Anda mungkin sering menggunakan aplikasi YouTube, sebuah platform video streaming yang banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia tiap harinya. Platform ini menawarkan kemudahan untuk anda dalam mencari dan menonton berbagai macam video dengan topik sesuai keinginan secara cepat.

Dengan Youtube, anda bisa mengakses video kapan saja tanpa harus mempunyai akun khusus. Namun jika anda ingin memanfaatkan fitur like, comment, subscribe dan playlist lainnya, maka anda wajib memiliki akun Youtube. Sedangkan untuk keperluan upload video, anda mesti mempunyai channel youtube sendiri.

Cara Membuat Channel Youtube Lewat Akun Google

Untuk membuat akun dan channel Youtube, anda disarankan untuk memiliki akun Google terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Youtube dan Google adalah dua jenis platform yang saling terintergrasi satu sama lain, sehingga untuk bisa membuat channel Youtube anda harus daftar akun Google.

Untuk daftar akun Google, anda bisa melihatnya disini. Anda akan dipandu cara lengkap membuat akun Google dari awal hingga akhir. Jika anda sudah selesai membuat akun Google, maka langkah selantunya anda harus membuka halaman Youtube, berikut tahapannya..

1. Buka Halaman Youtube

Buka halaman utama youtube => https://www.youtube.com/ dan selesaikan proses login kedalam akun yang anda miliki untuk membuat channel youtube anda.

2. Klik Profil di Pojok Kanan Atas

Klik Profil Di Pojok Kanan Atas

Setelah anda klik profil anda tersebut maka nantinya akan muncul dropdown menu seperti di atas, anda tinggal pilih opsi “Buat Channel” untuk membuat channel youtube anda.

3. Masukan Nama Channel Beserta Foto Profil

Masukan Nama Channel Youtube Anda Beserta Foto Profil

Anda diharuskan mengisi nama channel youtube tersebut, pastikan nama channel yang anda gunakan unik dan belum pernah digunakan oleh channel lain. Lalu anda juga bisa upload foto channel anda untuk menambah lengkap tampilan channel. Jika telah selesai anda pilih saja opsi “Buat Channel”

4. Kelola Channel Youtube yang Sudah Jadi

Kelola Channel Youtube Anda Yang Sudah Jadi

Pada tahap ini channel youtube anda sudah jadi dan bisa langsung digunakan untuk melakukan upload video ke dalam channel youtube anda sendiri. Anda juga bisa personalisasikan channel seperti mengganti foto profil, banner channel ataupun pengaturan lainnya lewat dashboard.

Melalui channel youtube, tentunya anda bisa membuat brand awareness perusahaan sendiri. Caranya dengan meng-upload video tentang produk atau brand anda, sehingga orang-orang akan lebih mengenal brand anda tersebut. Anda juga perlu upload konten yang menarik untuk ditonton banyak orang.

Manfaat Channel Youtube untuk Bisnis

Disamping itu, channel youtube juga bisa dijadikan sarana media promosi untuk berbagai produk yang anda tawarkan. Anda bisa mengupload jenis konten menggunakan produk – produk yang bisnis anda miliki, sehingga para penonton video tersebut penasaran dengan produk yang ada didalam video tersebut.

Anda juga bisa melakukan promosi dengan review dari berbagai produk yang bisnis anda miliki. Dengan begitu seorang calon konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi lengkap terkait produk bisnis yang anda pasarkan, tanpa harus repot – repot mencari review produk lagi tersebut di internet.

Itulah cara membuat channel Youtube secara mudah, memang banyak manfaat dari channel Youtube ini, selain untuk vlog bisa untuk membangun brand anda sendiri. Akan tetapi anda harus mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku ya.. Hal yang perlu diingat pada channel Youtube anda adalah harus membuat konten yang positif agar calon consumen menjadi lebih nyaman menyaksikan video yang anda bagikan.

Published On: April 7th, 2022 / Categories: Tips Digital /