8 Contoh Content Marketing untuk Menarik Pelanggan

Dedi

contoh content marketing

Contoh content marketing ini dapat Anda terapkan untuk menjangkau audiens target dan meningkatkan penjualan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih mendorong pelaku bisnis dan pengusaha untuk memanfaatkan digital marketing. Di mana content marketing menjadi salah satu bidang yang banyak diadopsi.

Content marketing dipilih karena kemampuan digital marketing untuk menjawab tuntutan era digital, di mana segala aktivitas dilakukan secara online. Pemanfaatan content marketing diharapkan dapat memberikan nilai tambah dalam proses pemasaran usaha dan bisnis. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan prospek keseluruhan dari suatu usaha dan mendukung promosi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis.

Bentuk dan Contoh Content Marketing

Melibatkan strategi content marketing dengan jenis usaha yang dijalankan atau produk yang dipromosikan bisa menjadi kunci keberhasilan. Hal ini karena penerapan content marketing yang tepat akan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kelangsungan dan promosi usaha para pelaku bisnis.

Contoh content marketing dapat memanfaatkan berbagai platform. Ini mencakup pemanfaatan media sosial, situs web resmi bisnis, dan penerapan fitur-fitur iklan atau promosi pada platform media sosial.

Di penjelasan contoh content marketing ini melibatkan berbagai bentuk dengan masing-masing memiliki kegunaan dan keunggulan unik. Untuk membantu Anda yang mungkin masih bingung tentang jenis konten yang perlu dibuat, berikut ini bentuk dan contoh marketing adalah:

1. Content Marketing melalui Website

contoh content marketing pada website umumnya mengandalkan copywriting atau teks pemasaran untuk menjembatani hubungan antara bisnis Anda dan pelanggan online. Kehadiran website menjadi kunci pertama dalam menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan di seluruh dunia.

Mempunyai website menjadi suatu keharusan agar pelanggan dapat mengakses bisnis Anda dari berbagai lokasi. Jika Anda belum memiliki website, jangan khawatir, karena tersedia banyak jasa desain web yang dapat membantu Anda dalam membuat website.

Website umumnya memiliki halaman statis yang tidak sering berubah, oleh karena itu, penggunaan copywriting yang menarik dapat membuat pengunjung betah untuk menjelajahi website Anda dalam waktu yang lebih lama. Dengan demikian, strategi pemasaran konten Anda dapat memberikan hasil maksimal.

Anda bisa menggunakan SEO Agency untuk membantu Anda dalam membuat konten-konten berkualitas yang SEO friendly. Dengan begitu search Engine dapat meningkatkan ranking situs web Anda.

2. Content Marketing melalui Blog

Berbeda dengan website, content marketing di blog memberikan kebebasan dalam menulis. Anda dapat memperbarui blog secara reguler, bahkan memposting artikel content marketing setiap hari. Jika sebelumnya Anda menggunakan copywriting di website, di blog Anda dapat menulis dengan lebih bebas.

Media content marketing ini memungkinkan Anda untuk menulis artikel yang lebih panjang dan jelas. Seperti deskripsi produk lengkap dengan CTA kepada pembaca untuk membeli produk Anda. Untuk keberhasilan strategi content marketing, penting untuk mempelajari cara menulis blog yang menarik dan efektif.

3. Pembuatan dan Distribusi Video

Video menjadi salah satu jenis konten yang sangat efektif untuk pemasaran. Anda dapat mendistribusikannya melalui berbagai platform yang memiliki audiens besar, seperti YouTube, TikTok, atau Instagram, sebagai bagian dari strategi promosi bisnis Anda.

Pastikan konten video Anda sesuai dengan pedoman setiap platform. Misalnya, di TikTok atau Instagram, unggah video singkat dengan format potret dan kualitas yang baik. Yaitu sesuai dengan karakter mobile kedua platform tersebut yang tidak mendukung tampilan lanskap.

Berbeda dengan itu, di YouTube, Anda dapat mengunggah video dengan durasi lebih panjang dan format lanskap.

4. Penyusunan E-book

Selain itu, salah satu bentuk content marketing adalah menyusun e-book yang dapat Anda eksplorasi. Anda dapat membuat panduan atau tutorial yang relevan dan mengunggahnya di website Anda. atau Anda juga mempromosikannya melalui kampanye email marketing yang dikirimkan kepada para pelanggan berlangganan.

Untuk mengunduh e-book yang telah Anda buat, pelanggan dapat memasukkan alamat email mereka. Data ini kemudian dapat dimasukkan ke dalam daftar email bisnis Anda, memungkinkan Anda untuk mengirimkan promosi selanjutnya kepada mereka.

5. Membuat Infografik yang Menarik

Selain menulis dan membuat video, infografik dapat menjadi strategi content marketing yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Saat ini, konten audio dan visual sangat diminati oleh pengguna, terutama di Indonesia.

Manfaatkan kesempatan ini dengan menciptakan infografik untuk konten pemasaran. Pastikan gambar yang Anda buat jelas, minim tulisan, dan mudah dipahami dengan cepat, seperti contoh di bawah ini. Gunakan media sosial bisnis, seperti Instagram atau Twitter, untuk mengunggah infografik yang menarik.

6. Membuat Podcast di Platform Streaming

Dengan meningkatnya popularitas platform streaming berlangganan, minat masyarakat terhadap konten digital seperti film dan lagu semakin tinggi. Beberapa platform streaming bahkan menyediakan ruang khusus untuk podcast, memungkinkan content creator berbagi cerita melalui suara.

Di Indonesia, pendengar podcast cukup banyak. Anda dapat memanfaatkan media ini untuk membuat konten pemasaran. Baik dengan membuat channel sendiri sesuai dengan niche Anda maupun berkolaborasi dengan content creator lain di niche yang sama.

Baca Juga: 7 Strategi Content Marketing yang Efektif untuk Bisnis

7. Berkolaborasi dengan Influencer

Selanjutnya bentuk dan contoh content marketing adalah partnership dengan influencer. ini melibatkan penggabungan berbagai elemen seperti copywriting, audio, video, dan artikel blog. Yang membedakan adalah penggunaan konten tersebut dalam kerjasama dengan influencer.

Namun, perlu diingat satu hal. Meskipun influencer yang Anda ajak bekerja sama memiliki pengaruh yang kuat. Tapi jika kualitas pemasaran konten Anda tidak dioptimalkan, kemungkinan kecil konten Anda akan memberikan dampak yang signifikan.

8. Email Marketing

Contoh content marketing yang umum digunakan adalah melalui email marketing. Pasti pernahkah Anda menerima notifikasi melalui akun email di perangkat komputer atau smartphone Anda? Pesan-pesan tersebut biasanya berisi penawaran promosi terkait barang atau jasa, serta informasi terkini mengenai iklan atau fitur terbaru dari suatu merek tertentu.

Nah itu disebut sebagai strategi content marketing dengan menggunakan media email. Email adalah salah satu platform online yang hampir semua pengguna internet memilikinya. Jadi memanfaatkan contoh content marketing ini adalah ide yang cemerlang.

Baca Juga: Kelebihan Email Marketing Dibandingkan Strategi Lainnya

Demikianlah contoh content marketing yang dapat Anda terapkan pada strategi pemasaran online Anda. Penggunaan konten sebagai alat promosi dan pemasaran memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi merek atau produk suatu bisnis. Dalam konteks ini, konten yang dipilih harus memiliki daya tarik yang mampu menarik perhatian target atau konsumen.

Tujuan utama dari content marketing adalah menjadi sarana untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan dan pengguna untuk produk atau layanan bisnis kita. Oleh karena itu, contoh content marketing yang diterapkan harus memiliki fungsi untuk meningkatkan keterlibatan dengan target audiens.

Jika Anda butuh bantuan digital marketing agency untuk kebutuhan konten online Anda, maka Toprank bisa menjadi pilihan. Toprank Indonesia adalah Solusi untuk membantu mempromosikan produk atau layanan Anda melalui digital marketing yang dikhususkan untuk bisnis Anda.

Kami menyediakan layanan digital marketing lengkap mulai dari jasa design web, jasa Google Ads, jasa social media marketing dan juga jasa SEO Jakarta. Untuk info terkait layanan digital marketing kami, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Published On: Februari 22nd, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!