Cara Cek Konten Website Dengan Plagiarisme Checker

Di dalam mesin pencarian terbesar Google Search terdapat halaman blog yang di isikan konten original atau asli. Persaingan konten asli atau orsinil ini sering kali terjadi di dalam dunia marketing, dimana konten bagus dalam suatu website saja tentu tidak cukup. Hal ini karena karena konten original berkualitas dan bebas dari plagiat, merupakan salah satu kunci untuk menarik perhatian para pembaca halaman blog.

Google yang memiliki mesin pencarian terbesar tidak mentoleransi adanya automatically generated content, atau konten yang berindikasi plagiat. Ketika Google menemukan indikasi plagiat dalam suatu konten, maka Google akan melakukan deindex konten yang mengandung unsur plagiat tersebut. Perlu diketahui bahwa para pembaca halaman blog lebih tertarik untuk melihat konten yang dibuat berdasarkan karya sendiri, bukan mengambil dari webiste atau sumber lain.

Dengan demikian sangatlah penting untuk memperhatikan etika menulis agar konten yang dibuat tetap original dan bebas dari plagiat. Jika pembaca menemukan adanya unsur plagiat dari satu konten website, akan membuat pembaca tidak percaya lagi dan memungkinkan tidak mengunjungi website tersebut lagi. Hal ini tentunya dapat memperngaruhi berjalannya sistem kerja SEO.

*Baca Juga: Cara Menggunakan Tools Google Keyword Planner

Melihat dari beberapa tahun terakhir memang terjadi peningkatan jumlah konten yang signifikan pada internet. Perlu diketahui saat ini sudah banyak pihak yang mengembangkan website hanya untuk keperluan tertentu salah satunya untuk kepentingan trafik saja, dimana hal ini membuat sebagian dari mereka mengambil konten yang sudah ada agar lebih simple dan tidak memakan banyak waktu.

Jika hal ini sering dilakukan Google melakukan deindex konten dan tidak akan merekomendasikan konten plagiat tersebut ke user lain. Namun untuk menghindari hal seperti ini terjadi, maka ada dua hal yang harus anda ketahui khususnya bagi anda content creator, content marketer atau content writer. Artinya anda harus membuat konten unik berdasarkan topik yang dibahas, kemudian mengecek ulang konten yang dibuat dengan menggunakan tools plagiarism online.

Tentunya saat sedang menulis karya ilmiah, artikel, dan lain sebagainya berhadapan dengan kekhawatiran kualitas dari tulisan anda. Anda akan khawatir dengan apakah tulisan anda akan lolos uji plagiat atau malah sebaliknya. Jika terdapat indikasi plagiat pada tulisan Anda, tentunya akan membuat konten yang akan buat tidak terindex oleh Google. Karena memang plagiat sangat dilarang, terlebih lagi jika anda tidak mencantumkan sumber pada tulisan anda.

Berikut Aplikasi Untuk Cek Konten Website Dari Plagiat Menggunakan Plagiarisme Checker Tools

  1. Copyscape

Copyscape

Copyscape merupakan aplikasi untuk mengecek plagiarisme secara online dan gratis. Aplikasi Copyscape ini solusi untuk mencegah adanya pencurian dan penipuan pada suatu konten. Tools ini dapat anda akses secara online baik dari browser chorme, mozila firefox dan lain sebagainya.

Copyscape dapat diakses secara online ataupun memasangnya. Menggunakan tools ini cukup mudah, anda hanya memasukan link konten dari website ke dalam Copyscape. Kemudian Tools ini akan memberikan dan menemukan URL/link website yang mengunggah konten yang sama secara otomatis.

Dengan Copyscape kita akan mengetahui tingkat kesamaan konten dari website satu dan website lainnya. Tak hanya untuk mengecek indikasi plagiat, Copyscape juga menyediakan layanan lain seperti Copyscape Premium, Premium API, Copysentry, Free Comparison Tool, dan lain-lain. Dari banyaknya layanan yang terdapat pada tools ini, tentunya membuat Copyscape sangat direkomendasikan.

  1. Duplichecker

duplichecker

Sama hal dengan Copyscape, aplikasi selanjutnya yaitu Duplichecker juga bisa mengetahui apakah konten masuk ke dalam website orisinil atau tidak. Dengan Duplichecker anda dapat langsung melakukan pengecekan berupa teks atau file langsung menggunakan Duplichecker.

Duplichecker merupakan sebuah website yang menyediakan halaman khusus untuk melakukan pengecekan konten yang berindikasi plagiat. Menggunakan Duplichecker, anda hanya bisa memasukan konten yang telah dibuat maksimal 1000 kata ke dalam sebuah form yang tersedia pada website ini.

Baca Juga:  Panduan dan Cara Belajar SEO untuk Pemula

Tools ini akan menampilkan informasi terkait konten yang memiliki unsur plagiat dalam bentuk persen. Jika memang tidak adanya kesamaan konten, maka akan muncul informasi “No Plagiarism Detected”. Selain itu, tools ini juga memiliki fitur pengecekan lainnya seperti grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority dan masih banyak lagi.

  1. Dustball

Dustball

Dustball merupakan website atau tools yang menyediakan layanan cek duplicat konten yang memiliki unsur plagiarisme. Dibandingkan dengan Copyscape dan Duplichecker, Dustball ini merupakan tools sederhana yang digunakan untuk melakukan cek pengecekan konten.

Penggunaan tools ini tak jauh berbeda dengan website cek plasiarisme online lainnya, dimana website ini menyuguhkan box untuk diisikan teks yang ingin diperiksa. Hasil dari pengecekan konten memiliki indikasi keterangan “OK”. Sedangkan jika adanya unsur plagiat dalam suatu artikel ditandai dengan adanya keterangan “Plagiarism”.

Tools ini juga memiliki limit ketika melakukan check konten, dimana batasan tiap pengguna hanya 1000 kata saja. Namun Dustball menyediakan layanan premium, dimana anda diminta melakukan subscribe dengan dikenakan biaya sebesar $8. Fitur premium yang diluncurkan oleh website ini, anda dapat mengecek konten lebih akurat dari pengguna gratis.

  1. PlagTracker

PlagTracker

Selanjutnya adalah tools untuk cek plagiarisme yang direkomendasikan, yaitu PlagTracker. Tools ini menyediakan alat pengecekan konten yang sangat lengkap dan juga akurat. Lengkapnya fitur yang disediakan oleh PlagTracker ini tidak gratis alias berbayar.

Jika anda ingin mengakses fitur-fitur ini, anda harus menggunakan layanan premium. Pada website PlagTracker menyediakan layanan cek konten menggunakan grammar, laporan PDF, database, dan file-file lainnya. Plagtracker dapat dikatakan tools dengan sistem kerja yang profesional.

Pada tools ini memiliki tim profesional yang melakukan pengecekan konten anda secara cepar. Tools ini akan mengecek data secara detail, mulai dari keselahan sintaksis, tata bahasa, duplicat dan alur sesuai dengan semestinya.

Meskipun berbayar, PlagTracker juga memiliki fitur pengecekan gratis yang dapat anda coba manfaatkan. Di PlagTracker anda dapat mengecek konten anda dengan memasukan teks dengan maksimal 5000 kata. Lebih banyak bukan dibandingkan dengan website lainnya?

  1. PlagScan

PlagScan

Website selanjutnya adalah PlagScan, website ini menyediakan banyak fitur yang tak kalah unggul dari website lainnya. Target utama PlagScan adalah orang-orang dari akademisi, dimana terdapat 4 pilihan pengguna yang dapat anda pilih. Mulai dari single user, sekolah (school), pendidikan yang lebih tinggi (hingher education) dan bisnis (business).

Website PlagScan dapat anda akses secara gratis dengan mendaftarkan diri anda sebagai member, namun hanya beberapa hari saja. Jika anda ingin mengaksesnya dalam jangka panjang, anda diminta untuk membayar untuk mendapatkan akses premium.

Penggunaan tools ini sama seperti website lainnya, anda hanya perlu copy paste teks ke dalam kolom yang disediakan. Namun website ini menyediakan layanan yang lebih simple, laporan pengecekan dapat anda sesuaikan sendiri dengan apa yang anda butuhkan. Misalnya file bentuk PDF, anda dapat langsung import file, lalu kemudian sistem akan mengecek konten secara otomatis dan juga akurat.

  1. PlagiarismChecker.com

PlagiarismChecker com

PlagiarismChecker.com menyediakan banyak pengecekan phrase dari beberapa bagian dokumen yang terintegrasi dari Google dan Yahoo. Teks yang akan di cek dapat diambil dari hasil pencarian. Tidak ada box melainkan tombol “Search” yang akan mengarahkan anda langsung ke pencarian search engine.

Website atau tools yang satu ini “PlagiarismChecker.com’ menjadi tool terbaik untuk cek konten website dengan mudah. Namun sayangnya website ini sudah lama tidak diperbarui, sehingga fitur-fitur di dalamnya suka bermasalah dan tidak relevan dengan kondisi sekarang. 

  1. Unicheck

Unicheck

Selanjutnya Unicheck tools yang cukup populer. Tools ini memiliki fitur lengkap dan akurat, banyak digunakan dalam dunia pendidikan dan editor. Hingga saat ini lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia telah menggunakan fitur dari website ini dan juga 124 juta file sudah melakukan pengecekan di website ini.

Baca Juga:  8 Langkah Wajib Dilakukan Untuk Mengoptimalkan SEO

Website ini memiliki cukup fitur yang unggul dalam mengecek tingkat plagiat pada satu konten atau dokumen, dan hasilnya pun terbilang cukup akurat. Lebih dari 40 M halaman web, database edukasi, dan file perpustakaan institusionalis, dapat anda akses pada website tersebut.

Selain itu, jika kita lihat dari segi tampilan web Unicheck ini cukup menarik, karena menggunakan kombinasi warna dengan tambahan informasi interaktif yang dapat membuat pengguna mudah mengaksesnya. Selain itu menariknya lagi, Unicheck dipasang secara embed ke dalam sistem E-Learning.

Dengan tools ini, tentunya sangat bermanfaat bagi insititusi pendidikan yang memiliki sistem E-Learning. Sistem E-Learning akan mudah diakases oleh Unicheck secara otomatis, bahkan bisa memindai setiap paper dan menyediakan report yang mudah dibaca.

         8. Viper Anti-plagiarism Scanner

Viper Anti plagiarism Scanner

Website cek plagiarism online selanjutnya adalah Viper Anti-plagiarism Scanner. Website ini memiliki layanan dan fitur yang berbeda dari website lainnya, karena biasanya website untuk mengecek plagiat diakses melalui web saja, namun berbeda dengan Viper Anti-plagiarism Scanner ini.

Dalam mengakses tools ini, anda harus mendownloadnya terlebih dahulu, kemudian memasangnya pada perangkat dekstop. Viper memiliki banyak fitur yang cukup lengkap, tidak mengherankan viper mudah digunakan karena tampilan yang interaktif. Tentunya ini akan membantu anda mengecek artikel yang memiliki unsur plagiat. Pengecekan juga dilakukan sangat akurat.

Meski banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh tools ini, anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakannya. Sistem pembayaran dalam tools viper ini berdasarkan jumlah kata dari dokumen yang ingin di cek tingkat plagiatnya. Pembayaran yang anda keluarkanpun akan sebanding dengan fitur-fitur yang akan anda gunakan untuk keperluan yang anda butuhkan.

Dengan tools ini, anda bisa mengecek duplicate konten dengan file dalam bentuk apapun. Anda juga dapat unggah ke dalam tools viper dengan proses pengecekan yang sangat cepat dan akurat no delay. Tools ini mendukung lebih dari 50 bahasa dan dapat digunakan untuk berbagai bentuk file. Perlu diketahui bahwa Viper ini menjadi salah satu tools terbaik untuk mengecek konten yang memiliki indikasi plagiat.

         9.  Plagiarism Checker Small SEO Tools  

Tools selanjutnya Plagiarism Checker Small SEO Tools, dimana tools ini merupakan tools yang cukup populer dan banyak digunakan. Tools yang satu ini memiliki tampilan sederhana sehingga memudahkan siapapun penggunanya. Anda dapat mengaksesnya secara gratis tanpa harus melakukan registrasi apapun.

Small Seo Tools ini sangat interaktif dan informatif, dimana tools ini dapat menampilkan informasi secara detail dan mudah sekali dipahami. Ketika anda melakukan pengecekan teks, artikel, dokumen, atau URL, tools ini akan memberikan informasi yang cukup akurat dan membantu anda.

Tak hanya cek konten pada suatu website, banyak fitur yang juga dapat anda manfaatkan di Small SEO Tools. Mulai dari pengecekan grammar, reverse image search, word counter, conventer dan masih banyak lagi. Dan yang tak kalah menarik tools ini juga memiliki layanan yaitu SEO Checker.

Small SEO Tools akan membantu para penulis artikel dalam membuat konten yang unik dan orisinil bebas dari unsur plagiat. Perlu diketahui bahwa, dengan mempublish konten yang fresh akan muncul di ranking teratas pada mesin pencarian Google. Small Tools SEO ini menawarkan plugin, dimana anda juga dapat memasang aplikasi pengecekan dalam WordPress.

Dengan demikian anda akan lebih mudah dalam menggunakan tools ini, karena anda tak harus lagi untuk copy-paste konten dari artikel atau tulisan. Anda hanya meng-klik tombol “Check Plagiarism” pada file yang telah di import, kemdian sistem secara otomatis menjalankan pengecekan secara detail dan menyeluruh. Nantinya cara cek konten website akan melakukan proses.

top
WhatsApp chat