Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

toprank fadhil

Cara Membuat Blog Pribadi

Blog adalah salah satu media yang sangat digemari hingga saat ini. Meskipun popularitas nya digantikan oleh adanya sosial media seperti Instagram, Youtube dan TikTok, blog masih banyak digunakan hingga saat ini. Selain memiliki banyak keunggulan yang menarik blog juga sangat berguna sebagai catatan pribadi.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog ataupun website, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Toprank. Namun, jika Anda ingin membuat blog sendiri tanpa bantuan orang lain, Anda dapat mengikuti beberapa cara membuat blog pribadi yang telah kami rangkum berikut ini.

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Berikut adalah beberapa cara membuat blog pribadi tanpa ribet yang telah kami rangkum khusus untuk Anda:

Baca juga: Langkah-langkah Membuat Blog dengan Mudah

1. Pilih Platform yang Tepat

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Cara membuat blog yang pertama adalah dengan memilih platform blog yang tepat. Di mana saat ini ada banyak platform blog yang tersedia dengan berbagai keunggulan dan ciri khasnya sendiri. Namun dari sekian banyak platform blog yang ada saat ini. Blogger dan WordPress adalah jenis platform blog yang paling populer dan banyak digunakan.

Blogger sendiri dikenal sebagai platform blog yang sangat ramah pemula. Di sana Anda akan mudah mengkonfigurasikan berbagai pengaturan untuk blog Anda. Selain itu, karena Blogger merupakan platform blog yang memang disediakan oleh Google langsung, ia cenderung lebih ramah dengan mesin pencari Google dan juga cenderung sudah memenuhi standar rekomendasi blog dari Google.

Sedangkan WordPress adalah platform blog yang menjadi pesaing utama Blogger. Walaupun bukan dari Google langsung nyatanya platform ini cenderung jauh lebih populer untuk digunakan dibandingkan dengan blogger. Walaupun konfigurasinya jauh lebih kompleks dibandingkan dengan Blogger, WordPress menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat lengkap. Di mana Anda dapat merubah dan juga melakukan konfigurasi ke berbagai bagian blog atau website Anda dengan mudah.

Untuk menentukan platform yang tepat untuk Anda gunakan sebagai platform blog pribadi Anda, maka Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Di mana jika Anda ingin blog yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan maka blogger mungkin lebih baik. Namun, jika Anda menginginkan blog pribadi Anda jauh lebih kompleks dengan berbagai fitur menarik yang lengkap maka WordPress menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

2. Pilih Niche Blog

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Setelah mengetahui platform blog mana yang akan Anda gunakan, berikutnya Anda harus memilih niche atau tema untuk blog Anda. Poin ini sering diabaikan oleh banyak orang dalam membuat blog, di mana mereka hanya memposting konten sesuai dengan kemauan mereka sendiri tanpa memperdulikan temanya.

Hal ini merupakan kesalahan fatal, selain dapat membuat blog Anda menjadi tidak kredibel di mata Google, hal ini juga dapat membuat pengunjung blog Anda menjadi bingung akan pembahasan di blog Anda. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi kemungkinan konten Anda masuk ke halaman pertama Google yang pada akhirnya juga akan berpengaruh langsung pada traffic yang blog Anda peroleh.

Untuk itu, penting bagi Anda memilih niche blog yang tepat. Hal ini bukan hanya untuk meningkatkan kredibilitas dari blog pribadi Anda, namun dengan menentukan niche blog yang jelas juga dapat membantu Anda untuk membuat konten dengan lebih tersusun. Selain itu, dengan memilih niche blog juga akan secara tidak langsung membuat Anda semakin lebih berpengalaman dalam niche tersebut.

3. Tentukan Jenis Hosting

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Cara membuat blog pribadi berikutnya adalah dengan menentukan jenis hosting yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini, untuk kita akan membahas jenis hosting yang tersedia khusus untuk platform WordPress. Di mana jenis hosting untuk blog di WordPress sendiri ada beberapa jenis, diantaranya adalah Shared hosting, Cloud hosting, dan juga VPS hosting.

Shared hosting sendiri adalah jenis hosting yang umum untuk di gunakan bagi mereka yang mulai mencoba untuk membuat blog. Di mana selain penggunaannya yang mudah, jenis hosting ini juga terkenal karena harganya yang murah, Oleh sebab itu, jika Anda baru memulai membuat blog, mungkin jenis hosting ini akan sangat tepat untuk Anda.

Berbeda dengan shared hosting, cloud hosting merupakan jenis hosting dengan fasilitas VPS namun dengan kemudahan yang hampir sama dengan shared hosting. Dengan kata lain, dari segi fasilitas cloud hosting ini lebih baik, namun dari segi kemudahan kurang lebih hosting ini sama dengan shared hosting.

Sedangkan VPS hosting merupakan jenis hosting dengan kapasitas server yang jauh lebih besar. Namun, jenis hosting ini membutuhkan keterampilan teknis untuk dapat di operasikan dengan baik. Untuk itu, jika Anda ingin mendalami dunia blog lebih dalam, mungkin VPS hosting dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

4. Pilih Nama Domain

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Setelah menentukan hosting, cara berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih nama domain. Domain sendiri bisa di ibaratkan alamat rumah bagi website, di mana ia akan dapat menentukan apakah website Anda akan mudah diingat atau tidak.

Oleh sebab itu, kami sarankan pada Anda untuk memilih nama domain yang mudah untuk diingat. Selain itu, pastikan juga untuk memilih nama domain yang belum di gunakan oleh blogger lain, karena jika sudah, terpaksa Anda akan diminta untuk menggantinya.

Sebagai catatan, bila Anda menggunakan domain gratisan, domain yang akan Anda terima kemungkinan domain random yang akan ada angka abstrak nya. Selain mempersulit pengunjung blog mengingat nama domain Anda, hal ini juga tidak di sarankan mesin pencari seperti Google. Oleh sebab itu, Anda lebih di sarankan untuk membeli domain yang mana Anda bisa request sendiri nama domain apa yang ingin Anda gunakan selama belum ada yang memakainya.

5. Instal dan Konfigurasikan WordPress

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Setelah semua cara tadi sudah Anda ikuti dengan benar, Anda tinggal mendownload platform blog yang Anda gunakan. Dalam hal ini kami akan memberikan contoh penggunaan platform blog WordPress. Setelah WordPress terinstall maka Anda tinggal melakukan konfigurasi dasar seperti menghapus post bawaan yang ada di blog, mengubah dan menambahkan kategori, serta melengkapi profil dari blog Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menginstall dan memilih tema-tema yang Anda sukai. Di mana di WordPress Anda akan menemukan berbagai tema menarik yang dapat Anda pilih dan install untuk Anda gunakan. Namun dalam hal ini, pastikan Anda hanya memilih tema yang responsive atau ramah mesin pencari. Jika Anda sampai salah memilih tema hanya karena menarik, maka mungkin saja hal itu akan memberatkan blog Anda yang pada akhirnya mengakibatkan blog Anda susah di muat.

Baca juga: Perbedaan Blog dan Website yang Sebenarnya

6. Tulis Postingan yang Menarik

Cara Membuat Blog Pribadi Tanpa Ribet

Setelah semua tahapan selesai, cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menulis postingan yang menarik. Di mana Anda harus mengisi blog Anda dengan berbagai postingan yang menarik untuk dibaca sehingga membuat blog Anda ramai pengunjung.

Selain itu, pastikan juga postingan yang Anda buat tidak melenceng dari niche yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan pandangan negatif bahwa blog Anda tidak kredibel dan tidak relevan. 

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuat blog pribadi tanpa ribet. Dengan mengikuti cara-cara yang sudah kami rangkum di atas, Anda akan dapat membuat blog pribadi Anda dengan lebih mudah dan lebih menarik.

Namun, jika Anda masih kesulitan dalam membuat blog atau website ataupun semacamnya, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari digital marketing agency terbaik Toprank. Dengan menggunakan jasa kami, kami akan pastikan blog atau website Anda bukan hanya menarik namun juga responsive. Untuk itu, jangan ragu menggunakan jasa digital marketing agency Toprank sekarang juga.

Published On: Maret 28th, 2024 / Categories: Website /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!