Pengertian dan Cara Membersihkan Cache

Dedi

cara membersihkan cache

Anda mungkin sering mendengar istilah cache ketika menggunakan browser ataupun smartphone. Saat anda ingin menghapus history browser misalnya, anda pasti juga akan sering melihat opsi untuk cara membersihkan cache di browser yang anda gunakan. Akan tetapi apa sebenarnya cache itu sendiri? lalu apa fungsi serta kegunaannya? pertanyaan – pertanyaan tersebut akan dijawab mealui uraian yang sudah jasa seo toprank tulis dibawah ini.

Apa itu Cache?

Cache merupakan sebuah kumpulan data sementara yang dikumpulkan dan disimpan oleh suatu sistem baik itu situs, aplikasi ataupun browser. Cache sendiri disimpan agar bisa diakses secara instan oleh aplikasi atau website, sehingga tidak perlu berkali – kali mendownload ulang data tersebut.

Data – data yang dimaksud disini adalah jenis data yang diperlukan untuk kelancaran mengakses sebuah situs atau aplikasi, sehingga ketika dimasa yang akan datang data tersebut dibutuhkan, aplikasi tidak perlu lagi meminta data ke server karena sudah tersimpan di sisi client, sehingga aksesnya bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Proses pengunduhan sebuah cache juga sering disebut caching.

Proses caching dilakukan tak hanya oleh sebuah situs ataupun browser, tetapi juga dilakukan oleh berbagai jenis aplikasi yang sering kita buka di smartphone. Sebagai contoh seperti dalam sebuah apps pemutar lagu seperti joox atau spotify, aplikasi pemutar lagu tersebut akan melakukan caching pada lagu – lagu yang kita dengarkan agar nantinya ketika anda menyetel ulang lagu tersebut prosesnya menjadi lebih lancar.

Akan tetapi perlu diingat, data cache ini bersifat temporer atau sementara sehingga cache tersebut akan dihapus dalam jangka waktu tertentu jika tidak pernah diakses untuk tenggat waktu yang lama.

Baca juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Fungsi dan Kegunaan Cache

Fungsi atau kegunaan sebuah cache yang paling utama adalah membuat akses suatu aplikasi atau situs web dapat berjalan secara cepat. Ketika anda mengakses sebuah situs web untuk pertama kali, maka proses caching akan berjalan di background, hal ini nantinya akan berdampak pada meningkatnya kecepatan dan efisiensi pengaksesan situs tersebut ketika anda ingin membuka halaman yang sama.

Salah satu kegunaan cara membersihkan cache lainnya adalah proses akses sebuah situs web menjadi lebih cepat, maka optimasi dan pagespeed sebuah halaman website akan terlihat semakin baik jika dilihat dari kacamata SEO. Hal ini juga akan memberikan pengalaman yang terasa lebih nyaman saat seseorang pengunjung sebuah halaman website, sehingga user experience nya pun akan semakin baik.

Manfaat cache juga dapat anda jumpai dalam berbagai aplikasi yang sering digunakan, kita ambil contoh aplikasi instagram, ketika anda membuka aplikasi untuk pertama kali, anda akan melihat thumbnail seperti video atau foto. Thumbnail ini adalah jenis data yang akan di caching oleh aplikasi tersebut, sehingga jika anda berpindah ke aplikasi dan kembali lagi ke aplikasi tersebut, thumbnail yang sudah di cache tidak perlu didownload ulang, sehingga penggunaan akan terasa lebih smooth dan cepat.

Jenis – Jenis Cache

Cache sendiri dibagi menjadi dua jenis golongan, pembagian kategori cache dilihat dari sisi data cache tersebut disimpan, yaitu sisi client dan sisi server. Client Side Cache dan Server Side Cache memiliki jenis yang berbeda – beda, untuk beberapa contoh cache lebih jelasnya anda bisa lihat dibawah ini.

1. Browser Cache

Browser cache merupakan sebuah cache yang disimpan secara lokal oleh sebuah browser yang anda gunakan untuk mengakses berbagai jenis website, hal bertujuan agar nantinya saat anda mengunjungi website yang sering diakses, prosesnya akan dapat berjalan lebih cepat karena tidak dibutuhkan pengunduhan data – data ulang seperti saat pertama kali anda mengunjungi website tersebut

2. Apps Cache

Selanjutnya adalah apps cache, cache jenis ini biasanya merupakan data cache yang disimpan oleh sebuah aplikasi di berbagai jenis perangkat seperti smartphone atau tablet, hal ini memungkinkan pengguna perangkat tersebut dapat melakukan akses ke berbagai jenis aplikasi secara cepat dan efisien tanpa perlu reload beberapa elemen seperti gambar atau text.

3. Object Cache

Merupakan jenis cache yang menyimpan data berbagai jenis objek seperti misalnya video, text atau gambar sehingga anda tidak perlu berulang kali request data tersebut ke server setiap kali anda melakukan akses atau aktivitas yang membutuhkan data – data tersebut.

4. Page Cache

Cache yang satu ini berguna untuk menyimpan berbagai data seperti file, objek gambar ataupun html sehingga akses sebuah website dapat menjadi lebih instan ketika dilakukan berulang kali oleh user.

5. Database Cache

Cache data jenis ini biasanya merupakan jenis cache yang digunakan untuk meningkatkan kinerja sebuah website agar menjadi lebih bagus. Disamping itu cache jenis ini juga bermanfaat untuk membuat proses akses disk menjadi lebih berkurang dan juga mengurangi beban load pada CPU.

Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO yang Efektif dan Friendly

Cara Menghapus Cache

Meskipun pada dasarnya cara membersihkan cache memiliki fungsi agar akses sebuah situs menjadi lebih cepat, terlalu banyak cache yang tersimpan justru malah akan membuat perangkat yang anda gunakan terasa lelet. Hal ini karena saking banyaknya data cache yang tersimpan, sehingga perangkat mempunyai beban berlebih.

Disamping itu penyimpanan cache yang terlalu banyak juga akan berdampak pada kapasitas storage yang anda miliki, data cache yang ditumpuk secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat ukuran total cache semakin besar sehingga storage anda akan semakin penuh.

Salah satu resiko terburuk cache adalah ketika terjadi sebuah kesalahan dalam proses penyimpanan data cache, ketika terjadi error maka ada kemungkinan datanya akan menjadi corrupt atau rusak, sehingga aplikasi yang sedang digunakan akan ikut error dan bisa saja menjadi crash atau mengalami freezing.

Nah, dalam hal ini ada beberapa pengguna yang lebih memilih untuk rutin menghapus data – data cache yang tersimpan ketimbang meyimpannya. Untuk anda yang ingin menghapus cache di perangkat yang anda miliki bisa simak panduan berikut ini.

Panduan Menghapus Cache di Komputer

Untuk sebuah komputer yang menggunakan operating system Windows 10, anda bisa gunakan cara berikut:

  1. Klik logo windows dan pilih Settings
  2. ketika tampilan jendela Settings sudah terbuka, klik opsi System
  3. Lalu pada tab storage anda perlu memilih menu Temporary Files
  4. Anda tinggal sortir kira – kira mana saja data yang anda tidak ingin hapus, lalu klik Remove Files untuk menghapus data – data temporary dan cache yang ada di PC anda

Panduan Menghapus Cache di Smartphone

Jika smartphone android anda tidak memiliki pembersih cache, anda bisa mengikuti panduan ini:

  1. Buka Settings dan pilih menu Apps
  2. Lalu pilih opsi All Apps dan tunggu sampai semua aplikasi telah di load
  3. Anda tinggal pilih aplikasi mana saja yang anda ingin hapus cache nya, klik aplikasi tersebut, lalu pilih menu Storage, disitu akan terlihat berapa banyak cache yang tersimpan, pilih opsi Clear Cache untuk menghapus cache tersebut (pastikan anda memilih opsi Clear Cache bukan Clear Data untuk menghindari user data di aplikasi tersebut terhapus)

Panduan Menghapus Cache di Browser

Sebagai contoh kali ini kita akan menggunakan browser Chrome karena merupakan browser yang paling umum digunakan, caranya adalah seperti berikut:

  1. Buka browser Google Chrome anda
  2. Pencet kombinasi tombol CTRL + H di keyboard yang sedang anda gunakan
  3. Tab History akan muncul secara otomatis, lalu pilih menu dropdown di sebelah kiri tampilan halaman History tersebut, pilih opsi Clear Browsing Data
  4. Selanjutnya anda akan diminta untuk mencentang jenis browsing data yang akan dihapus, pastikan opsi Cached Images and Files tercentang, untuk dua opsi lainnya yaitu Cookies dan Browsing History sifatnya opsional, lalu klik tombol Clear Data untuk menyelesaikan proses penghapusan cache.

Itulah penjelasan mengenai cara membersihkan cache, jika dilihat dari penjelasan diatas, ternyata cache memiliki banyak kegunaan. Terutama dalam proses mengakses website, akan tetapi untuk menjaga agar pengalaman kita tetap nyaman, ada baiknya Anda rutin membersihkan data cache yang tersimpan secara berkala. Demikianlah artikel dari kami digital marketing agency jakarta, semoga bermanfaat.

Published On: Maret 30th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!