10 Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Dedi

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Cara menaikkan peringkat website di Google perlu Anda pelajari sehingga situs web Anda menghasilkan lebih banyak traffic, prospek dan konversi yang menguntungkan. Peringkat website sangat penting karena menentukan posisi suatu website di hasil pencarian mesin pencari.

Jika website berada pada posisi tinggi dalam rangking, maka akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna. Hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung dan penggunaan website, sehingga dapat meningkatkan popularitas dan kesuksesan bisnis online. Peringkat website juga dapat menunjukkan kualitas dan relevansi dari konten website Anda.

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Menaikkan peringkat website di Google melibatkan berbagai strategi dan praktik SEO (Search Engine Optimization). Berikut adalah beberapa cara menaikkan peringkat website di Google yang dapat Anda terapkan:

1. Meningkatkan Desain Web (User Experience)

User Experience atau yang lebih dikenal sebagai UX adalah pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung saat mereka mengakses website Anda. Menurut studi yang dilakukan oleh SEMrush, ada empat faktor kunci yang menentukan User Experience dalam suatu website yaitu:

  1. Frekuensi Kunjungan (Website Visit): Seberapa sering pengunjung mengakses website Anda.
  2. Waktu yang Dihabiskan di Situs (Time On Site): Berapa lama rata-rata waktu yang mereka habiskan di website Anda.
  3. Jumlah Halaman Per Sesi (Pages Per Session): Berapa banyak halaman yang dilihat pengunjung dalam satu kunjungan.
  4. Rasio Pentalan (Bounce Rate): Seberapa banyak pengunjung yang langsung kembali ke hasil pencarian setelah tiba di halaman website Anda.

Penting untuk menciptakan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung di dalam website. Hal ini dapat dicapai dengan menyajikan desain yang menarik, warna yang sesuai, menyediakan informasi konten yang lengkap dan relevan. Serta menyusun menu yang mudah dinavigasi bagi pengunjung.

Meskipun terdengar sederhana, seringkali aspek-aspek ini diabaikan oleh sebagian besar pemilik website. Padahal, User Experience merupakan faktor penting yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari seperti Google.

2. Riset Kata Kunci

Salah satu cara menaikkan peringkat website di Google adalah dengan melakukan pemilihan dan riset kata kunci secara cermat. Penting untuk memilih kedua jenis kata kunci, baik itu short tail atau long tail keywords, karena keduanya memiliki peran yang berbeda.

Short tail keywords dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara umum. Sedangkan long tail keywords sangat efektif untuk menarik audiens yang lebih spesifik ke situs web Anda. Untuk mencapai peringkat yang baik di Google, Anda memerlukan kombinasi keduanya.

Riset kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat seperti Google Keyword Planner, SEMRush, dan lainnya. Dengan alat-alat ini, Anda dapat menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, situs web yang mendominasi hasil pencarian. Dan juga membandingkan performa situs Anda dengan pesaing.

Penting untuk memilih kata kunci yang tidak hanya relevan dengan situs web dan layanan Anda, tetapi juga dapat mendorong pengunjung ke konten situs web Anda. Sekedar menyebutkan kata kunci di beranda tidak cukup untuk meningkatkan peringkat situs Anda.

Anda perlu mengembangkan konten yang kaya akan kata kunci, menyertakan link ke kata kunci tersebut. Serta menempatkannya strategis di situs web Anda untuk meningkatkan SEO.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan terus melakukan pemantauan serta penyesuaian berdasarkan tren pencarian. Maka Anda dapat meningkatkan peringkat website Anda secara signifikan di hasil pencarian Google.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

3. Buat Konten Berkualitas

Menciptakan konten berkualitas tinggi bagi pengunjung adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik website. Namun, jangan mengabaikan elemen SEO dalam proses pembuatan konten tersebut. SEO melibatkan optimasi elemen-elemen di website agar sesuai dengan kata kunci yang umumnya dicari oleh pengguna mesin pencari.

Setelah berhasil mengidentifikasi short tail dan long tail keywords yang akan digunakan, persiapkan diri untuk melakukan beberapa langkah penting. Penting untuk menghindari kesalahan besar, yaitu membiarkan situs web menjadi ketinggalan zaman. Jika konten tidak buat dan posting secara teratur, Google tidak akan menampilkan situs Anda di hasil pencarian teratas.

Membuat postingan baru dan secara teratur mempublikasikan konten baru akan membantu menyajikan hal-hal baru bagi Google. Ini dapat mendorong Google untuk mengarahkan pengunjung ke situs Anda.

Namun, penting untuk tidak hanya memposting apa saja demi meningkatkan peringkat situs web Anda. Konten yang diposting haruslah relevan dan berkualitas. Hindari menulis artikel tentang berita lama dan jangan sekali-kali melakukan penyalinan isi artikel orang lain ke situs Anda.

Ini Karena Google memiliki algoritma yang dapat dengan mudah mendeteksi duplikasi konten dengan hanya satu sentuhan tombol. Ketika Anda membuat konten yang relevan untuk situs web Anda, pastikan untuk menyertakan short tail dan long tail keywords dengan cara yang tidak membingungkan bagi pembaca.

Metode yang baik adalah memilih kata kunci terlebih dahulu untuk ditargetkan dalam suatu postingan, lalu mengembangkan topik berdasarkan kata kunci tersebut.

4. Bangun Backlink Berkualitas

Cara menaikkan peringkat website di Google berikutnya adalah membangun backlink berkualitas. Backlink adalah tautan (link) yang berasal dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Dan ini merupakan faktor krusial dalam menentukan peringkat di mesin pencari, terutama Google.

Terlebih jika backlink tersebut berasal dari situs web dengan Otoritas Domain tinggi, yang dikenal karena popularitas dan lalu lintas pengunjungnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika peringkat situs web Anda tiba-tiba meningkat ketika mendapatkan jenis backlink berkualitas.

Salah satu cara efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang menyelami topik secara mendalam, informatif, dan mampu menarik perhatian pengunjung dalam jumlah besar. Seiring berjalannya waktu, upaya ini kemungkinan besar akan menghasilkan backlink berkualitas.

Alternatif lainnya adalah dengan menawarkan konten Anda kepada situs web yang memiliki otoritas tinggi. Buatlah konten yang relevan dengan topik yang mereka bahas, kemudian kirimkan email yang menjelaskan niat Anda untuk menambahkan backlink yang juga mempromosikan produk atau jasa mereka.

Dengan sedikit keberuntungan, mereka mungkin juga tertarik untuk mendapatkan backlink serupa dari situs web Anda. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan backlink dari situs web yang memiliki reputasi bagus.

5. Memperbaiki Waktu Loading

Cara menaikkan peringkat website di Google yang kelima adalah dengan memperbaiki waktu loading situs web Anda. Penting untuk dicatat bahwa kecepatan akses atau waktu loading situs web memiliki dampak besar pada peringkat di mesin pencari Google.

Ini karena situs web dengan kecepatan akses yang lambat dapat membuat calon pelanggan atau pengguna situs menjadi enggan menunggu karena mereka menginginkan informasi dengan cepat. Dampaknya, mereka kemungkinan besar akan meninggalkan situs web Anda dengan cepat.

Dengan begitu ini dapat meningkatkan angka bounce rate dan pada akhirnya merugikan peringkat situs web Anda. Kecepatan memuat situs web (Loading Speed) merupakan faktor penting lainnya yang signifikan dalam menentukan peringkat suatu situs.

Kecepatan yang baik dapat drastis meningkatkan kenyamanan pengunjung, sementara kecepatan yang lambat dapat berdampak sebaliknya. Untuk memeriksa seberapa cepat waktu loading situs web Anda. Maka Anda dapat menggunakan alat gratis dari Google, yaitu Google Pagespeed Insight.

Di sana, situs web Anda akan dinilai berdasarkan seberapa cepat waktu loading-nya. Jika skornya kurang memuaskan, Google akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda jika diimplementasikan.

6. Memperbaiki Broken Link

Baik itu link eksternal maupun internal memiliki dampak signifikan terhadap peringkat website di hasil pencarian. Sayangnya, seringkali pemilik website mengabaikan link-link yang rusak, padahal hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengunjung ketika mereka menjelajahi situs tersebut.

Penting untuk diingat bahwa memiliki link berkualitas di dalam website dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan peringkat di Google dan sekaligus membangun otoritas website. Oleh karena itu, pastikan tidak ada link yang rusak yang dapat menyebabkan pengalaman pengguna menjadi negatif.

Keberhasilan dalam hal ini memiliki dampak langsung pada peringkat website Anda di mesin pencari Google. Untuk memastikan kualitas link di situs Anda, W3C Link Checker dapat menjadi alat yang sangat berguna.

Gunakan alat ini untuk mendeteksi dan memperbaiki link rusak sehingga situs web Anda tetap optimal dan mendukung pencapaian peringkat yang baik di Google.

Baca Juga: 5 Jenis Format Gambar untuk Website yang Bisa Anda Pilih

7. Optimalkan Gambar

Selanjutnya cara menaikkan peringkat website di Google adalah dengan mengoptimalkan penggunaan gambar. Optimasi ini sangat penting karena dapat membantu meningkatkan kecepatan website.

Penggunaan gambar dengan jenis format, ukuran, dan spesifikasi yang tepat, pengompresan gambar, pemberian nama file yang deskriptif. Serta penyertaan teks alternatif dapat mempermudah Google dalam mengidentifikasi gambar di halaman website Anda.

Gambar memiliki peran kunci dalam menyampaikan elemen visual dalam suatu konten. Dengan ilustrasi gambar yang baik, ribuan kata dapat disampaikan secara singkat dan mudah dimengerti melalui gambar.

Selain itu, gambar juga berpengaruh pada kecepatan loading website, di mana gambar berkualitas tinggi cenderung membutuhkan waktu loading yang lebih lama. Penting untuk mengkompres semua gambar di website guna meningkatkan kinerja loading. Sebagai solusinya, kamu dapat memanfaatkan alat seperti Iloveimg.com.

Pastikan setiap gambar memiliki nama file yang relevan dan teks alternatif (ALT text) agar dapat terindeks dengan baik pada hasil pencarian gambar di masa mendatang. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan gambar di website dan mendukung peningkatan peringkat di Google.

8. Update artikel lama yang kurang relevan

Memperbarui artikel dengan baik dapat signifikan meningkatkan peluang untuk menduduki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Dengan melakukan perbaikan pada konten dan mengoptimalkan kata kunci yang relevan. Maka Anda dapat meningkatkan visibilitas artikel tersebut di halaman hasil pencarian.

Ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan pengunjung menemukan dan membaca artikel Anda, tetapi juga memberikan kesan yang positif terhadap peringkatnya. Dalam era digital yang bergerak cepat, konten lama seringkali menjadi usang dan kehilangan relevansinya.

Dengan memperbarui artikel yang sudah ada, Anda dapat menyegarkannya dengan informasi terbaru, trend terkini, dan data terkini. Tindakan ini tidak hanya menjaga kualitas konten Anda tetap terkini. Tapi juga membuatnya relevan bagi audiens, memberikan nilai tambah kepada pembaca, dan dengan demikian mendukung upaya meningkatkan peringkat website Anda di Google.

9. Audit SEO

Salah satu langkah penting dalam meningkatkan peringkat website di Google adalah dengan melakukan audit SEO. Penting untuk diingat bahwa algoritma Google tidak menghargai website dengan navigasi yang rumit.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membuat navigasi seefisien mungkin agar mudah dipahami oleh calon pelanggan atau pengguna website Anda. Sedikitnya informasi mengenai struktur informasi dan tata letak website dapat merusak strategi SEO bahkan jika Anda telah menerapkan yang terbaik.

Algoritma Google kurang menyukai website dengan navigasi yang kompleks, sehingga pastikan untuk membuat navigasi semudah mungkin bagi pengunjung Anda.

Untuk memulai, Anda dapat menggali lebih dalam ke dasar-dasar SEO. Dengan memahami dasar-dasar SEO, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hal-hal yang perlu diperbaiki. Ini sangat membantu Anda mengoptimalkan website Anda untuk peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

10. Menggunakan Heading dan Subheading

Terakhir, untuk meningkatkan peringkat website di Google, sangat penting menggunakan heading dan subheading dengan bijak. Penggunaan heading dan subheading dalam konten website tidak hanya memudahkan calon pelanggan atau pengguna untuk memahami isi konten.

Ini juga memiliki dampak signifikan terhadap struktur konten dan penekanan poin utama yang ingin Anda sampaikan. Terdapat korelasi kuat antara heading dan peringkat website Anda di Google, membuatnya menjadi kunci dalam optimasi SEO terhadap kata kunci tertentu.

Heading dan subheading juga berperan dalam menunjukkan struktur konten yang Anda sajikan, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna dan mesin pencari. Pastikan setiap halaman web Anda terdapat heading dan subheading yang tepat.

Kesimpulan

Anda dapat menerapkan cara menaikkan peringkat website di Google yang telah kami jelaskan diatas. Google secara terus-menerus melakukan pembaruan pada algoritmanya dan mengubah cara menilai peringkat sebuah website. 10 cara di atas telah terbukti efektif, dan diperlukan konsistensi dalam menerapkannya agar dapat meraih hasil terbaik.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu dan keahlian dalam mengoptimalkan website, pilihan terbaik adalah memanfaatkan layanan jasa SEO Jakarta dari Toprank. Dengan mempercayakan tugas tersebut kepada kami, Anda bisa leluasa mengembangkan bisnis.

Oleh karena itu, Anda dapat yakin bahwa SEO Agency Toprank sangat efektif. Kami akan menerapkan strategi SEO yang baik untuk meningkatkan peringkat situs web Anda. Sehingga, website dapat mencapai visibilitas yang optimal di mesin pencari Google.

Hubungi digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia sekarang juga! Kami siap melayani Anda dengan senang hati. Anda bisa berkonsultasi kepada kami kapan pun. Nantinya, akan ada konsultan kami yang akan membantu Anda mencari solus terkait digital marketing.

Published On: November 28th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!