10 Cara Optimasi SEO Toko Online dengan Mudah

Dedi

Cara Optimasi SEO Toko Online dengan Mudah

Anda bisa menggunakan cara SEO toko online untuk meningkatkan ranking dan konversi. Website toko online yang tidak dioptimasi untuk mesin pencari sama saja dengan toko tanpa papan nama, sehingga tidak ada yang tahu keberadaannya. Dalam era digital ini, website adalah platform potensial untuk berjualan secara online.

Setiap orang cenderung mencari produk atau layanan melalui mesin pencari, sehingga penting bagi toko online untuk muncul dalam hasil pencarian. Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda adalah dengan menerapkan SEO. Anda bisa menerapkan cara SEO toko Online yang dapat membantu mengoptimalkan pendapatan toko online Anda agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari.  

Inilah 10 Cara SEO Toko Online

SEO adalah langkah kunci dalam meningkatkan visibilitas toko online Anda di hasil pencarian. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan SEO toko online Anda:

1. Riset Keyword

Optimalkan keberadaan toko online Anda dengan menguasai seni riset kata kunci. Tanpa menggunakan kata kunci relevan, pelanggan potensial mungkin tak pernah menemukan toko online Anda.Proses riset kata kunci bukanlah tugas yang sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dengan memahami tiga indikator penting ini:

  1. Volume Pencarian: Indikator ini mencerminkan seberapa banyak traffic potensial yang dapat dihasilkan dari kata kunci. Semakin tinggi volumenya, semakin besar potensi traffic yang dapat Anda peroleh.
  2. Kompetisi: Tingkat kesulitan untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian. Semakin tinggi angkanya, semakin sulit untuk bersaing dan muncul di halaman pertama hasil pencarian.
  3. Intent Pencarian: Menghubungkan Anda dengan audiens target yang sesuai. Untuk mendukung toko online Anda, tambahkan kata-kata berintensi komersial seperti beli, jual, murah, harga, diskon, promo, second, atau bekas.

Hindari kata kunci dengan volume tinggi dan kompetisi sulit. Sebaliknya, gabungkan indikator di atas. Temukan kata kunci utama dengan volume tinggi, lalu tambahkan kata kunci berintensi ke dalamnya untuk membuat kata kunci lebih panjang (long tail).

Kata kunci jenis ini biasanya memiliki volume pencarian dan tingkat kompetisi yang lebih rendah, tetapi tetap relevan untuk pengguna. Dengan prinsip ini, Anda dapat melakukan riset kata kunci.

Ada beberapa opsi untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner, Google Suggest, dan eksplorasi kategori produk di marketplace. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas toko online Anda dan menarik lebih banyak calon pembeli.

2. Gunakan LSI

Salah satu strategi SEO yang dapat meningkatkan performa toko online adalah penerapan LSI, yang merupakan singkatan dari Latent Semantic Indexing. Penggunaan LSI bertujuan untuk memberi informasi kepada mesin pencari mengenai relevansi konten di sebuah situs web.

LSI sendiri merangkum sekelompok kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama. Umumnya, LSI seringkali berhubungan dengan kata kunci yang memiliki arti serupa. Dalam konteks toko online, konsep ini dapat diilustrasikan dengan beberapa kata kunci.

Sebagai contoh, jika Anda menjual produk perawatan kulit wajah, Anda dapat menggabungkan kata kunci “sabun wajah” dan “facial wash” dalam satu konten. Penerapan LSI sangat krusial, karena jenis kata kunci ini dapat mencegah praktik keyword stuffing yang dapat merugikan situs web Anda.

3. Gunakan Schema Markup

Apakah Anda pernah mendengar mengenai schema markup dalam konteks SEO? Schema markup adalah elemen yang dapat memberikan sentuhan unik dan menarik pada tampilan konten Anda. Schema markup sering kali disebut sebagai rich snippet.

Dengan menggunakan rich snippet, Anda dapat meningkatkan CTR hingga dua kali lipat. Umumnya, penerapan schema dilakukan melalui serangkaian tahap coding pada situs web Anda. Anda memiliki kebebasan untuk memilih jenis snippet yang ingin digunakan.

Bagi bisnis toko online, rich snippet yang sering digunakan adalah rating. Sehingga informasi tentang penilaian pengguna terhadap pelayanan dan aspek lainnya dari toko online Anda dapat ditampilkan dengan lebih menarik.

4. Sebar Keyword di Website (On-Page SEO)

Terapkan strategi penempatan kata kunci di website Anda untuk meningkatkan optimasi SEO pada halaman (on-page SEO), ini adalah cara SEO toko online. Setelah Anda memiliki daftar kata kunci dan LSI, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikannya ke dalam halaman website toko online Anda.

Hal ini mempermudah proses indeksasi oleh Google, sehingga saat melakukan crawling, Google dapat memahami konten sebenarnya dari website Anda. Ada enam lokasi kunci untuk menempatkan kata kunci di website toko online, yang merupakan bagian integral dari optimasi SEO on-page.

Keenam lokasi tersebut meliputi title tags, deskripsi produk, title dan meta description, alt text, nama dokumen, dan URL. Anda dapat menempatkan kata kunci relevan pada lokasi tersebut sehingga dapat terbaca oleh mesin pencari.

Baca Juga: Sitelink Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

5. Optimalisasi Gambar Produk

Tidak dapat disangkal bahwa banyak pelanggan saat ini mencari produk melalui pencarian gambar. Oleh karena itu, sebagai pemilik toko online, disarankan untuk menambahkan kata kunci terkait dalam tag ALT setiap gambar di toko online Anda.

Untuk hasil yang optimal, pastikan bahwa kata kunci yang digunakan pada setiap gambar relevan dengan kontennya. Hindari penggunaan berlebihan kata kunci dalam tag ALT guna menjaga keterkaitan dan relevansi.

Pastikan juga bahwa gambar memiliki resolusi yang jelas dan ukuran file tidak terlalu besar sehingga tidak membuat toko online Anda lambat memuat. Konsumen lebih nyakin membeli produk yang memberikan gambar yang jelas dan menarik.

6. Gunakan URL yang User Friendly

Cara SEO toko online yang selanjutnya adalah menggunakan URL yang SEO friendly. Optimalkan penggunaan URL untuk meningkatkan navigasi pengguna dan kemampuan Googlebot dalam merayapi situs Anda.

URL merupakan link yang mengarahkan pengguna ke halaman yang diinginkan. Penting untuk menulis URL secara jelas dan lugas, karena hal ini membantu Googlebot menjelajahi setiap halaman di situs Anda.

Hindari menggunakan URL yang terlalu panjang atau rumit, karena hal ini dapat menghambat pemahaman Googlebot terhadap konten Anda. Buatlah URL yang ramah pengguna dan berusaha untuk menyertakan kata kunci yang relevan agar situs Anda lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk mengoptimalkan URL pada toko online Anda:

  1. Batasi panjang URL hingga maksimal 60 karakter.
  2. Samakan URL dengan judul utama (H1) halaman.
  3. Hindari penggunaan kata yang tidak diperlukan.
  4. Hindari menambahkan kategori dalam URL. 

7. Sertakan Ulasan Produk

Meskipun terlihat sederhana, menambah ulasan produk dapat menjadi strategi SEO yang efektif untuk toko online Anda. Ini karena ulasan atau testimoni dari pelanggan dapat membantu membangun kepercayaan di kalangan pengguna.

Apabila pengguna telah memiliki kepercayaan pada toko online Anda, ini berpotensi meningkatkan jumlah traffic pada website Anda. Selain itu, peluang mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik pun semakin terbuka!

Semakin banyak pengguna yang menyebut kata-kata kunci seperti “pengiriman cepat”, “murah”, “berkualitas”, dan kata kunci utama lainnya. Hal ini akan memudahkan Googlebot untuk memahami bahwa toko online Anda menawarkan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau, serta pengiriman yang cepat ke alamat pelanggan.

8. Perbaiki Struktur Website

Cara SEO toko online berikutnya adalah melakukan perbaikan pada struktur website Anda. Hal ini sangat krusial, karena membangun website dengan tata letak yang terstruktur adalah suatu keharusan.

Perbaikan struktur website memiliki tujuan utama, yaitu meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Dengan struktur yang rapi, pengunjung dapat merasa nyaman dan betah saat berinteraksi dengan website toko online Anda.

Selain itu, struktur website yang teratur dapat membantu situs Anda mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP). Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki struktur website melibatkan:

  1. Batasi jumlah kategori, hindari membuat terlalu banyak tingkatan kategori.
  2. Buat pembagian topik yang sederhana dan mudah dipahami.
  3. Kembangkan kategori umum menjadi beberapa kategori tambahan sesuai kebutuhan. 

9. Optimalkan Penggunaan Anchor Text

Untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda dalam mesin pencari, tambahkan kata kunci pada link internal di situs web Anda. Penggunaan link dalam teks yang mengandung kata kunci lebih efektif daripada menggunakan tipe link seperti “klik di sini”.

Oleh karena itu, optimalisasi anchor text menjadi sangat penting di sini. Selain itu, Anda dapat menyertakan link dalam deskripsi produk untuk mengarahkan pengunjung ke produk serupa lainnya yang tersedia di toko online Anda.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

10. Integrasikan Website dengan Sosmed

Meskipun mungkin bukan secara eksklusif strategi SEO untuk toko online, trik ini dapat signifikan meningkatkan pengalaman pengguna. Integrasikan situs web seoptimal mungkin dengan media sosial, misalnya dengan menyediakan tombol untuk berbagi konten di platform media sosial.

Lebih dari itu, pertimbangkan untuk menyediakan fitur pembuatan akun atau login melalui akun media sosial. Banyak pengguna cenderung enggan membuat akun baru di toko online dan bahkan ada yang mengisi data dengan sembarangan.

Meskipun terlihat sepele, data yang tidak akurat dapat berdampak besar pada bisnis online. Menentukan profil pelanggan menjadi lebih sulit, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan.

Maka dari itu, manfaatkan fitur social login untuk mendapatkan informasi dan data yang lebih akurat mengenai pelanggan Anda.

Kesimpulan

Anda dapat menerapkan cara SEO toko online berikut untuk mengoptimalkan toko online Anda. Hal ini tentunya bagus untuk penjualan produk Anda agar lebih mudah ditemukan. Tapi, jika Anda tidak memiliki banyak waktu akan hal tersebut, Anda bisa menggunakan layanan SEO Agency Toprank.

Ini adalah layanan yang mampu meningkatkan situs web Anda untuk meranking di halaman pertama mesin pencari. Jasa SEO kami akan membantu Anda para pebisnis online untuk berjualan produk secara online. Sehingga produk Anda lebih cepat laku terjual, karena dicari oleh banyak orang.

Untuk menghubungi layanan ini, Anda bisa menghubungi  digital marketing agency Jakarta Toprank. Kami akan bantu pengoptimalan situs web Anda dengan cara tepat. Kami memiliki tim yang ahli dan profesional di bidang SEO, Anda bisa berkonsultasi kepada kami secara gratis sekarang juga!

Published On: November 27th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!