Sosial media saat ini sedang marak diperbincangan oleh masyarakat Indonesia, terutama kaum milineal. Hal ini karena sosial media bisa untuk sharing aktivitas sehari-hari dimana dan kapanpun. Salah satu sosial media yang paling sering kita gunakan, yaitu Instagram. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti punya akun instagram, karena sangat mudah dibuat dan digunakan untuk pemula sekalipun.

Mengenal Apa itu Instagram?

Instagram adalah sebuah aplikasi mobile yang banyak digunakan oleh masrakat Indonesia. Dengan jutaan user yang mengakses instagram setiap harinya, membuat instagram menjadi salah satu aplikasi paling terkenal di dunia. Hal ini tentunya menjadi sebuah kesempatan bagi para pebisnis online untuk turut serta mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan melalui posting instagram yang ditujukan, agar calon konsumen melihat dan tertarik membeli produk anda.

Satu hal yang perlu anda perhatikan dari akun sosial media instagram anda, yaitu jumlah followers. Semakin tinggi followers akun instagram anda, maka akan semakin luas jangkauan promosi yang akan anda capai. Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan penjualan anda, karena akan semakin banyak orang yang melihat ikan atau postingan promosi produk anda di instagram. Sehingga kemungkinan orang untuk mengklik dan akhirnya membeli produk yang dipromosikan.

Hal ini juga berlaku jika sebuah akun instagram memiliki followers yang sedikit, maka cenderung engagement yang dimiliki kecil. Hal ini tentunya membuat brand atau produk yang anda promosikan menjadi tidak dapat menjangkau market yang lebih luas dan hanya segelintir orang saja yang terpapar promosi tersebut. Maka dari itu, jika bisnis anda mempunyai akun instagram, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips – tips atau metode dalam menambah followers akun instagram di bawah ini.

Tips Meningkatkan Follower Instagram

1. Gunakan Stories dan IG LIve

Penggunaan stories dan ig live sangatlah digemari oleh banyak orang karena kemudahaan dan konsumsi konten yang cukup singkat tetapi menarik, anda bisa menggunakan fitur story untuk memposting barang atau produk baru sehingga tidak perlu membongkar ulang feeds anda yang nantinya malah membuat tampilan sebuah feeds menjadi kurang bagus dan malah menurunkan followers.

2. Manfaatkan Endorse Selebgram

Cara promosi yang satu ini memang dinilai efektif, karena selebgram memiliki followers yang cukup banyak. Hal ini tentunya akan sangat berguna apabila selebgram tersebut menyebutkan nama brand anda, para followers dari selebgram tersebut akan merasa penasaran dengan brand yang dipromosikan oleh selebgram mereka dan nantinya, followers anda akan naik dengan sendiri karena banyak orang yang penasaran dengan brand tersebut dan mulai memfollow akun instagram bisnis anda.

3. Adakan Kontes dan Giveaway

Salah satu cara untuk mendapatkan banyak follower dalam waktu singkat adalah dengan mengadakan sebuah kontes atau melakukan sebuah giveaway, hadiah giveawaynya sendiri dapat berupa apa saja, tapi diutamakan hadiahnya merupakan produk yang anda memang miliki dan bisnis anda produksi, hal ini sangat berguna karena jika nanti barang tersebut dipakai oleh orang yang memenangi giveaway dan banyak orang yang tertarik untuk ikut juga membeli produk yang anda tawarkan.

Pastinya followers anda akan naik drastis ketika menggunakan cara yang satu ini, namun anda perlu pastikan bahwa orang yang ikut kontes giveaway tersebut juga memfollow akun anda, caranya bisa dengan masukan persyaratan untuk me like dan follow akun bisnis anda tersebut, agar nantinya terlihat dengan jelas berapa banyak kenaikan yang anda alami ketika menggunakan strategi tersebut.

4. Tambahkan Hastag pada Posting

Hashtag atau tagar merupakan sebuah simbol yang dilambangkan dengan “#”, sistem hashtag atau tagar ini memungkinkan orang lain melihat atau menemukan suatu video berdasarkan pengelompokkan hastag nya, jadi sebaiknya anda gunakan hashtag pada setiap postingan produk bisnis anda agar nantinya dikelompokkan dengan rapi dan teratur, hal ini juga bisa membantu produk tersebut ditemui oleh pengunjung yang sedang mencari barang dengan hashtag tersebut.

Anda bisa gunakan hashtag dengan cukup banyak sekaligus di setiap postingannya, sekitar 10 – 15 merupakan jumlah hashtag yang wajar untuk sebuah posting produk bisnis, akan tetapi perlu diperhatikan juga pemilihan hashtag yang akan dipakai, anda harus gunakan topik hashtag yang juga relevan dengan produk yang sedang anda promosikan serta perhatikan juga popularitasnya karena dengan hashtag anda bisa melihat berapa banyak postingan yang menggunakan hastag yang sama.

Anda juga bisa membuat hastag baru sendiri agar nantinya kampanye promosi lewat instagram anda memiliki sebuah hashtag unik  yang bisa berulang kali anda gunakan untuk memperkuat brand awareness produk anda serta membuat orang menjadi tertarik dengan kampanye promo yang sedang anda jalankan

5. Gunakan Jasa Tambah Follower

Anda juga bisa menggunakan jasa tambah follower untuk menambah followers anda secara signifikan. Akan tetapi cara ini harus dipertimbangkan secara matang, karena bis-bisa akun instagram anda ke banned. Jangan sampai akun followers yang digunakan merupakan bot yang bisa terlacak oleh sistem instagram dan dianggap spam. Anda bisa mencari jasa tambah followers instagram yang real, sehingga akun anda aman dan bisa mendapatkan interaksi secara signifikan dengan di dalam feeds.

Strategi mengembangkan bisnis secara online di instagram memang cukup banyak, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah segala strategi tersebut harus rutin anda evaluasi impactnya agar nantinya anda bisa mengambil kesimpulan bahwa suatu kampanye promosi dapat dikatakan efektif atau tidak. Serta apakah dirasa perlu melakukan perubahan strategi, jika anda berhasil melakukan kampanye promosi di instagram yang terbilang sukses, dapat dipastikan bisnis anda akan kebanjiran order pesanan.

Published On: April 6th, 2022 / Categories: Tips Digital /