Cara Menjadi SEO Consultant Profesional

SEO Consultant

SEO Consultant adalah seorang yang memiliki keahlian dengan optimasi mesin pencari, mereka dibayar oleh klien individu atau perusahaan yang membutuhkan konsultasi terkait SEO. Konsultan SEO bertugas untuk merancang, mengimplementasi dan menjalankan strategi – strategi SEO untuk klien. Biasanya konsultan SEO dibutuhkan oleh klien untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada website.

Kebutuhan akan konsultan SEO akhir – akhir ini sangat bertumbuh pesat, dikarenakan sudah mulai beralihnya proses pemasaran yang dari awalnya masih konvensional menjadi digital atau yang sering kita sebut Digital Marketing. SEO sendiri merupakan teknik digital yang amat penting untuk bisnis, mampu mendapatkan traffic yang tinggi dengan cara tampil di halaman pertama mesin pencari.

Akan tetapi untuk menjadi seorang SEO Consultant yang ahli, profesional serta terpercaya bukanlah proses yang mudah. Anda perlu mengetahui dan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan SEO itu sendiri. Jika anda ingin mengetahui cara menjadi seorang SEO Consultant, anda bisa cek daftarnya dibawah.

Tips Menjadi Seorang SEO Consultant Profesional

  • Mengerti Cara Kerja Mesin Pencari

Profesi SEO Consultant erat kaitannya dengan mesin pencari. Oleh karena itu, pemahaman terhadap mesin pencari harus sangat dalam dan menyeluruh. Karena ketika ada klien yang membutuhkan konsultasi tentang SEO, maka seorang consultant harus mampu menjabarkan strategi SEO yang dirancang.

Biasanya SEO Consultant mempunyai tugas dari klien untuk membuat website klien tersebut ranking di page 1 mesin pencari. Maka, jasa SEO profesional harus memahami betul faktor – faktor yang membuat sebuah website atau blog dapat ranking, faktor – faktor tersebut antara lain adalah:

Relevance

Relevance atau Relevansi adalah seberapa bagus content atau isi dari sebuah webpage terhadap search queries yang digunakan oleh pengguna search engine. Ketika isi dari halaman website dapat dikatakan relevan dengan keyword yang sedang dicari oleh user, maka mesin pencari akan merekomendasikan webpage kepada user tersebut. Semakin relevan sebuah webpage terhadap search queries, maka akan semakin tinggi pula ranking di hasil pencarian mesin pencari.

Baca Juga:  SEO Vs Adwords Who is the Winner ?

Authority

Authority ibarat sebuah “tanda pengenal” yang menunjukan bahwa website atau page merupakan halaman yang memang benar – benar terpercaya, sehingga user dari search engine akan direkomendasikan atas hasil pencarian dari halaman – halaman yang dipercaya oleh search engine seperti Google. Biasanya website yang mempunyai backlinks berkualitas akan dianggap sebagai website yang terpercaya oleh Google, sehingga akan mempunyai ranking lebih tinggi di hasil pencarian.

Utility

Ketika seseorang mencari suatu kata kunci lewat Google, maka yang akan ditampilkan paling pertama adalah hasil yang cocok dan memang benar – benar memiliki manfaat bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan sesuai dengan search intent dari user tersebut, harus selaras dengan kata kunci yang digunakan dan halaman yang ada pada website, sehingga bisa teroptimasi dengan baik agar pengalaman seorang pengunjung terhadap webpage menjadi lebih enjoyable.

  • Memahami Konsep Dasar SEO

Bagi seorang Consultant SEO, konsep – konsep dasar dari bidang SEO sangatlah harus dipahami secara baik dan benar. Hal ini dikarenakan pemahaman atas konsep – konsep dasar menjadi sebuah pondasi yang kuat dan tolak ukur terhadap kemampuan seorang SEO Consultant dalam mengoptimasi, seperti:

Keyword research

Riset keyword untuk sebuah konten merupakan suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan, hal ini bisa untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan kompetitor lain dibidang yang sama. Dengan keyword research kita dapat menentukan keyword terbaik yang akan di optimasi untuk mendatangkan traffic.

On-page SEO

On page SEO sendiri biasanya lebih terfokus pada hal – hal yang terlihat oleh pengunjung website atau halaman web. Hal ini mulai dari tampilan dan desain, hingga kualitas konten yang ada di dalam website tersebut. Seorang SEO Consultant harus mengerti bagaimana optimasi On-Page SEO yang benar dan efektif.

Off-Page SEO

Off Page SEO merupakan segala hal yang berhubungan dengan pengoptimasian website dari luar halaman. Dengan kata lain Off – Page SEO adalah sebuah cara mempromosikan sebuah website agar mendatangkan traffic yang banyak, bagi seorang ahli SEO ini adalah hal penting karena sebagai strategi link building.

Technical SEO

Technical SEO biasanya berhubungan dengan hal – hal teknis yang mendukung suatu website agar bisa dilacak dan terindeks oleh search engine. Hal – hal yang berkaitan dengan technical antara lain pagespeed, robot.txt, canonical tags dan sitemap. SEO Consultant harus bisa mengidentifikasi hal – hal teknis ini.

  • Up To Date Perkembangan SEO

SEO merupakan sebuah bidang yang perkembangannya sangat pesat. Hanya dalam hitungan bulan bisa terjadi perubahan yang cukup besar, hal ini dikarenakan beberapa search engine seperti Google melakukan update terhadap algoritma secara terus menerus. Hal inilah yang membuat seorang SEO Consultant harus terus up-to-date dengan informasi atau perkembangan dunia SEO terbaru.

Baca Juga:  15 Teknik SEO Paling Akurat untuk Tingkatkan Ranking

Beberapa cara agar SEO specialist tidak ketinggalan informasi mengenai perkembangan dunia SEO antara lain adalah mengikuti pakar – pakar SEO terkenal yang aktif di Internet, seperti Neil Patel atau Rand Fishkin. Selain itu, harus mengikuti website atau blog yang sering update tentang SEO dan algoritma google.

  • Menguasai Tools – Tools SEO

Tools SEO merupakan hal yang wajib dikuasai oleh seorang  SEO Consultant agar nantinya pekerjaan yang berhubungan dengan SEO dapat berjalan secara efektif dan efisien. Berbagai tools SEO sendiri banyak tersebar di internet baik yang berbayar maupun gratis, tools Рtools seperti SEMrush, AHrefs atau Google Search Console adalah beberapa contoh dari banyaknya tools penting lainnya.

  • Mengasah Skill Terkait SEO

Untuk menjadi seorang SEO Consultant yang ahli dan profesional, diperlukan beberapa skill yang sangat vital dalam konteks bidang SEO. Kemampuan pendukung lainnya seperti misal kemampuan untuk membuat konten yang berkualitas dapat menjadi penunjang dan pelengkap skillset dari seorang SEO Consultant yang akan menjadi nilai jual tersendiri, hal – hal lain seperti kemampuan analisis data juga sangat dibutuhkan agar proses pengerjaan yang berkaitan dengan SEO dapat dilakukan secara tepat dan efektif.

Itulah beberapa penjelasan dari pekerjaan seorang SEO Consultant, serta bagaimana cara menjadi SEO Consultant yang profesional di bidang tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa menjadi seorang SEO Consultant yang mempunyai kemampuan mumpuni atau ahli di bidang SEO sangatlah sedikit, apalagi dalam track record yang bagus dari hasil optimasi mereka yang memuaskan tentunya akan banyak dicari – cari oleh perusahaan, sehingga memang benar -benar dibutuhkan oleh berbagai calon klien.

top
WhatsApp chat