Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Keyword Planner

admin

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Anda harus tahu cara menggunakan Google Keyword Planner sehingga Anda dapat menemukan kata kunci relevan dengan industri Anda. Google Keyword Planner merupakan salah satu tools SEO yang sangat penting dalam mengoptimalkan website. Dengan Google keyword planner, Anda dapat mencari kata kunci yang relevan untuk bisnis Anda dan melihat volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, dan perkiraan PPC untuk iklan Google.

Penggunaan Google keyword planner sangat berguna untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling efektif untuk strategi pemasaran online Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui trend pencarian dan permintaan konsumen yang berkaitan dengan bisnis Anda. Nah untuk menggunakan alat ini, Anda bisa mengikuti penjelasan cara menggunakan Google Keyword Planner di artikel ini!

Apa itu Google Keyword Planner?

Google Keyword Planner adalah sebuah tool gratis yang disediakan oleh Google untuk melakukan penelitian kata kunci yang relevan dalam strategi SEO dan iklan PPC (pay-per-click) di platform Google Ads.

Google Keyword Planner digunakan untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling populer atau dicari oleh pengguna mesin pencari untuk produk atau layanan tertentu. Anda dapat memasukkan kata kunci atau istilah terkait ditambah dengan detail seperti lokasi, bahasa, dan jangkauan waktu yang ingin Anda targetkan dan kemudian Google Keyword Planner akan memberikan sejumlah ide dan analisis berbasis pada permintaan dan trend pencarian.

Dalam Google Keyword Planner, Anda dapat melihat volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, perkiraan biaya per klik dan banyak lagi. Informasi tersebut dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda atau kampanye iklan, dan meningkatkan kinerja pada mesin pencari dan platform iklan Google Ads.

Dengan Google keyword planner, Anda memiliki alat yang kuat untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan lebih efektif dan efisien melalui pemasaran online.

Baca juga: Tools Riset Keyword Gratis untuk Kata Kunci Relevan

Cara Daftar Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat gratis yang disediakan oleh Google Ads untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci yang relevan dan berpotensi menguntungkan bagi kampanye pemasaran online Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan Google Keyword Planner:

1. Akses Google Keyword Planner

Buka akun Google Ads Anda (jika Anda tidak memiliki akun, Anda perlu membuatnya) dan akses Google Keyword Planner melalui menu “Buka Keyword Planner”.

2. Buat Akun Baru

Anda dapat membuat akun baru dengan klik “New Google Ads Account”

3. Pilih Tujuan Google Ads

Ada 3 pilihan tujuan Google Ads yang bisa Anda pilih yaitu menelpon atau menghubungi bisnis, mengarahkan pencarian menuju website dan mengarahkan audiens untuk datang ke lokasi bisnis. Pilih salah satu diantara tiga ini. Dalam memilih tujuan Google Ads, pastikan Anda mempertimbangkan jenis bisnis Anda dan apa yang ingin dicapai dari iklan Anda.

Baca juga: Apa itu keyword density?

4. Masukkan Informasi Bisnis

Setelah memilih tujuan Google Ads, langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi bisnis. Jika sebelumnya Anda memilih mengarahkan pencarian menuju website. Maka masukkan nama website Anda.

5. Tentukan Jangkauan Konsumen

Langkah selanjutnya adalah menentukan jangkauan konsumen. Pilih lokasi geografis dimana Anda ingin memasarkan produk atau layanan Anda. Anda dapat memilih negara, kota, bahkan radius tertentu dari lokasi bisnis Anda untuk menentukan target audiens Anda.

6. Tentukan Target Pencarian

Setelah menentukan jangkauan konsumen, langkah berikutnya adalah menentukan di pencarian apa saja iklan akan muncul. Misalnya, jika bisnis Anda adalah toko buku, maka kata kunci yang relevan adalah “toko buku”, “buku”, “penerbit buku”, atau “beli buku online”.

Setelah memilih kata kunci, grupkan kata kunci ke dalam kelompok yang berbeda-beda sesuai dengan tema atau jenis produk buku yang Anda jual. Misalnya, kelompokkan kata kunci menjadi “buku anak-anak”, “buku fiksi”, “buku sejarah”, dan sebagainya.

7. Buat Headline dan Deskripsi

Setelah menentukan kata kunci dan grup kata kunci, langkah selanjutnya adalah membuat headline dan deskripsi iklan yang menarik dan menarik minat calon pembeli. Pastikan headline memuat informasi yang jelas tentang produk atau layanan Anda dan menarik minat calon pembeli. Headline harus singkat dan mudah diingat.

Contoh headline dan deskripsi iklan untuk bisnis toko buku:

Headline: Beli Buku Online di Toko Buku Terpercaya

Deskripsi: Temukan berbagai macam buku terbaru dan terlaris di toko buku online kami. Gratis ongkos kirim dan diskon menarik. Beli sekarang!

CTA: Beli Sekarang

8. Tentukan Budget

Selanjutnya adalah menentukan budget untuk kampanye iklan Google Ads adalah langkah krusial karena dapat mempengaruhi kesuksesan kampanye iklan Anda. Pertimbangkan tujuan bisnis Anda, misalnya apakah Anda ingin meningkatkan penjualan atau memperkenalkan merek Anda kepada calon pelanggan.

Pertimbangkan juga persaingan di pasar yang Anda fokuskan. Semakin banyak persaingan, makin banyak biaya yang diperlukan untuk bersaing.

9. Melakukan Review Iklan

Setelah menentukan budget, Anda akan diarahkan untuk melakukan review iklan. Hal ini penting untuk memastikan kampanye iklan Anda berjalan dengan baik dan efektif dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Kata Kunci SEO, Fungsi dan Jenisnya

10. Pilih Metode Pembayaran

Jika Anda tidak ingin mengaktifkan iklan Anda, Anda dapat memilih metode manual dan transfer bank sebagai metode pembayaran. Dengan memilih metode ini, iklan Anda tidak akan tayang secara otomatis, meskipun saldo akun Anda mencukupi.

Namun, jika Anda ingin memulai kampanye iklan Anda di kemudian hari, pastikan untuk mengaktifkan iklan Anda dan menyesuaikan strategi pembayaran Anda. Selalu pastikan saldo akun Anda mencukupi sebelum memulai kampanye iklan untuk menjaga agar iklan Anda tetap berjalan tanpa gangguan.

11. Pembuatan Akun Google Ads Selesai

Anda sekarang dapat mulai mengelola kampanye iklan Anda dan menyasar pelanggan potensial untuk mempromosikan bisnis Anda. Pastikan untuk membuat iklan yang menarik dan relevan untuk target pasar yang tepat serta menyesuaikan strategi penargetan dan anggaran iklan Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Nah setelah Anda selesai mendaftar Google Keyword Planner, kini saatnya Anda mengetahui cara menggunakan Google Keyword Planner. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Keyword Planner:

  1. Akses Google Keyword Planner: Buka akun Google Ads Anda, dan akses Google Keyword Planner melalui menu “Tools & Settings” di sudut kanan atas.
  2. Pilih Opsi “Discover new keywords”: Ketika Anda masuk ke Google Keyword Planner, Anda akan memiliki dua pilihan utama. Pilih “Discover new keywords” untuk melakukan riset kata kunci baru.
  3. Masukkan Kata Kunci atau URL: Masukkan kata kunci terkait produk, layanan, atau topik yang ingin Anda teliti. Jika Anda memiliki URL halaman web yang relevan, Anda juga dapat memasukkan URL untuk mendapatkan ide kata kunci.
  4. Atur Filter (Opsional): Anda dapat mengatur filter berdasarkan bahasa, lokasi, rentang tanggal, dan jenis penawaran. Ini membantu Anda mendapatkan data yang lebih relevan untuk target pasar Anda.
  5. Hasil Riset Kata Kunci: Google Keyword Planner akan memberikan daftar kata kunci terkait dengan input Anda. Anda akan melihat perkiraan volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, dan tawaran rata-rata untuk iklan.
  6. Jelajahi Ide Kategori: Di samping daftar kata kunci, Anda mungkin juga melihat ide kategori yang berhubungan dengan input Anda. Ini bisa membantu Anda menemukan kata kunci baru yang mungkin tidak terfikir sebelumnya.
  7. Pilih Kata Kunci: Telusuri daftar kata kunci dan pilih yang paling relevan dengan tujuan kampanye pemasaran Anda. Anda dapat menandai kata kunci tertentu untuk ditambahkan ke “Your plan” (Rencana Anda).
  8. Melihat Rincian Kata Kunci (Opsional): Jika Anda mengklik pada kata kunci tertentu, Anda dapat melihat detail lebih lanjut seperti tren seiring waktu dan daftar ide kata kunci tambahan yang terkait.
  9. Tambahkan ke Rencana Anda: Setelah Anda memilih kata kunci yang ingin Anda targetkan, tambahkan mereka ke “Your plan”. Di sini, Anda dapat melihat estimasi lalu lintas harian dan saran penawaran tawaran untuk setiap kata kunci. Anda dapat unduh atau Ekspor Rencana.

Demikianlah cara mendaftar dan menggunakan Google Keyword Planner. Sangat mudah bukan membuat akun Google Keyword Planner? Tapi jika Anda ingin website Anda dioptimasi dengan Teknik SEO dan menggunakan keyword-keyword relevan, Anda bisa menggunakan jasa SEO.

Jasa SEO Profesional dapat membantu Anda dalam mengoptimasi website sehingga website Anda mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian. Tidak hanya itu, karena layanan SEO juga membantu website Anda mendapatkan lebih banyak traffic organic, prospek potensial, konversi dan penjualan.

Anda bisa menggunakan jasa SEO dari digital marketing agency Toprank Toprank Indonesia. Kami telah berpengalaman lebih dari 9 tahun dan telah memiliki ratusan klien yang puas dengan layanan kami. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan digital marketing dari Toprank Indonesia!

Published On: September 12th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!