Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine Google Terbaru

Dedi

cara mendaftarkan blog ke search engine google

Sedang mencari cara mendaftarkan blog ke search engine Google? Search engine atau mesin pencari memainkan peran penting dalam menghasilkan sekitar 93% dari total traffic web. Jika Anda memiliki blog, sangat dianjurkan untuk mengirimkan URL blog Anda ke mesin pencari.

Meskipun search engine secara otomatis akan mengindeks website atau blog Anda, namun mendaftarkan secara manual memungkinkan Anda menyertakan data yang lengkap dan akurat. Nah jika Anda sedang mencari cara mendaftarkan blog ke search engine Google, maka di artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap dan jelas.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Search Engine Google

Sebenarnya cara mendaftarkan blog ke search engine Google cukup mudah, asalkan Anda mengetahui langkah-langkahnya dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan blog Anda ke dalam search engine Google:

1. Daftarkan Blog dengan Google Search Console

Jika Anda belum mendaftarkan blog Anda di Google Search Console, langkah ini sebaiknya diambil segera, terutama jika blog Anda masih baru. Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan Anda mengirimkan blog dan peta situsnya untuk pengindeksan.

Jika halaman di blog Anda tidak diindeks oleh Google, peringkat halaman web Anda hampir tidak mungkin ditingkatkan. Mendaftarkan situs blog Anda ke Google Search Console memberi sinyal kepada algoritma bahwa ada laman web yang siap di crawling dan diakses oleh pengunjung. Berikut cara daftarkan blog di Google Search Console:

1. Akses Google Search Console

Pertama-tama Anda buka https://search.google.com/search-console/welcome. Pada tampilannya, terdapat dua lokasi untuk memasukkan URL domain. Bagian kiri tanpa protokol “http”, sementara bagian kanan menggunakan “https”. Keduanya sama, hanya berbeda dalam metode verifikasi. Sebagai contoh, Anda dapat memilih metode verifikasi di bagian kanan.

2. Proses Verifikasi

Setelahnya, akan muncul jendela pop-up dengan opsi metode verifikasi. Sebagai contoh, di artikel ini menggunakan tag HTML, terutama bagi pengguna platform CMS WordPress. Proses ini juga berlaku bagi pengembangan situs secara manual, di mana Anda menempatkan script diantara tag <head></head>.

Jika menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin terlebih dahulu, seperti “Insert Header and Footer”. Tempelkan script di header, kembali ke Google Search Console, dan klik verifikasi.

3. Submit Sitemap

Setelah berhasil diverifikasi, langkah berikutnya adalah mengirimkan sitemap. Untuk mendapatkan sitemap, Anda dapat mencari “generator sitemap” atau, jika menggunakan WordPress, instal plugin Yoast SEO. Tambahkan sitemap.xml di belakang nama domain, misalnya, https://namadomain.com/sitemap.xml. Salin link sitemap dan tempelkan ke Google Search Console, pada menu sitemaps.

4. Selesai

Dengan langkah-langkah diatas, pendaftaran situs blog Anda di search engine Google selesai. Secara normal, dalam waktu 2 minggu, domain Anda akan terindeks oleh Google. Anda dapat memeriksanya dengan melakukan pencarian di Google dengan mengetikan domain blog Anda misalnya seperti “site:namadomain.com”. Jika sudah terindeks dan berhasil didaftarkan, Anda akan melihat hasil pencarian yang sesuai.

Baca Juga: Cara Menghapus Default Search Engine dari Google Chrome

2. Cara Submit Halaman Blog Individu ke Google

Setelah Anda mengetahui cara mendaftarkan blog ke search engine Google melalui pendaftaran ke Google Search Console. Anda juga perlu tahu cara cara mendaftarkan blog ke search engine Google per halaman.

Setelah mendaftarkan blog Anda, Google akan melakukan proses crawling untuk mengindeks konten baru. Penting untuk diingat bahwa jika Anda mengirimkan URL setelah memperbarui konten, Google dapat mengindeksnya lebih cepat. Gunakan alat Inspeksi URL di Google Search Console untuk melakukan ini.

Alat ini memberikan informasi tentang halaman tertentu, termasuk error AMP dan masalah pengindeksan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengirimkan halaman situs web ke Google:

  1. Setelah masuk ke akun Google Search Console, masukkan URL halaman web Anda ke kolom “Inspect any URL” di bagian atas.
  2. Google akan memeriksa apakah URL tersebut sudah diindeks. Jika muncul konfirmasi “URL is on Google”, Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Namun, jika muncul peringatan “URL is not on Google”, klik tombol “REQUEST INDEXING”.

Harap diingat bahwa Google hanya memperbolehkan maksimal 10 permintaan URL per hari. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa baca tentang Pengertian Search Engine, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya!

Penutup

Supaya Google dapat menampilkan blog Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftarkannya di search engine Google. Anda dapat menggunakan cara mendaftarkan blog ke search engine Google yang telah kami jelaskan diatas. Dengan begitu, setiap halaman pada blog Anda dapat terindex oleh Google.

Jika Anda saat ini menghadapi tantangan dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web bisnis Anda di mesin pencari. Maka Toprank Indonesia hadir sebagai solusi terpercaya untuk membantu Anda mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja online Anda.

Dengan menyediakan jasa SEO Jakarta terpercaya, Toprank Indonesia memiliki tim ahli yang berkomitmen untuk menganalisis, merancang, dan melaksanakan strategi SEO yang sesuai dengan kebutuhan industri bisnis Anda.

Dengan menggunakan layanan SEO agency Toprank Indonesia. Anda dapat mengandalkan pengetahuan mendalam kami dalam industri ini untuk memastikan bahwa situs web bisnis Anda dioptimalkan dengan optimal. Yaitu mencakup faktor-faktor seperti riset kata kunci, pemetaan situs, pengoptimalan konten, dan upaya teknis lainnya.

Toprank Indonesia tidak hanya menawarkan layanan SEO yang komprehensif, tetapi juga memprioritaskan kepuasan pelanggan. Dengan pendekatan yang didasarkan pada hasil dan pemahaman mendalam terhadap algoritma mesin pencari terkini.

Toprank Indonesia dapat membantu meningkatkan visibilitas online Anda, menarik lebih banyak pengunjung yang relevan, dan pada akhirnya, meningkatkan potensi konversi bisnis Anda.

Jangan biarkan situs web bisnis Anda terpinggirkan di internet. Percayakan situs web Anda kepada digital marketing agency Jakarta Toprank Indonesia sebagai mitra SEO Anda untuk membantu mewujudkan potensi penuh situs web Anda dan mendapatkan keuntungan optimal dari platform online.

Published On: Februari 1st, 2024 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!