Apa itu Content Marketing Specialist? Pengertian dan Skillnya

Dedi

content marketing specialist

Content marketing specialist adalah seorang yang bertanggung jawab menulis, mengedit, dan mengembangkan konten untuk pemasaran digital. Mereka bekerja di berbagai saluran digital, mulai dari situs web, email, hingga aplikasi media sosial, untuk terhubung dan membina basis pelanggan suatu merek.

Content marketing specialist berperan dalam merancang strategi dan menyesuaikan konten agar sesuai dengan kebutuhan audiens. Mereka berkolaborasi dengan anggota tim, seperti SEO specialist dan spesialis pemasaran media sosial, untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dengan sebaik-baiknya.

Apa itu Content Marketing Specialist?

Seorang content marketing specialist memiliki peran penting dalam menciptakan konten yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tugas utamanya melibatkan pembuatan konten seperti artikel, video, atau ebook yang tidak hanya bermanfaat bagi banyak orang, tetapi juga memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi.

Kredibilitas ini menjadi aspek kunci yang harus diperhatikan oleh content marketing specialist, karena melalui konten yang terpercaya, menarik, dan dicari banyak orang. Audiens dapat lebih tertarik untuk lebih memahami merek secara tidak langsung.

Selain fokus pada pembuatan konten yang diminati oleh banyak orang. Seorang content marketing specialist juga perlu berkolaborasi dengan tim social media marketing untuk menyebarkan kontennya melalui platform media sosial. Kerjasama ini memastikan bahwa kontennya dapat mencapai audiens yang lebih luas dan membangun keterlibatan yang lebih besar di berbagai kanal digital.

Baca Juga: 8 Contoh Content Marketing untuk Menarik Pelanggan

Tanggung Jawab Content Marketing Specialist

Secara umum, content marketing specialist dapat memiliki tanggung jawab yang saling tumpang tindih dengan ahli SEO, penulis konten, spesialis pemasaran email. Atau bahkan anggota tim pemasaran lainnya. Meskipun begitu, terdapat lima tugas umum yang biasanya diemban oleh sebagian besar content marketing specialist setiap harinya, diantaranya:

1. Menulis, Mengedit, dan Membuat Konten Berkualitas

Sebagai seorang content specialist harus bisa posting blog, email, atau skrip video untuk menciptakan konten yang berkualitas tinggi. Namun, menulis untuk tujuan pemasaran memerlukan fokus pada audiens target, pemahaman tentang SEO, dan pendekatan menulis yang tidak egosentris.

Meskipun demikian, para pakar pemasaran konten tidak selalu terbebas dari hambatan penulisan. Tantangan ini, ditambah dengan tenggat waktu yang ketat, sering menghasilkan konten yang klise, terlalu panjang, atau bahkan membosankan.

Dalam situasi seperti itu, kemampuan mengedit menjadi kunci. Seringkali, para pakar content marketing saling mengedit karya satu sama lain atau bahkan materi yang dikerjakan oleh penulis lepas. Hal ini menuntut pemahaman mendalam tentang identitas merek perusahaan dan ketaatan terhadap pedoman editorial.

2. Riset sebagai Fondasi Konten yang Efektif

Konten yang paling berhasil adalah hasil dari riset menyeluruh. Proses pengembangan konten mencakup aspek-aspek berikut:

  1. Persona Pembeli: Identifikasi siapa target audiens Anda.
  2. Riset Kata Kunci: Pahami apa yang mereka cari.
  3. Analisis Audiens: Tentukan jenis konten yang paling efektif.
  4. Riset Kompetitif: Ketahui pendapat pesaing tentang subjek tersebut.
  5. Kata Kunci Semantik: Tentukan cara menulis konten Anda.
  6. Tautan Eksternal: Tingkatkan kredibilitas konten dengan tautan luar.
  7. Tautan Internal: Pandu audiens melalui saluran penjualan Anda.
  8. Pengoptimalan pada Halaman: Tingkatkan konten yang sudah ada.

Pembuat konten harus melakukan penelitian ekstensif agar menghasilkan konten yang bernilai bagi audiens target mereka.

3. Strategi Pemasaran Konten yang Efektif

Content marketing specialist tidak hanya bertanggung jawab untuk menulis, tetapi juga terlibat dalam pengembangan dan implementasi strategi pemasaran konten yang efektif. Berikut adalah enam komponen kunci dari strategi pemasaran konten yang berhasil:

  1. Menetapkan Sasaran content marketing: Langkah ini melibatkan penetapan sasaran SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-bound). Ini memberikan cara untuk mengukur keberhasilan dan memberikan visi yang jelas untuk konten Anda.
  2. Identifikasi Audiens Target: Audiens target diidentifikasi melalui pembuatan persona pembeli, yang menentukan arah konten yang akan dibuat.
  3. Pemilihan Jenis Konten: Apakah audiens target atau persona pembeli lebih responsif terhadap posting blog, video, eBook, atau posting media sosial? Content marketing specialist berperan dalam proses pemilihan jenis atau tipe konten yang sesuai.
  4. Brainstorming Topik untuk Strategi Konten: Melibatkan kreativitas dari spesialis pemasaran dan riset kata kunci menyeluruh untuk memberikan wawasan tentang kebutuhan konsumen.
  5. Penjadwalan Konten dengan Kalender Editorial: Kalender editorial membantu mengatur dan menjadwalkan konten, serta melacak kemajuan kontennya.
  6. Analisis dan Penyesuaian Konten secara Berkala: Content marketing merupakan proses berkelanjutan. Konten yang dipublikasikan perlu dipantau dan diukur untuk menilai apakah mencapai tujuan dan KPI yang telah ditetapkan.

4. Search Engine Optimization

Para content marketing specialist harus senantiasa mengingat praktik terbaik SEO saat membuat konten, terutama untuk konten tertulis seperti posting blog dan artikel. Setiap konten harus dioptimalkan selama proses penulisan, termasuk memastikan struktur HTML yang tepat. Memberikan teks alternatif pada gambar, mengintegrasikan kata kunci relevan, dan menyertakan kombinasi tautan internal dan eksternal.

Selain itu, pengoptimalan terus-menerus pada postingan yang sudah ada menjadi kunci untuk memastikan konten tetap bersaing dalam hasil pencarian. Dan mengingat persaingan yang terus meningkat untuk mendapatkan peringkat kata kunci yang bernilai.

SEO Agency umumnya memiliki tim content marketing yang terlibat dalam menerapkan teknik SEO sehingga website mendapatkan rangking tinggi dan lebih banyak traffic.

5. Manajemen Kalender Editorial untuk Efisiensi Konten

Manajemen kalender editorial, juga dikenal sebagai kalender konten, menjadi cara efektif untuk merencanakan konten dan menyampaikan tenggat waktu dengan jelas kepada tim. Kalender editorial, yang umumnya berbentuk spreadsheet, digunakan bersama oleh anggota tim untuk memastikan pemahaman bersama.

Dalam dunia pemasaran, perusahaan memiliki kebutuhan khusus untuk dokumentasi ini. Dan seringkali memanfaatkan kalender editorial untuk memberi informasi kepada klien mengenai konten yang telah dikirim, dijadwalkan, dan diterbitkan.

Seorang specialist content marketing dapat memanfaatkan kalender editorial sebagai alat audit konten. Menyimpan konten di lokasi terorganisir membantu menyederhanakan proses pembuatan konten dan memudahkan pelacakan kinerja.

Baca Juga: Kelebihan Email Marketing Dibandingkan Strategi Lainnya

Skill Content Marketing Specialist

Untuk menjadi content marketing specialist tentu harus memiliki skill khusus sehingga dapat mengerjakan tugasnya dengan benar. Berikut beberapa skill yang yang harus dimiliki:

Hard Skill

  • Menguasai strategi SEO.
  • Mahir dalam teknik penulisan artikel.
  • Ahli dalam teknik copywriting.
  • Keahlian dalam membaca dan menganalisis data secara efisien.
  • Kompeten dalam teknologi terkini.

Soft Skill

  • Komunikator ulung dengan kemampuan berbicara yang baik.
  • Berbakat dalam kerja tim dan membangun kolaborasi yang efektif.
  • Keahlian dalam manajemen proyek untuk mencapai tujuan dengan efisien.
  • Kemampuan analisis yang tajam.
  • Sensitif terhadap kebutuhan dan preferensi audiens.
  • Kemampuan pengambilan keputusan yang bijak.
  • Fleksibel dan cepat beradaptasi terhadap perubahan.
  • Intuisi yang tajam dalam memahami situasi dan kondisi.

Nah itulah penjelasan terkait content marketing specialist. Jika Anda ingin menggunakan layanan content marketing dari digital marketing agency terbaik, maka Toprank Indonesia adalah pilihan yang tepat. Kami melayani jasa content marketing untuk situs web maupun media sosial.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan digital marketing lainnya seperti jasa desain web, jasa social media marketing, Google Ads, dan jasa SEO Jakarta. Kami siap membantu Anda dalam mempromosikan bisnis melalui pemasaran online yang efektif menjangkau audiens target dan meningkatkan penjualan.

Published On: Februari 22nd, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!