Apa itu Bing Search Engine? Cara Kerja dan Fiturnya

Dedi

Apa itu Bing Search Engine

Bing Search Engine adalah salah satu mesin pencari yang tak kalah populer di Indonesia. Seperti Google, Bing adalah mesin pencari yang memungkinkan Anda menemukan situs web yang Anda cari di internet. Anda dapat menggunakan mesin pencari ini untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat.

Bing, awalnya dikenal dengan nama Live Search, MSN Search, atau Windows Live Search. Jika Anda masih asing dengan Bing, mungkin Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai sehingga Anda dapat memahaminya secara lengkapnya mengenai Bing.

Apa itu Bing Search Engine?

Bing Search Engine merupakan salah satu mesin pencari web yang berada di bawah naungan Microsoft, resmi diperkenalkan pada 28 Mei 2009. Sebagai search engine, Bing dirancang sebagai program komputer untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan seperti www, ftp, publikasi milis, dan newsgroup dalam satu jaringan.

CEO Microsoft, Steve Ballmer, secara langsung memperkenalkan Bing pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat. Bing merupakan upaya Microsoft untuk menggantikan tiga mesin pencari sebelumnya, yaitu Windows Live Search, Live Search, dan MSN Search.

Microsoft, sebagai perusahaan multinasional Amerika Serikat, berkantor pusat di Redmond, Washington. Didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975, Microsoft menjadi pembuat perangkat lunak terbesar di dunia dan salah satu perusahaan paling bernilai.

Pada 1 Juni, Bing secara resmi diluncurkan sebagai pengganti Live Search, menggunakan teknologi Powerset yang dibeli oleh Microsoft pada tahun 2018. Bing tidak hanya memberikan hasil pencarian yang lebih akurat, tetapi juga menyimpan dan membagikan riwayat pencarian melalui platform seperti Facebook, Skydrive, dan email.

Baca Juga: Apa itu Baidu Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Kerja Bing Search Engine

Seperti mesin pencari lainnya, Bing menggunakan crawler untuk menyimpan semua informasi situs web. Namun, Bing Search Engine membedakan dirinya dengan menyusun hasil penelusuran dalam kategori-kategori, memudahkan pengguna dalam navigasi.

1. Crawling

Bing memiliki bot yang melakukan crawling pada setiap halaman untuk kemudian diindeks. Crawler manager mengevaluasi beberapa level situs web, termasuk subdomain, domain, server, dan alamat IP. Untuk dapat di-crawl, setiap level harus memiliki alokasi dalam anggaran perayapannya.

2. Indexing

Semua data yang berhasil di-crawl oleh bot akan di indeks, meskipun proses ini membutuhkan waktu untuk mendeteksi semua halaman web. Pengguna dapat menggunakan Index Now untuk memberi sinyal pada Bing terkait perubahan situs web. Dengan demikian, mesin telusur akan memberikan prioritas pada perayapan untuk URL yang telah diinformasikan.

3. Rendering

Sejak tahun 2011, Bing telah mulai menerapkan rendering JavaScript. Bing menggunakan browser headless dan antrian perayapan, kemudian merender konten untuk ditampilkan sebagai hasil penelusuran.

Bing menetapkan fokus pada empat area target, yaitu belanja, perjalanan, lokal, dan kesehatan. Sasaran utamanya adalah menyederhanakan proses pencarian. Mesin telusur ini juga dilengkapi dengan fitur Auto Suggest yang memberikan rekomendasi kata-kata berdasarkan huruf pertama yang diketik, disertai dengan daftar pilihan yang sesuai.

Fitur yang ada di Bing

Bing menonjolkan diri dengan sejumlah fitur unik pada mesin pencarinya. Bing Search Engine tidak kalah bagus dari Google karena mampu menyajikan fitur-fitur yang sangat berguna bagi pengguna. Berikut adalah rangkuman fitur-fitur utamanya:

1. Antarmuka

Bing menyajikan antarmuka yang menarik, di mana latar belakang pencarian harian dapat berubah. Pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sesuai keinginan.

2. Best Match

Fitur Best Match memungkinkan hasil pencarian yang paling relevan ditampilkan secara langsung dan sederhana. Pengguna dapat menemukan informasi dengan lebih cepat tanpa perlu melakukan scroll panjang.

3. Search Media

Bing Search Engine mempermudah pencarian berbentuk media dengan menampilkan thumbnail hasil pencarian. Pengguna dapat melihat hasil video tanpa harus membuka laman video, hanya dengan mengarahkan kursor pada video yang diminati.

4. Instant Answer

Bing menyediakan jawaban cepat untuk berbagai kueri penelusuran seperti jadwal penerbangan, kondisi cuaca, hasil perhitungan, harga barang, kamus, kalkulator, dan banyak lagi. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi tanpa perlu membuka halaman baru.

5. Peta Virtual

Mesin pencari ini dilengkapi dengan peta virtual yang dapat diakses oleh pengguna. Informasi tentang jalan, tempat, dan rute tersedia untuk mempermudah navigasi.

6. Timeline

Fitur Timeline memberikan tampilan informasi yang lengkap dengan garis waktu. Sebagai contoh, ketika pengguna mencari informasi tentang seorang artis. Bing Search Engine dapat menampilkan timeline yang mencakup tahun-tahun dan pencapaian-pencapaian kunci dari orang tersebut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Faktor Penentu Peringkat di Bing

Dalam menampilkan hasil pencarian yang paling relevan, Bing menggunakan algoritma kompleks yang terus berkembang. Berikut adalah parameter-parameter yang menjadi pertimbangan Bing dalam memberikan peringkat pada halaman hasil penelusuran.

1. Relevansi Konten

Relevansi mengacu pada kesesuaian konten dengan keinginan pengguna dalam kueri yang mereka masukkan. Bing Bing Search Engine memperhitungkan istilah dalam tautan yang mengarah ke halaman serta nilai semantik, termasuk sinonim atau singkatan yang memiliki arti yang serupa dengan istilah kueri.

2. Kualitas dan Kredibilitas

Bing Bing Search Engine menilai kualitas dan kredibilitas situs web dengan mengevaluasi tujuan situs, kegunaan, dan penyajian. Hal ini juga mencakup evaluasi terhadap otoritas halaman. Artikel yang mencantumkan kutipan dan referensi ke sumber data dianggap lebih berkualitas.

3. Aktivitas Pengguna

Bing memperhitungkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian. Interaksi pengguna pada halaman web dapat dipantau melalui Webmaster Bing. Ini termasuk pertanyaan apakah pengguna mengklik hasil pencarian, berapa lama mereka menghabiskan waktu di halaman tersebut, dan apakah mereka merumuskan ulang kueri mereka.

4. Keterbaruan Konten

Bing Search Engine lebih suka konten yang terbaru. Halaman yang secara konsisten menyediakan konten terkini lebih mungkin mendapatkan peringkat yang lebih baik.

5. Lokasi

Bing mempertimbangkan lokasi pengguna (negara, kota), tempat hosting halaman, bahasa halaman, dan lokasi pengunjung lain ke halaman dalam hasil pemeringkatan.

6. Waktu Muat Halaman

Waktu muat halaman yang cepat diperlukan untuk mencegah pengunjung meninggalkan situs sebelum konten dimuat. Bing menilai ini sebagai pengalaman pengguna yang positif. Sehingga webmaster perlu mempercepat kecepatan pemuatan halaman untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dan pengalaman pengguna.

Kesimpulan

Bing Search Engine telah menjadi salah satu mesin pencari yang sangat populer di Indonesia, mengingat meningkatnya jumlah pengguna yang aktif. Oleh karena itu, keberadaan dan peringkat situs web Anda di Bing menjadi semakin penting dalam upaya memaksimalkan visibilitas online.

Untuk memastikan bahwa situs web Anda mendapatkan peringkat tinggi dan menarik lebih banyak traffic dari pengguna Bing. Langkah yang bijaksana adalah menggunakan jasa SEO Jakarta seperti yang ditawarkan oleh Toprank Indonesia.

Dengan mengandalkan keahlian dan pengalaman Toprank Indonesia dalam mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. Maka Anda dapat memastikan bahwa situs Anda tidak hanya memenuhi standar Bing tetapi juga memanfaatkan berbagai strategi SEO terkini.

Dengan pendekatan yang komprehensif, SEO agency Toprank dapat melakukan penelitian kata kunci yang tepat, mengoptimalkan konten, dan merancang tautan yang relevan. Sehingga meningkatkan peluang website Anda untuk menduduki peringkat tinggi dalam hasil pencarian Bing.

Penting untuk diingat bahwa pengguna Bing mungkin memiliki preferensi pencarian yang berbeda. Dan itulah mengapa mengadaptasi strategi SEO untuk memenuhi kebutuhan unik mereka dapat menjadi langkah cerdas.

Dengan mempercayakan optimasi situs web Anda kepada jasa digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia. Anda tidak hanya berinvestasi dalam peningkatan peringkat pencarian Bing tetapi juga dalam pertumbuhan keseluruhan visibilitas online dan potensi bisnis Anda.

Published On: Desember 11th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!