5 Pilihan Cara Verifikasi Google Search Console untuk Website

admin

5 Pilihan Cara Verifikasi Google Search Console untuk Website

Cara verifikasi Google Search Console dapat dilakukan dengan menggunakan cara manual yang terbagi dalam beberapa cara. Dalam pengelolaan sebuah situs harus mendapatkan izin dari Google untuk bisa melihat analytics, mengontrol situs, inspeksi URL dan lainnya.

Izin tersebut diberikan dengan cara melakukan verifikasi melalui gsc karena Google ingin memastikan kalau Anda adalah pemiliknya.

Secara dasar proses verifikasi ini untuk membuktikan pemilik situs tersebut agar tidak diberikan wewenang kepada sembarangan orang. Jadi jangan heran jika Google ingin Anda menyelesaikan keseluruhan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan berlaku.

Jangan khawatir karena prosesnya sangat sederhana dan ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan sesuai pilihan sendiri. Silahkan pilih salah satu cara manual yang akan dijelaskan detail berikut ini.

5 Cara Verifikasi Google Search Console

Setidaknya terdapat 5 metode verifikasi yang biasa digunakan seperti direkomendasikan oleh digital marketing agency Jakarta. Metode manual bisa digunakan untuk semua jenis website termasuk WordPress jadi akan memudahkan dan mempercepat proses verifikasi.

1. File Verifikasi HTML

Metode paling aman yang bisa Anda gunakan adalah dengan download file HTML dari Google melalui akun GSC. Setelah selesai di download maka segera upload di root domain dengan menggunakan Cpanel.

Metode ini menjadi salah satu cara verifikasi Google Search Console yang banyak direkomendasikan karena hanya perlu upload file HTML saja. Proses upload tersebut akan ditujukan pada direktori root di situs pribadi dan hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja.

Karena sangat sederhana prosesnya namun ada saja hal negatif yang sebaiknya juga diperhatikan jika memakai metode ini. Hal negatif tersebut yaitu diperlukan akses ke server ketika akan mengunggah file lewat FTP contohnya cPanel File Manager.

Metode ini sangat cocok jika menginginkan membangun web self hosting karena adanya akses upload file html ke root situs secara mandiri.

Caranya:

  • Pertama Anda harus mengunduh file HTML terlebih dahulu untuk disimpan ke perangkat sebaiknya gunakan metode yang sudah direkomendasikan.
  • Anda harus memastikan terlebih dahulu terhubung ke hosting situs bisa melalui Cpanel setelah itu silahkan unggah file. File tersebut harus diunggah ke folder root situs seperti folder wp – content, wp – config.php.
  • Langkah ketiga yaitu tinggal klik tombol verifikasi GSC setelah proses unggah file dilakukan dan selesaikan prosesnya.

Baca juga: Fungsi Google Search Console untuk Kelola Website

2. Tag HTML

Jika cara verifikasi Google Search Console diatas membuat Anda masih merasa kesulitan maka bisa menggunakan metode tag HTML. Cara kedua ini sebenarnya paling mudah digunakan sehingga sering dipakai para pemilik situs untuk verifikasi.

Cara ini meminta Anda untuk menambahkan tag meta sederhana pada bagian atas website atau bagian header. Jika menggunakan WordPress maka bisa mengikuti panduan cara verifikasi sederhana berikut ini.

  • Pertama salin tag meta dengan cara membuka tab metode alternatif antarmuka di GSC atau memakai link secara khusus.
  • Temukan penambahan properti kemudian pilih opsi > pilih tag HTML > salin kode yang ada.
  • Setelah menyalin Meta Tag selanjutkan lakukan penambahan memakai plugin Insert Header dan Footer dengan install plugin tersebut secara gratis.
  • Langkah ketiga yaitu klik tombol verifikasi untuk menyelesaikan proses verifikasi tersebut melalui tag HTML.

Perlu diketahui jika menggunakan metode plugin, Anda bisa langsung menambahkan tema sesuai keinginan tanpa ada permasalahan. Terutama jika menggunakan tema child theme’s harus siap kehilangan verifikasi situs setiap kali melakukan pembaharuan tema.

3. TXT DNS Record

Sebagai pemilik situs tentu Anda sudah tidak asing dengan cara verifikasi memakai TXT DNS Record. Banyak perusahaan jasa SEO Toprank memilih metode ini karena sistem pengaturan yang sangat mudah dan cepat dilakukan.

Menggunakan metode TXT DNS untuk verifikasi situs pada GSC tidak harus memiliki akses sebagai member area domain. Bahkan tidak harus memahami betul sistem pengaturan pada domain tersebut karena memang sangat sederhana.

Cara verifikasi Google Search Console ini memungkinkan bagi pemilik situs menambahkan data TXT pada penyedia DNS jadi tidak diperlukan kode apapun. Tanpa adanya kode tersebut membuat metode ini menjadi cara terbaik untuk memudahkan segala proses verifikasinya.

Jika Anda seseorang yang sangat menginginkan pengoptimalan kinerja maka cara satu ini paling aman namun caranya cukup ribet, jadi ikuti panduan caranya berikut ini:

  • Langkah pertama dapatkan data TXT DNS dengan membuka tab metode alternatif di GSC > pilih penyedia nama domain > pilih nama dari drop down jika tersedia.
  • Tambahkan data TXT yang sudah didapatkan pada bagian register domain atau penyedia DNS, triknya temukan instruksi secara khusus. Setiap penyedia biasanya memiliki tampilan fitur berbeda jadi perhatikan hal ini agar tidak melakukan kesalahan.
  • Langkah terakhir hanya perlu menyelesaikan proses verifikasi dengan kembali ke bagian awal GSC dan tinggal klik saja dan selesaikan prosesnya.

Baca juga: Website SEO Checker: Fungsi dan Rekomendasinya

4. Cara Verifikasi Google Search Console dengan Google Analytics

Kalau pemilik situs pada awal sudah pernah daftar di Google Analytics maka sebenarnya sangat memungkinkan untuk langsung proses verifikasi. Hal penting yang harus diperhatikan jika menggunakan cara verifikasi ini yaitu harus memakai akun sama.

Ketika memasang kode pelacakan asinkron Google Analytics di situs maka proses verifikasi situs hanya butuh beberapa langkah saja. Namun proses tersebut tidak dijelaskan secara detail karena memang sangat sederhana dan mudah dilakukan.

  • Langkah pertama Anda hanya perlu membuka tab pada bagian Metode Alternatif pada situs.
  • Selanjutnya pilih tombol radio Google Analytics dan perhatikan informasi yang ditampilkan disana.
  • Setelah muncul maka tinggal saja klik verifikasi maka proses sudah selesai dan situs Anda berhasil terverifikasi dengan baik.

5. Google Tag Manager

Google Tag Manager memberikan kemudahan sebagai salah satu cara verifikasi Google Search Console yang sering direkomendasikan. Kemudahan yang diberikan hampir sama dengan Google Analytics jadi tidak perlu khawatir akan proses verifikasinya.

Dari gambaran umum tersebut tentu Anda akan lebih mudah mempertimbangkan tentang metode yang ingin digunakan. Apalagi langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak terlalu panjang sehingga menghemat waktu dan proses pengerjaannya.

Untuk bisa menggunakan metode ini maka harus memakai Google Tag Manager dan proses verifikasi hanya perlu satu klik saja. Asalkan dengan syarat sudah tersedia cuplikan penampung pada GPT yang harus aktif pada situs tersebut.

Jangan khawatir meskipun proses ini pertama kali Anda lakukan namun caranya sangat sederhana dan mudah dipahami. Terutama bagi para pemilik website pemula jauh lebih memudahkan dibandingkan memakai beberapa cara dijelaskan sebelumnya.

Bahkan tidak memerlukan cara detail karena Anda hanya perlu membuka tab Metode Alternatif terlebih dahulu. Selanjutnya pilih saja tombol Google Tag manager lalu segera saja klik verifikasi pada bagian tersebut dan proses sudah selesai.

Verifikasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena Google perlu memastikan siapa sebenarnya pemilik situs tersebut. Gunakan salah satu cara verifikasi Google Search Console yang sudah dijelaskan diatas dan pilih paling mudah menurut Anda.

Published On: Oktober 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!