Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Dedi

Cara Membuat Artikel yang Baik

Pembuatan artikel memiliki banyak tujuan, seperti edukasi, promosi, dan lain sebagainya. Mungkin bagi Anda yang masih pemula bertanya-tanya bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar?

Artikel dapat dikatakan bagus jika penyampaian informasi di dalamnya dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Lalu, bagaimana teknis penulisan artikel yang baik? Simak tips dari jasa SEO Toprank berikut untuk lebih lengkapnya.

Teknis Penulisan Artikel yang Baik dan Benar

Mungkin semua orang bisa menulis, tetapi tidak semuanya pandai menulis dengan sistematika yang baik. Nah, untuk Anda yang masih pemula dalam penulisan artikel bisa mempelajari tips berikut.

1. Menentukan garis besar isinya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ide, tema, atau topik dari artikel yang akan ditulis. Buat garis besar isi artikel yang sesuai dengan target pembaca Anda. Jika Anda bingung untuk mencari topik yang bagus, Anda bisa riset SEO keyword melalui website.

Ada banyak website yang bisa Anda gunakan, seperti Google Trends, Ubersuggest, Semrush, dan Ahrefs. Melalui website ini Anda bisa mencari topik apa yang paling banyak dicari oleh pengguna.

2. Menentukan target pembaca

Target pembaca Anda adalah bagian penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel. Artikel dengan target pembaca remaja dan target pembaca dewasa akan berbeda-beda. Gaya bahasa yang dibawakan harus sesuai dengan target pembaca Anda.

3. Menyusun outline

Langkah berikutnya adalah menyusun kerangka artikel. Cara membuat artikel yang baik dan benar untuk pemula membutuhkan outline yang disusun secara terstruktur dan teratur. Menyusun kerangka artikel dapat membantu mengarahkan Anda dalam menulis artikel sehingga tetap terarah dari awal hingga akhir.

Outline artikel yang baik, tentunya berisi garis besar paragraf pembuka, subheading, dan paragraf penutup. Dalam pembuatan outline juga sebaiknya tidak lupa dengan komponen 5W + 1H, supaya artikel Anda memuat informasi yang lengkap.

4. Mencari sumber terpercaya

Selanjutnya, mencari referensi untuk penulisan artikel. Cari informasi dari sumber-sumber yang terpercaya dan jelas. Pembaca akan lebih menyukai artikel dengan referensi yang kredibel dan terpercaya.

Baca Juga: Cara Jualan Online yang Benar Bagi Pemula

Menulis artikel yang baik disarankan mencantumkan sumber referensi yang digunakan. Cara ini akan memberikan validasi sehingga pembaca tidak akan meragukan informasi yang Anda tulis di dalam artikel.

5. Menulis artikel secara singkat dan jelas

Poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam menulis artikel adalah informasi yang disampaikan tidak bertele-tele. Cara membuat artikel yang baik dan benar, yaitu ditulis dengan kalimat yang efektif dan mudah dipahami. Kurangi pengulangan kata yang tidak perlu agar artikel tidak membosankan.

Idealnya untuk penulisan artikel yang bagus yaitu memuat 500 kata hingga 1000 kata. Anda bisa memberikan informasi tambahan tetapi yang relevan dengan topik utama yang dibawakan. Tulis dengan kata-kata yang lugas sehingga pembaca lebih mudah untuk memahaminya.

6. Menambah keterangan gambar atau grafik

Selain artikel harus to the point, artikel juga perlu dibuat dengan tambahan keterangan berupa gambar maupun grafik. Tujuannya supaya pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel hingga akhir.

Jika artikel Anda hanya tulisan yang bertele-tele tanpa keterangan gambar, pembaca mungkin akan malas untuk melanjutkan. Jadi, penting untuk menambahkan gambar, grafik, atau tabel yang dapat mendukung informasi artikel yang Anda bahas.

Apabila Anda tidak memiliki gambar sendiri, bisa download gambar di internet sebagai pendukungnya. Namun cari gambar yang bebas didownload sehingga tidak melanggar hak cipta. Jika menggunakan gambar orang lain, Anda perlu meminta izin dan juga memberikan keterangannya pada artikel.

7. Memilih judul yang membuat penasaran

Judul artikel memiliki peran yang sangat penting. Pembuatan judul yang kurang tepat bisa berdampak pada ketertarikan pembaca. Anda bisa buat judul yang menimbulkan tanda tanya dan rasa penasaran, sehingga para pembaca perlu membuka artikel tersebut untuk mendapat jawabannya.

Perhatikan cara membuat artikel yang baik dan benar untuk pemula agar tidak membuat judul yang terlalu panjang dengan kalimat yang rumit. Anda bisa riset judul yang paling efektif melalui mesin pencari. Biasanya judul-judul yang ada di halaman pertama adalah judul yang paling bagus.

8. Menggunakan heading untuk memudahkan pembaca

Penulisan artikel yang baik perlu memanfaatkan heading structure yang tetap mengikuti kerangka artikel yang sudah Anda buat. Anda bisa mengambil poin-poin penting dalam kerangka untuk dijadikan sub heading agar lebih mudah dalam membagi topik.

Selain itu, menggunakan heading termasuk cara membuat artikel yang baik dan benar untuk SEO. Jadi, tidak hanya tampilan artikel yang lebih baik tetapi juga dari segi SEO website Anda nantinya.

9. Menulis artikel yang nyaman dibaca pengguna

Anda mungkin sering menjumpai gaya penulisan artikel yang berbeda-beda. Namun hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah penyusunan kalimat. Tulis artikel dengan susunan kalimat yang nyaman dibaca.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO yang Friendly

Sebagus apapun artikelnya, akan sia-sia karena pembaca malas untuk melihat artikel yang kurang nyaman. Sebaiknya Anda memperhatikan penyusunan artikel agar tidak berantakan yang membuat pembaca kurang tertarik. Berikut beberapa poin penting untuk menulis artikel yang nyaman dibaca.

  • Batasi isi pada setiap paragraf hanya 3 sampai 4 baris saja. Tujuannya untuk menghindari isi paragraf yang rumit dan bertele-tele.
  • Gunakan font style untuk sentuhan tambahan agar tulisan Anda tidak terlalu monoton.
  • Buat paragraf yang kaya informasi. Pembaca akan lebih betah untuk scroll hingga akhir artikel.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca secara umum.

10. Berikan kesimpulan pada akhir artikel

Bagian terakhir dari artikel adalah kesimpulan yang memuat poin utama dari seluruh informasi yang sudah disampaikan. Paragraf terakhir ini perlu ditulis agar pembaca lebih memahami informasi yang ada di artikel. Susun paragraf kesimpulan yang memuat inti dari seluruh pembahasan.

Anda bisa membuat kesimpulan berupa penjelasan atau daftar poin per poin. Sebaiknya, untuk paragraf kesimpulan dibuat dengan 3 hingga 5 kalimat. Tulis kesimpulan yang simple dan menarik untuk pembaca.

11. Rajin untuk terus berlatih menulis

Perlu dipahami bahwa kemampuan menulis artikel yang baik dan benar tidak bisa didapatkan dalam satu malam saja. Anda perlu latihan yang konsisten untuk terus menulis secara rutin. Kemampuan penulisan Anda akan semakin baik dari waktu ke waktu.

Jika Anda membutuhkan artikel yang baik dan bagus untuk website, Anda juga bisa menggunakan jasa penulisan artikel friendly dan digital marketing agancy jakarta. Layanan digital marketing yang akan membantu Anda mendapatkan artikel yang bagus untuk konten website dan SEO dari website Anda.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk cara membuat artikel yang baik dan benar. Teknik penulisan artikel di atas sangat penting jika Anda ingin artikel Anda banyak dibaca oleh pengguna.

Published On: September 19th, 2022 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!