Cara Menggunakan All In One SEO Pack di Website WordPress

admin

Cara Menggunakan All In One SEO Pack di Website WordPress

Sudahkah Anda tahu cara menggunakan All In One SEO Pack atau AIOSEO? All In One SEO Pack termasuk salah satu plugin dan toolkit yang berguna dalam mengoptimasi SEO dari setiap konten pada website.

Apabila Anda bergelut dalam bidang website profesional dengan platform WordPress, tentu perlu untuk mempelajari tentang plugin ini. Mungkin saja sebagian orang merasa bisa mengoptimasi konten menggunakan SEO secara manual.

Namun, bukankah menggunakan alat justru hasilnya akan lebih optimal? Anda dapat mengatur beragam indikator SEO secara mudah, sehingga konten juga lebih berpeluang untuk diindeks oleh mesin pencari.

Mengenal Lebih Dekat All in One SEO Pack

Sebelum membahas mengenai cara menggunakan All In One SEO Pack, mari berkenalan dahulu dengan AIOSEO. Seperti sudah disinggung di atas, AIOSEO termasuk salah satu plugin dan toolkit yang berguna dalam mengoptimasi SEO di setiap konten pada website.

Plugin ini tersedia pada platform WordPress dan sudah banyak digunakan di dunia. Ada beragam fitur menarik di dalamnya untuk mengatur beragam indikator Search Engine Optimization.

Jadi, bisa mengatur keyword, meta title hingga meta description. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi konten. Bahkan, termasuk mengatur schema markup dan sitemap supaya terindeks oleh mesin pencari.

Plugin ini cukup populer di dunia bukan hanya karena fiturnya terbilang lengkap. Namun, juga karena penggunaannya yang sangat mudah dalam mengoptimasi SEO.

Misalnya saja Anda baru saja memesan konten artikel dari digital marketing agency. Lalu, hendak mengunggahnya pada website. Bisa memanfaatkan fitur schema markup, sitemap, robots generator hingga keyword analysis untuk memudahkan optimasi mesin pencari.

Lantas, bagaimana jika memilih menciptakan konten pada website tanpa mengandalkan plugin tersebut? Misalnya cukup menggunakan sejumlah kaidah SEO secara manual.

Sebenarnya hal semacam itu bisa saja dilakukan. Namun, penggunaan All In One SEO Pack tentu akan jauh lebih membantu mengoptimasi konten maupun website di mesin pencari.

Jadi, nantinya mesin pencari seperti Google atau Bing mampu mengindeks setiap konten pada website secara optimal. Bahkan, bisa membantu meningkatkan traffic pada website.

Baca juga: Tag HTML dan Fungsinya, Bahaya Jika Salah Tulis

Panduan Install All In One SEO Pack

Cara menggunakan All In One SEO Pack diawali dengan install. Terdapat dua versi, yakni versi basic dan premium. Versi basic sudah punya fitur yang cukup untuk membantu mengoptimasi SEO, jadi bisa mencoba mempertimbangkannya.

Silahkan pilih versi yang sesuai dengan keperluan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk mulai menginstall All In One SEO Pack.

1. Akses Dashboard Admin WordPress

Perlu Anda tahu bahwa All In One SEO Pack tidak bisa langsung digunakan tanpa diinstall terlebih dahulu. Jadi, Anda perlu mulai menginstall melalui dashboard admin WordPress.

2. Klik Menu Plugins

Setelah halaman dashboard admin WordPress terbuka, silahkan perhatikan bagian menu. Karena, langkah berikutnya ialah klik menu “Plugins”.

3. Klik “Add New”

Selanjutnya, silahkan pilih “Add New”. Ketika membahas plugin WordPress, ada banyak pilihannya. Jadi, setelah sukses menginstall All In One SEO Pack, Anda boleh saja mencoba untuk install plugin lainnya.

4. Ketik “All In One SEO”

Anda akan menjumpai kolom pencarian plugin pada WordPress. Pada tahap ini, silahkan ketik “All In One SEO”. Pastikan untuk mengetiknya dengan benar dan lengkap.

5. Pilih “Install Now”

Sekarang, perlu menunggu sampai WordPress memproses pencarian plugin. Apabila plugin AIOSEO sudah muncul, maka bisa klik “Install Now”.

6. Menunggu Proses Install

Tidak jauh berbeda dengan install aplikasi pada smartphone, Anda juga perlu menunggu proses install untuk plugin. Tunggu saja prosesnya sampai selesai.

7. Klik “Activate”

Langkah terakhir ialah klik “Activate” guna mengaktifkan All In One SEO Pack pada WordPress. Nantinya, Anda dapat mengoptimasi konten dari jasa SEO Jakarta pada website secara mudah.

Panduan Lengkap Mengatur Setup Wizard

Setelah melakukan penginstallan, masih perlu melakukan setup Wizard. Jadi tidak bisa langsung menerapkan cara menggunakan All In One SEO Pack sebelum mengatur setup ini. Silahkan simak saja panduan lengkapnya berikut.

1. Let’s Get Started

Begitu All In One SEO Pack, halaman setup Wizard akan tampil pada layar komputer atau laptop. Lantas, klik saja “Let’s Get Started” untuk melakukan setup.

2. Menetapkan Kategori, Title dan Meta Description

Sekarang, silahkan tetapkan kategori website, page title dan meta description. Page title dan meta description sendiri ialah judul serta deskripsi website yang muncul pada hasil pencarian Google. Jika sudah, tekan Save dan Continue.

3. Menambahkan Informasi

Anda dapat menambahkan informasi pada website sesuai keperluan. Misalnya menambahkan nama pemilik, foto hingga link akun media sosial. Lalu, tekan Save dan Continue.

4. Memilih Fitur yang dikehendaki

Tidak semua fitur dalam plugin wajib diaktifkan. Anda boleh memilih fitur mana saja yang diinginkan dengan klik tanda centang pada bagian kanan fiturnya. Jika sudah, tekan Save dan Continue.

5. Memeriksa Tampilan Title dan Meta Description

Misalnya saja Anda sudah memesan teks title dan meta description dari digital marketing lalu menuliskannya pada website. Anda bisa melihat tampilannya dengan klik preview tampilan.

6. Setting Site Analyzer dan Rekomendasi SEO

Apabila ingin memperoleh tips panduan optimasi SEO, silahkan mengisi email pada Setup Site Analyzer dan Smart Recommendation lantas klik Save serta Continue. Jika tidak, klik “Skip this step”.

Baca juga: Jumlah Karakter Meta Description SEO dan Tips Membuatnya

Cara Menggunakan All In One SEO Pack pada WordPress

Setelah melakukan install dan setting, Anda bisa mulai menggunakan fitur pada All In One SEO Pack. Mari membahas beberapa panduan fiturnya di bawah ini.

1. Menetapkan Page Title dan Meta Description

Terapkan page title dan meta description untuk semua halaman website. Cukup akses saja halaman atau posting pada editor WordPress lantas scroll menuju bagian bawah kontennya.

Silahkan mengubah judul maupun deskripsi menggunakan tag. Boleh pula menuliskannya secara manual. Sementara untuk teks judul atau deskripsi tidak harus memikirkannya sendiri karena dapat mengandalkan jasa SEO.

2. Menyambungkan Website dengan Google Search Console

Google Search Console ialah tools yang membantu melihat performa website dalam mesin pencari Google. Ketika mendapatkan informasi tersebut, Anda dapat mengoptimalkan website untuk meraih peringkat tinggi pada hasil pencarian Google.

  • Buka Google Search Console

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah mengakses halaman Google Search Console. Nantinya pada bagian bawah URL prefix perlu memasukkan URL website milik Anda, lantas tekan Continue.

  • Verifikasi

Cara menggunakan All In One SEO Pack pada tahap ini dilakukan dengan verifikasi kepemilikan website. Klik HTML tag untuk metodenya lantas copy kode yang tampil.

  • Akses WordPress

Sekarang, buka WordPress Anda, lantas tekan All In One SEO Pack, lantas klik General Settings. Lalu, tekan Webmaster Tool. Selanjutnya tekan Google Search Console. Isikan kode tadi dan tekan Save Changes.

  • Akses Halaman Verifikasi

Silahkan akses lagi halaman verifikasi tadi. Lantas, tekan Verify. Jika semua langkahnya selesai, maka website akan tersambung dengan Google Search Console.

All In One SEO Pack tidak hanya bisa bekerja pada mesin pencari populer seperti Google, namun juga Bing. Cara menggunakan All In One SEO Pack juga mudah diterapkan seperti dalam penjelasan di atas.

Published On: Agustus 21st, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!