Beginilah Cara Menggunakan Search Engine Google

Dedi

cara menggunakan search engine

Cara menggunakan search engine Google ini bisa Anda terapkan untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Google adalah perusahaan teknologi multinasional yang bergerak dalam berbagai bidang, termasuk search engine, periklanan online, software, dan layanan lainnya.

Google Search adalah search engine internet terbesar dan paling populer di dunia. Pengguna dapat mencari informasi, gambar, video, dan banyak lagi melalui search engine ini. Di Indonesia sendiri, Google menjadi search engine paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam mencari berbagai informasi di internet.

Apa itu Google?

Google LLC adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat yang fokus pada layanan dan produk internet. Produk-produknya mencakup teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan iklan online. Sebagian besar pendapatannya berasal dari platform AdWords.

Berawal dari inisiatif Larry Page dan Sergey Brin selama studi doktoral mereka di Universitas Stanford, Google didirikan pada 4 September 1998. Keduanya memegang 16 persen saham perusahaan. Misi utama Google adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”, yang sejalan dengan slogan tidak resmi perusahaan, yaitu “Don’t be evil”.

Sejak berdiri, pertumbuhan perusahaan ini yang pesat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kemitraan di sektor mesin pencarian inti Google. Perusahaan ini menyediakan perangkat lunak produktivitas berbasis daring, termasuk layanan surat elektronik (email), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

Di ranah komputer meja, produk-produk mereka mencakup aplikasi untuk menjelajah web, mengelola dan mengedit foto, serta pesan instan. Google juga menjadi pelopor dalam pengembangan sistem operasi Android untuk ponsel pintar dan Google Chrome OS untuk Chromebook.

Perusahaan ini telah memperluas ke sektor perangkat keras komunikasi, menjalin kemitraan dengan berbagai produsen elektronik terkemuka untuk menghasilkan perangkat Nexus dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Pada tahun 2012, Google memasang infrastruktur serat optik di Kansas untuk mendukung layanan Internet berkecepatan tinggi, dikenal sebagai Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengelola lebih dari satu juta server di berbagai pusat data di seluruh dunia. Memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian, dan menangani sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, situs web google.com diakui sebagai yang paling banyak dikunjungi di dunia oleh Alexa.

Situs-situs Google dalam berbagai bahasa juga menduduki peringkat 100 teratas, termasuk situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua dalam basis data ekuitas merek BrandZ. Dan pada tahun 2014, mendapatkan penghargaan dari Business Indeed sebagai perusahaan dengan merek paling bernilai.

Meskipun dominasinya di pasar diakui, Google juga menghadapi kritik terkait hak cipta, penyensoran, dan privasi. Pada 10 Agustus 2015, Larry Page, CEO Google, mengumumkan pembentukan Alphabet melalui postingan blog.

Alphabet menjadi perusahaan induk yang meliputi Google dan berbagai usaha lain yang tidak terlalu erat terkait dengan bisnis utama Google. Dalam restrukturisasi tersebut, Larry Page menjadi CEO Alphabet. Sementara Sergey Brin menjabat sebagai President dengan Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sundar Pichai diangkat sebagai CEO Google.

Cara Menggunakan Search Engine Google

Setelah mengenal perusahaan Google, kini saatnya Anda mengetahui cara menggunakan search engine Google. Meskipun banyak orang yang sudah paham dengan cara menggunakan search engine Google, namun tidak ada salahnya untuk mempelajarinya kembali.

Untuk menggunakan search engine Google, Anda dapat mengikuti cara menggunakan search engine Google berikut:

  1. Buka web browser Anda, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, atau yang lainnya.
  2. Masukkan alamat “www.google.com” di bilah alamat browser dan tekan “Enter.”
  3. Pada kotak pencarian di tengah halaman, ketik pertanyaan, kata kunci, atau topik yang ingin Anda cari.
  4. Tekan tombol “Enter” di keyboard atau klik pada tombol pencarian (ikon lup) di sebelah kanan kotak pencarian.
  5. Setelah itu Anda akan melihat halaman hasil pencarian yang berisi daftar situs web, artikel, gambar, dan informasi terkait dengan kata kunci Anda.
  6. Search engine Google menyediakan berbagai opsi pencarian dan filter yang dapat membantu menyempurnakan hasil. Misalnya, Anda dapat menggunakan filter waktu, jenis file, atau alat pencarian lanjutan.
  7. Untuk pencarian yang lebih spesifik, Anda dapat menggunakan operator pencarian seperti tanda kutip (“”) untuk mencari frasa tepat, tanda minus (-) untuk menghilangkan kata kunci tertentu, atau tanda tambah (+) untuk memasukkan kata kunci yang harus ada dalam hasil pencarian. Contoh: “Cara membuat pancake”, Pancake -resep (untuk mencari pancake tanpa hasil yang mengandung kata “resep”)
  8. Klik pada link yang relevan di hasil pencarian untuk mengunjungi situs web yang berisi informasi yang Anda cari.
  9. Google Search menyediakan fitur lanjutan seperti pencarian gambar, pencarian berbasis suara, dan banyak lagi. Anda dapat mengakses fitur ini dari halaman utama Google. Anda bisa mencari informasi melalui suara yang Anda sebutkan pada fitur Google ini.

Itulah langkah-langkah umum untuk menggunakan search engine Google. Pastikan untuk mengakses situs web yang dapat dipercaya dan menggunakan filter serta operator pencarian untuk mendapatkan hasil yang lebih relevan.

Melakukan Pencarian dari Location Bar

Dikutip dari buku “Trik Cepat Menguasai Google Chrome” karya Jubilee Enterprise tahun 2013. Google Chrome dikenal sebagai browser web yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian atas berbagai jenis konten seperti informasi, gambar, musik, video, dan lainnya di dunia maya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pencarian melalui location bar di Google Chrome:

  1. Buka jendela Google Chrome terlebih dahulu.

2 Ketikkan alamat URL situs yang ingin Anda kunjungi pada location bar yang terletak di bagian atas, tepatnya di bawah tab, misalnya www.toprankindonesia.com.

  1. Tekan tombol Enter.
  2. Secara otomatis, proses pencarian terhadap alamat URL situs tersebut dimulai, dan dalam beberapa saat, Anda akan diarahkan langsung ke halaman situs yang dituju.

Melalui New Windows

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan search engine Google, Anda juga bisa menggunakan Google melalui new windows. Google Chrome memungkinkan Anda melakukan pencarian pada new windows atau jendela baru untuk menjelajahi lebih banyak halaman situs dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka jendela browser Google Chrome.
  2. Cari halaman web atau situs yang diinginkan dengan mengetikkan alamat URL pada location bar.
  3. Setelah menekan tombol Enter, halaman situs yang dicari akan muncul.
  4. Untuk membuka jendela baru, klik ikon “Sesuaikan dan kontrol Google Chrome” di bagian kanan atas jendela, lalu pilih opsi “Jendela Baru.”
  5. Dalam beberapa detik, jendela baru dari browser Google Chrome akan muncul.
  6. Sekarang, Anda dapat mencari dan menemukan halaman situs lain dalam jendela browser yang berbeda dari halaman situs yang telah dibuka sebelumnya.
  7. Ketikkan alamat URL situs lain yang Anda inginkan, dan setelah menekan tombol Enter, halaman situs yang dicari akan langsung ditampilkan dalam jendela baru, sehingga Anda dapat melihat dua hasil pencarian dalam jendela yang berbeda.

Penutup

Itulah cara menggunakan search engine Google. Jika Anda merupakan pemilik situs web bisnis, sangat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan secara efektif menggunakan teknik SEO yang sesuai dengan algoritma terbaru dari mesin pencari Google.

Sebagai langkah strategis, Anda dapat mempertimbangkan layanan SEO agency Toprank. Kami dapat memberikan layanan khusus untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.

Dengan melakukan optimasi SEO yang tepat, situs Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman depan hasil pencarian Google. Sehingga dapat lebih mudah diakses oleh konsumen potensial Anda dan meningkatkan visibilitas online bisnis Anda secara keseluruhan.

Jasa SEO Jakarta adalah pilihan yang tepat untuk mendatangkan lebih banyak prospek potensial yang pada akhirnya meningkatkan konversi penjualan Anda. Dengan begitu setiap halaman web dapat muncul di hasil pencarian google dengan keyword relevan dengan industri Anda.

Silahkan hubungi kami digital marketing agency Jakarta! Kami akan melayani Anda dengan senang hati kapanpun dan dimanapun. Anda bisa konsultasi kepada kami secara gratis, nantinya akan ada tim kami yang siap membantu Anda terkait permasalah situs web dan optimasi SEO.

Published On: Desember 22nd, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!