5 Langkah Menjadi SEO Specialist Handal

seo specialist

Pada saat ini, karier di bidang Digital Marketing makin banyak pilihannya, salah satunya adalah SEO. Tak heran bila banyak marketer dan penulis konten yang ingin mengetahui tentang Apa itu SEO, suatu langkah optimasi website agar web bisa berada di halaman pertama mesin pencari, khususnya Google.

Melihat banyak konten yang beredar di Internet, maka persaingan untuk masuk ke halaman satu pun semakin ketat. Itulah sebabnya, seorang SEO Specialist dibutuhkan untuk mencari celah dan menemukan langkah baru untuk mengoptimasi website agar dapat bersaing dan menjadi lebih baik dengan yang lain.

1. Memahami Dasar SEO

Untuk jadi ahli SEO, kamu harus mengetahui dan memahami dasar-dasarnya. Search Engine Journal mengatakan ada 3 komponen dasar yang wajib kamu kuasai untuk jadi SEO Specialist, yaitu:

  • Memahami jenis konten yang dibutuhkan oleh user yang mana saat ini disebut user intent search
  • Mengetahui cara kerja search engine
  • Mengetahui tools, teknik dan strategi untuk optimasi website beserta kontennya.

2. Buat Website Sendiri

create website

Sebelum terjun di industri digital, tidak ada salahnya untuk membuat website sendiri dulu yang bisa dimulai menggunakan platform WordPress. Mempunyai website sendiri bisa buat kamu leluasa dan bereksperimen tanpa merasakan takut, karena merugikan pihak lain. Bukan karena lebih mudah, WordPress digunakan oleh hampir satu per tiga website di seluruh dunia.

3. Pahami Cara Kerja Search Engine

Tujuan utama dari SEO adalah menampilkan konten website-mu di halaman pertama search engine atau hasil pencarian, khususnya Google. Dilansir dari Moz, ada 3 hal utama yang dilakukan search engine, yaitu:

  • Crawling: menjelajahi internet untuk melihat konten atau kode dari setiap URL yang ditemukan.
  • Indexing: menyimpan dan mengelompokkan konten yang ditemukan selama crawling. Saat satu halaman terindeks, maka halaman ini akan tampil jika seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci terkait.
  • Ranking: mengurutkan konten yang memberikan jawaban terbaik terhadap sebuah pertanyaan.

4. Memahami Strategi SEO

Dibagikan oleh HubSpot, seorang SEO Specialist tentu harus paham strategi dasar sebagai cara untuk membuat halaman website ranking nomor 1 di Google.

  • Keyword research: memilih dan menentukan kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari untuk membantu menciptakan konten yang relevan. Langkah ini bisa dibantu dengan Google Keyword Planner, Keywordtool.io dan sebagainya
  • On-page SEO: yang artinya kamu harus menyediakan konten yang relevan dan sesuai dengan yang dicari oleh user dari hasil keyword research sebelumnya. Semakin baik konten, maka semakin besar kesempatan website kamu tampil dihalaman pertama Google.
  • Technical SEO: berbagai hal teknis yang membuat website jadi lebih mudah di-crawl dan diindeks, seperti sitemap atau memperbaiki jumlah link yang eror.
  • Link building: jumlah dan kualitas website yang mengantarkan seseorang menuju website-mu juga jadi salah satu faktor yang membuat Google memilihmu muncul di halaman pertamanya, atau disebut strategi backlink.

Selain itu, kecepatan website dan tampilan di versi mobile juga menentukan ranking.

5. Memahami Cara Google Menilai Konten

Mengetahui cari kerja Google saja belum cukup buat kamu jadi seorang SEO Specialist. Kamu harus mengerti bagaimana mesin pencari menilai sebuah konten sampai akhirnya menempati halaman pertama Google. Penilaian ini lebih dikenal dengan sebutan E-A-T, yaitu:

  • Expertise
  • Authoritativeness
  • Trustworthiness

Ketiga hal ini punya tujuan untuk memastikan konten yang kamu buat memiliki informasi yang valid dan terpercaya, dengan bergitu Google menilai konten kamu pantas berapa di halaman pertama Google.

Nah, itu dia cara untuk jadi SEO Specialist yang Hndal yang bisa kamu pelajari dan praktekan. 5 hal ini adalah pondasi dasar untuk kamu mengetahui hal-hal mengenai SEO, sehingga kedepannya kamu bisa membuka Jasa SEO terbaik seperti Toprank Indonesia!

Tags

Hubungi Kami!

Hubungi Kami!

top
WhatsApp chat