8 Chrome Extension SEO yang Dapat Digunakan Secara Gratis

Dedi

Chrome Extension SEO yang Dapat Digunakan Secara Gratis

Chrome Extension SEO adalah alat yang dapat meningkatkan optimasi situs web Anda. Dengan mengaktifkan ekstensi ini, Anda dapat mengoptimalkan situs langsung dari Search Engine Result Page (SERP) atau situs web target. Ini dapat menghemat waktu daripada harus membuka berbagai alat untuk fungsi dasar SEO. Optimasi SEO melibatkan serangkaian tugas yang memerlukan dedikasi dan usaha yang besar.

Mulai dari riset kata kunci hingga pengoptimalan halaman dan perbaikan teknis, menjaga semuanya dapat menjadi tantangan. Beruntungnya, ada berbagai tools SEO hebat yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Kami telah menyusun daftar Chrome Extension SEO terbaik yang akan meningkatkan produktivitas Anda dan memberikan wawasan yang mendalam ke dalam metrik SEO utama. Dan  membantu Anda mencapai visibilitas optimal.

Chrome Extension SEO Gratis

Chrome Extension SEO membantu pemilik situs memperkuat efisiensi dan kejelasan dalam rutinitas kerja sehari-hari mereka. Penting untuk diingat bahwa proyek SEO melibatkan sejumlah besar data. Dan juga terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi usaha Anda untuk meningkatkan visibilitas situs di hasil pencarian.

Chrome Extension SEO ini bertindak sebagai penyeimbang yang efektif. Dengan mengintegrasikan berbagai titik data ke dalam antarmuka yang nyaman di banyak halaman situs, Anda dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efisien. Berikut beberapa Chrome Extension SEO terbaik yang dapat digunakan secara gratis:

1. MozBar

MozBar adalah Chrome Extension SEO serba bisa, diakui sebagai ekstensi SEO terbaik oleh Search Engine Watch. Alat ini memberikan akses ke berbagai jenis analisis, termasuk technical SEO, konten on-site, backlink, dan keterlibatan media sosial.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan untuk mengekspor analisis SERP ke dalam dokumen CSV. MozBar menyajikan fitur-fitur lengkap untuk analisis SERP, termasuk:

  1. Pencarian kustom berdasarkan negara, wilayah, atau kota.
  2. Akses cepat ke Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA).
  3. Perbandingan metrik tautan di semua halaman seraya melihat SERP apa pun.
  4. Identifikasi dan penandaan kata kunci dalam halaman.
  5. Pengurutan link berdasarkan status follow/no-follow dan internal/eksternal.
  6. Ekspor hasil analisis SERP ke file CSV.

MozBar juga menyediakan versi premium dengan fitur tambahan, seperti analisis tingkat kesulitan kata kunci untuk mengukur tingkat kompetisi. Selain itu, terdapat fitur page optimization yang memberikan saran optimasi langsung di halaman yang sedang Anda kunjungi.

2. Keyword Surfer

Salah satu Chrome Extension SEO berikutnya adalah Keyword Surfer yang menonjol dengan fitur-fitur yang sangat lengkap. Dikutip dari Neil Patel, alat ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai jenis wawasan saat menjelajahi halaman pencarian Google. Informasi tersebut muncul ketika Anda mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu.

Rinciannya mencakup perkiraan traffic domain, volume kata kunci secara lokal dan global, saran kata kunci, dan jumlah backlink domain. Keyword Surfer, sebagai alat riset kompetitor di SERP, menyajikan berbagai informasi, termasuk:

  1. Volume pencarian
  2. Cost per Click (CPC)
  3. Saran kata kunci
  4. Kata kunci terkait
  5. Metrik visibilitas
  6. Data pada halaman.

Ekstensi ini juga menawarkan fitur Bookmark Collection untuk membuat koleksi kata kunci. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat daftar kata kunci favorit dan melakukan analisis cepat melalui bookmark. Selain itu, Keyword Surfer memudahkan ekspor bookmark ke CSV untuk kemudahan pengelolaan data.

3. META SEO Inspector

Extension ketiga yang bisa Anda gunakan adalah META SEO Inspector. Fokus utama dari ekstensi ini adalah pada optimasi teknis website, dengan menyediakan fitur-fitur berikut:

  1. Menampilkan semua metadata dengan sekali klik.
  2. Memberikan informasi tentang kesalahan teknis dan panduan memperbaikinya.
  3. Menyajikan analisis teknis dari website pesaing.
  4. Memungkinkan pengguna untuk menyalin meta tag dengan mudah.
  5. Memberikan opsi untuk mencetak laporan atau mengekspor ke file.
  6. Tersedia dalam berbagai pilihan bahasa.
  7. Gratis dan mendapatkan pembaruan secara teratur.

META SEO Inspector sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi kesalahan inti pada sebuah website. Ini menjadikannya alat yang sangat relevan untuk pekerjaan SEO, terutama bagi mereka yang berfokus pada spesialisasi posisi tersebut.

4. Free Backlink Checker by LRT

Chrome Extension SEO selanjutnya adalah adalah Free Backlink Checker by LRT. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari ekstensi ini adalah untuk melakukan analisis backlink. Dalam hitungan detik, Anda dapat mengakses semua tautan dari suatu halaman beserta statusnya. Beberapa fitur kunci dari ekstensi ini meliputi:

  1. Analisis tautan live, broken, dan unverified.
  2. Pengelompokan backlink berdasarkan dofollow dan nofollow.
  3. Identifikasi tautan internal dan eksternal.
  4. Pemanfaatan fitur LRT Power Trust untuk setiap link.

Dengan ekstensi ini, Anda dapat menampilkan semua link pada halaman dengan analisis yang mendalam hanya dalam beberapa klik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghindari kebutuhan akan alat khusus, karena semua dapat diselesaikan dalam satu halaman yang sama.

Baca Juga: Ubersuggest Adalah Alat SEO, Berikut Pengertian, Kelebihan dan Tutorialnya

5. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere diakui sebagai Chrome Extension SEO yang sangat populer, dengan lebih dari 1 juta pengguna mengunduhnya. Ketika Anda melakukan pencarian di Google, Keywords Everywhere memberikan tampilan berbagai kata kunci terkait dengan yang Anda cari.

Selain itu, dengan alat SEO freemium ini, Anda dapat mencari, mengekspor, dan melihat tren kata kunci. Keywords Everywhere, sebagai ekstensi SEO Chrome keempat, menawarkan keampuhan dalam mencari inspirasi kata kunci, mulai dari pencarian terkait hingga kata kunci long tail. Beberapa fitur gratis Keywords Everywhere meliputi:

  1. Metrik tingkat kesulitan kata kunci.
  2. Grafik tren kata kunci.
  3. Saran kata kunci terkait, trending, people also search for, hingga long tail di sisi kanan.
  4. Estimasi lalu lintas organik.
  5. Backlink dari level halaman hingga domain.

Dengan melakukan upgrade ke versi premium, Anda dapat mengakses lebih banyak fitur, seperti:

  1. Volume pencarian bulanan.
  2. Cost per Click (CPC).
  3. Data trend dan tingkat kompetisi.

Keywords Everywhere tidak hanya memberikan analisis pada Google SERP, tetapi juga menyediakan informasi untuk berbagai situs lain, termasuk:

  1. Amazon
  2. Bing
  3. eBay
  4. Etsy
  5. DuckDuckGo
  6. YouTube
  7. Instagram
  8. Pinterest.

6. GrowthBar

GrowthBar menawarkan fungsi SEO lengkap dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk ekstensi yang sangat praktis. Beberapa fitur utama GrowthBar mencakup:

  1. AI content generator untuk membuat artikel dalam hitungan detik.
  2. Penemuan miliaran kata kunci dan backlink.
  3. Analisis kompetitor yang melibatkan kata kunci, backlink, dan Google ads.

Salah satu fitur menarik dari GrowthBar adalah generator konten berbasis AI yang dapat menulis artikel 10 kali lebih cepat di WordPress. Selain itu, ekstensi ini juga menyajikan metrik SEO lengkap secara langsung di SERP tanpa perlu melakukan analisis terpisah. Beberapa metrik yang dapat Anda peroleh melalui GrowthBar meliputi:

  1. Domain Authority (DA)
  2. Trafik organik bulanan.
  3. Kata kunci berbayar teratas.
  4. Jutaan saran kata kunci.
  5. Volume pencarian bulanan.
  6. Tingkat persaingan kata kunci.
  7. Cost per Click (CPC).
  8. Analisis backlink untuk setiap situs.
  9. Pembuatan konten blog dalam sekali klik dengan kata kunci tertentu.
  10. Dasbor kompetitor.
  11. Dasbor pelacakan kata kunci.

7. TextOptimizer

TextOptimizer menjadi salah satu Chrome Extension SEO yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi situs web. Ekstensi ini berfungsi sebagai asisten penulisan untuk membantu Anda menghasilkan konten yang berkualitas sekaligus ramah SEO. Fokus utama dari ekstensi ini adalah memberikan saran untuk mengoptimalkan konten Anda.

Jika Anda familiar dengan penggunaan Yoast atau Rankmath, secara garis besar, TextOptimizer bekerja mirip dengan kedua alat tersebut. Meskipun demikian, terdapat perbedaan teknis antara kedua jenis alat tersebut. Bagi mereka yang terlibat dalam bidang SEO, khususnya penulisan konten, ekstensi ini merupakan pilihan yang layak untuk dicoba!

Baca Juga: 8 Software SEO Terbaik untuk Optimasi Website

8. Ahrefs SEO Toolbar

Chrome Extension SEO yang terakhir adalah Ahrefs SEO Toolbar. Ekstensi ini merupakan bagian integral dari Ahrefs, salah satu tools pilihan praktisi SEO di seluruh dunia. Reputasi yang luar biasa dari Ahrefs menjadi alasan kuat untuk mengintegrasikan ekstensi ini ke dalam browser Anda.

Ahrefs SEO Toolbar menyajikan fitur-fitur kunci, antara lain:

  1. Laporan SEO on page.
  2. Deteksi broken link.
  3. Penyorotan tautan.
  4. Pelacakan redirect.
  5. Pengalihan user agent.
  6. Pencarian berdasarkan negara tertentu.

Untuk keperluan analisis, ekstensi Ahrefs ini terkenal sangat kuat dan praktis. Cukup dengan satu klik pada ikon ekstensi, Anda dapat mengakses hasil analisis yang komprehensif, termasuk struktur halaman, jumlah kata, URL kanonik, robots.txt, dan tag sosial.

Penutup

Dalam menjalankan riset dan proses optimasi, peran tools ekstensi SEO menjadi sangat signifikan. Extension ini lebih dari sekadar alat bantu, karena dapat menganalisis website sesuai dengan algoritma yang berlaku, sehingga memastikan kualitas konten optimal secara menyeluruh.

Nah, jika Anda menghadapi kendala dalam melakukan optimasi SEO, Anda bisa menghubungi jasa SEO Jakarta dari Toprankg Indonesia. Ini adalah layanan optimasi website terbaik yang mampu meningkatkan ranking pada situs web Anda, layanan kami sangat cepat dan profesional. 

Banyak klien kami yang puas dengan hasil optimasi SEO Toprank Indonesia, sebab kami adalah salah satu digital marketing agency terbaik. Anda bisa konsultasi kepada SEO Agency kami untuk bertanya permasalahan website yang tidak optimal, kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati.

Published On: Desember 4th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!