Tools untuk Cek Peringkat Web dengan Mudah dan Cepat

admin

Tools untuk Cek Peringkat Web dengan Mudah dan Cepat

Cek peringkat web bisa menggunakan tools yang tersedia secara gratis. Mengoptimalkan peringkat website memang menjadi tujuan utama bagi banyak orang, terutama dalam konteks persaingan ketat di mesin pencari. Meraih peringkat pertama di Google tidaklah mudah, terutama ketika harus bersaing dengan pesaing yang memiliki kekuatan keyword yang signifikan.

Untuk meningkatkan traffic situs web, langkah awal yang perlu Anda ambil adalah audit SEO, membuat konten berkualitas, membangun backlink berkualitas dan cek peringkat web. Proses pengecekan peringkat web ini bertujuan untuk mengawasi performa SEO situs web Anda. Jika peringkatnya tidak memuaskan, itu menandakan perlunya melakukan optimasi SEO yang lebih efektif.

Pentingnya Mengetahui Peringkat Web di Google

Meraih peringkat pertama di mesin pencari Google merupakan tantangan yang tidak ringan, terutama jika kata kunci yang menjadi target memiliki persaingan yang sengit. Untuk mencapai peringkat tersebut, diperlukan langkah-langkah optimasi pada situs web, seperti optimasi on-page, pembangunan backlink, dan strategi lainnya.

Namun, sebelum memulai proses optimasi, penting bagi Anda untuk mengetahui peringkat halaman atau artikel yang akan dioptimalkan. Hal ini bertujuan untuk memantau dampak dari upaya optimasi yang dilakukan, apakah memberikan hasil yang positif atau tidak.

Mengetahui peringkat penting dalam merumuskan strategi selanjutnya. Sebagian besar orang cenderung melakukan pengecekan peringkat secara manual dengan mengetikkan kata kunci di Google dan mencari hasilnya. Namun, cara ini tidak hanya kurang efektif dan kurang akurat, tetapi juga membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, untuk memudahkan penilaian peringkat website di Google, disarankan untuk menggunakan berbagai alat atau tools yang tersedia. Alat-alat tersebut akan membantu Anda secara efisien dan akurat mengetahui peringkat situs web Anda tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Baca Juga: Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

6 Tools Terbaik untuk Cek Peringkat Web

Semua pemilik website pastinya menginginkan websitenya menduduki peringkat pertama di mesin pencarian Google. Alasannya, peringkat yang tinggi dapat meningkatkan kepopuleran merek atau bisnis serta membuka peluang pendapatan yang lebih besar.

Melakukan pengecekan peringkat website di Google sangat penting untuk memonitor kinerja Search Engine Optimization (SEO). Jika website Anda belum mencapai peringkat yang memuaskan, perlu adanya perbaikan dan peningkatan dalam proses optimasi. Bahkan setelah melakukan optimasi, pemantauan tetap diperlukan untuk memastikan agar tetap bersaing dan tidak tergeser oleh pesaing.

Bagaimana dengan peringkat website Anda saat ini? Sudahkah Anda melakukan pengecekan peringkatnya di Google? Berikut beberapa tools cek peringkat web yang bisa Anda gunakan untuk mengecek peringkat website Anda di mesin pencari:

1. SERPChecker

SERPChecker adalah tool yang dapat Anda gunakan untuk cek peringkat web. Ini merupakan platform yang menyediakan informasi pengecekan peringkat yang komprehensif, dan yang pasti, tanpa biaya. Meskipun demikian, terdapat keterbatasan dalam penggunaannya, di mana hanya pengguna terdaftar yang dapat melakukan pencarian hingga lima kali dalam sehari.

Proses pencarian dilakukan dengan memasukkan salah satu kata kunci, yang kemudian diikuti dengan menentukan lokasi dan perangkat yang menjadi target. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk membandingkannya dengan pencapaian pesaing. Setelah itu, lakukan analisis fitur SERP pada hasil pencarian di Google Search.

Langkah-langkah penggunaannya dimulai dengan mendaftar terlebih dahulu di SERPChecker. Setelah berhasil, lakukan verifikasi melalui email dan Anda akan diarahkan ke tampilan berikutnya. Pilihlah tools SERPChecker untuk menganalisis hasil pencarian kata kunci, atau alternatifnya.

Gunakan SERPWatcher untuk memantau peringkat website. Sesuaikan pilihan ini dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selanjutnya, cukup masukkan kata kunci beserta lokasi dan perangkat yang diinginkan. Setelah itu, tekan tombol “Analyze SERP”. Hasil analisis akan ditampilkan sebagaimana tampak di bawah ini.

Jika ingin, Anda juga dapat melakukan perbandingan dengan kompetitor. Caranya adalah dengan memasukkan nama website pesaing pada bagian bawah dan mengklik opsi “Compare”.

2. SERPROBOT

SERPRobot adalah platform analisis SERP yang memungkinkan Anda untuk secara efektif memantau pergerakan konten dan kata kunci yang ditargetkan. Pada tahap pengembangan awal, situs ini memanfaatkan kemampuan untuk memberikan hasil yang akurat dalam pengecekan peringkat website.

Dengan SERPRobot, Anda dapat memilih target negara atau lokasi secara spesifik untuk analisis yang lebih terfokus. Fitur unggulan lainnya mencakup kemampuan untuk melihat peringkat lebih dari 10 kata kunci sekaligus, dengan SERBLab yang akan melakukan pengecekan sesuai preferensi Anda.

Anda bisa memeriksa peringkat website Anda di Google sekarang. Manfaatkan situs ini untuk meningkatkan kinerja website Anda dalam mesin pencari dan dapatkan hasil yang optimal.

Cara menggunakan SERPRobot:

  1. Pilih “Region” atau lokasi.
  2. Masukkan nama domain.
  3. Masukkan keyword (Maksimal 10 keyword).
  4. Klik “Check SERP Now“.
  5. What’s My SERP

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Tools cek peringkat web yang dapat Anda manfaatkan adalah What’s My SERP. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan pengecekan peringkat website di mesin pencarian Google dengan mudah. Anda dapat memasukkan lebih dari 10 kata kunci sekaligus untuk melihat peringkatnya.

Cukup masukkan domain yang Anda kelola, tambahkan beberapa kata kunci yang menjadi target, dan eksekusi. Sistem secara otomatis akan melakukan pencarian dan analisis posisi website pada kata kunci yang telah dimasukkan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan analisis peringkat berdasarkan negara yang ditargetkan.

4. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu aplikasi SEO yang sangat digemari oleh para profesional pemasaran online. Aplikasi ini menyajikan antarmuka yang mudah dipahami, memungkinkan pengguna baru untuk dengan cepat memahami informasinya.

Proses analisis dengan Ahrefs sangat sederhana. Cukup masukkan domain Anda ke dalam kotak pencarian. Maka secara otomatis Ahrefs akan melakukan analisis, menyajikan informasi terkait performa dan kualitas website dengan menggunakan diagram dan grafik yang informatif.

Dalam bagian laporan organic keyword, Anda dapat menemukan peringkat kata kunci (keyword). Informasi ini meliputi volume pencarian, posisi peringkat kata kunci, kepadatan kata kunci, dan berbagai detail penting lainnya.

5. Google Search Console

Google Search Console, yang juga dikenal sebagai Google Webmasters Tools. Ini  merupakan serangkaian alat yang disediakan oleh Google untuk membantu webmaster meningkatkan kinerja website mereka di mesin pencari.

Dengan tools ini, Anda dapat memantau performa website melalui informasi tentang hasil pencarian, impresi, jumlah klik, peringkat, dan sejumlah metrik lainnya. Google Search Console juga memungkinkan Anda menambahkan XML sitemap, membantu Google memahami struktur website Anda dengan lebih baik.

Anda dapat mengakses Google Search Console menggunakan akun Gmail Anda. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, diperlukan verifikasi dengan mengunggah file HTML ke website Anda.

Meskipun tools ini disediakan secara gratis, beberapa keterbatasan mungkin ada, sehingga tidak selalu memberikan informasi yang lengkap. Namun, dengan pemahaman mendalam tentang fungsinya, penggunaan aplikasi ini dapat dioptimalkan.

Selain opsi gratis, ada juga aplikasi berbayar yang dapat Anda pertimbangkan untuk cek peringkat web Anda di Google. Aplikasi berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau blogger dengan komunitas besar untuk mengelola dan menganalisis kinerja SEO websitenya.

6. SEMRush

SEMRush adalah alat penelitian SEO dan kata kunci yang sangat populer, menyajikan beragam fitur analisis SEO yang dapat Anda manfaatkan. Tools SEO ini juga bisa Anda gunakan untuk cek peringkat web. Seperti Ahrefs, SEMRush menyediakan berbagai fungsi untuk meneliti kinerja SEO suatu website.

Tool ini mampu menampilkan peringkat kata kunci dari berbagai situs dengan menyajikan informasi yang komprehensif. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian.

Selain itu, SEMRush juga menawarkan fitur perbandingan antara situs Anda dengan situs lain. Ini termasuk estimasi pendapatan dari situs lain, traffic, kata kunci yang digunakan dalam pemasaran, dan berbagai informasi berguna lainnya.

Kesimpulan

Inilah 6 alat yang dapat Anda gunakan untuk cek peringkat web Anda di Google. Beberapa dari alat-alat tersebut tersedia secara gratis, sementara yang lain memerlukan pembayaran. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Untuk memastikan peringkat website Anda terus dipantau secara efektif. Anda bisa berdiskusi dengan Jasa SEO Jakarta dari Toprank Indonesia. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki, kami dapat menerapkan strategi SEO yang optimal untuk situs web Anda.

Anda dapat menghubungi kami Toprank Indonesia sebagai digital marketing agency Jakarta untuk berkonsultasi lebih lanjut. Kami akan membantu Anda mengatasi peringkat website yang tak kunjung naik. Karena kami adalah SEO Agency terbaik di Jakarta, Indonesia.

Published On: November 30th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!