sehingga memperluas jangkauannya. Dengan kualitas dan keberanian mereka dalam menyajikan berita, ProPublica adalah sumber informasi yang sangat berharga di dunia tersembunyi, yang dapat memberikan pencerahan dan wawasan dalam kegelapan yang mungkin sulit diakses oleh media mainstream.

Banyak orang yang langsung menghubungkan deep web dengan “pasar gelap”, tempat untuk membeli beragam produk ilegal. Padahal, situs deep web Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan positif.

Published On: Agustus 14th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!