Contoh SEM (Search Engine Marketing) & Cara Kerjanya

Dedi

contoh sem

Bagi Anda yang ingin mempelajari SEM, penting untuk mengetahui contoh SEM. Meskipun istilah SEO lebih populer, SEM juga merupakan bagian krusial dari strategi pemasaran digital. SEM adalah cara untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin seperti Google.

Secara sederhana, SEM melibatkan pembelian lalu lintas melalui pembayaran kepada mesin pencari yang menjadi sumber informasi utama bagi banyak orang. Ini membantu produk dan  atau layanan Anda lebih mudah ditemukan. Dengan menggunakan SEM, Anda dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.

Cara Kerja SEM

Sebelum Anda mengetahui contoh SEM, akan lebih baik jika Anda mengetahui cara kerjanya. Fokus utama dalam menerapkan SEM adalah meningkatkan lalu lintas ke bagian-bagian tertentu dari situs web yang ditargetkan.

Perlu dicatat bahwa dasar dari strategi SEM adalah riset dan pengelompokan kata kunci. Riset kata kunci menjadi krusial sebelum menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam strategi SEM. Beberapa langkah dalam riset kata kunci termasuk:

1. Identifikasi dan Daftar Kata Kunci

Untuk mengidentifikasi kata kunci, Anda dapat menelusuri keyword yang relevan dengan bisnis Anda atau yang digunakan oleh pesaing Anda. Tujuannya adalah agar Anda dapat memahami kata kunci apa yang mungkin digunakan oleh pelanggan saat mencari produk Anda.

2. Buat Kata Kunci Potensial

Dalam melakukan riset, penting untuk menambahkan kata kunci yang memiliki potensi besar dalam mempengaruhi pembelian. Misalnya, kata kunci seperti beli, diskon, promo, barang terbatas, dan kata lainnya yang mungkin meningkatkan keinginan untuk membeli.

3. Mengelompokkan Kata Kunci

Setelah Anda mengumpulkan beberapa kata kunci potensial dari riset, Anda dapat membuat struktur kampanye dengan mengelompokkan kata kunci ke dalam beberapa kategori yang relevan. Penting untuk mencatat bahwa ada batasan tertentu yang harus dipertimbangkan dalam analisis SEM. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Mengelompokkan kata kunci ke dalam kategori-kategori tertentu akan meningkatkan efektivitas kampanye Anda. Jika Anda menggunakan SEM, iklan Anda akan muncul di bagian atas atau samping halaman hasil pencarian. Ini yang secara signifikan meningkatkan visibilitas Anda dibandingkan dengan pencarian organik.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Contoh SEM

Contoh SEM terdapat berbagai format dalam SEM, mulai dari iklan teks hingga PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) yang menampilkan informasi produk, harga, review, dan rating secara visual. Iklan teks dalam SEM umumnya disampaikan melalui platform seperti Google AdWords, Bing Ads, dan Yahoo Gemini.

Ketika seseorang mencari kata kunci yang telah ditargetkan oleh seorang pemasar menggunakan platform seperti Google AdWords. Maka iklan mereka akan muncul di bagian paling atas hasil pencarian. Inilah yang menjadi dasar dari konsep Pay Per Click (PPC), di mana pemasar membayar kepada penyedia platform, seperti Google, setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna.

Ketika seseorang mencari kata kunci tertentu, iklan yang relevan dengan kata kunci tersebut akan muncul di bagian atas atau samping hasil pencarian. Ini adalah dasar dari model pembayaran Pay Per Click (PPC), di mana pengiklan membayar kepada Google setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna. Berikut penjelasan lengkap contoh SEM:

1. Google Ads

Google Ads merupakan salah satu contoh yang sangat populer dari Search Engine Marketing di era digital saat ini. Banyak pengusaha yang mengandalkan ekspansi bisnis mereka sepenuhnya pada Google Ads.

Dengan menjadi bagian dari ekosistem promosi yang terintegrasi dengan mesin pencari Google, Google Ads memberikan peluang lebih besar bagi produk untuk tampil di hadapan pengguna. Hal ini membuka potensi bisnis untuk mendapatkan pengakuan yang lebih luas di antara pelanggan.

Karena itu, banyak yang memilih Google Ads sebagai salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas promosi mereka secara daring.

2. Yahoo Gemini

Meskipun tidak sepopuler Google Ads di kalangan pengusaha, Yahoo Gemini tetap menjadi salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Dengan menggunakan fasilitas mesin pencari ini, produk dan layanan dapat ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. 

Ini membuka peluang bagi pengusaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui mesin pencari Yahoo Gemini dengan daya tarik yang tidak kalah. Oleh karena itu, Yahoo Gemini tetap menjadi pilihan yang valid bagi pengusaha untuk memperkenalkan produk mereka.

3. Bing

Bing adalah mesin pencari lain yang cukup populer, yang juga menawarkan potensi yang besar bagi pengusaha. Dengan menggunakan fasilitas Bing, pengusaha dapat menargetkan pelanggan dari berbagai belahan dunia. 

Hanya dengan memastikan bahwa kata kunci yang relevan dengan produk dan layanan mereka muncul di Bing, mereka dapat mendapatkan rekomendasi situs mereka kepada pengguna. Ini dapat menghasilkan peningkatan konversi penjualan yang signifikan.

Baca Juga: Mengenal Kepanjangan SEM dan Manfaatnya

Manfaat SEM Bagi Bisnis

Setelah Anda mengetahui contoh SEM, pastinya Anda juga ingin tahu manfaatnya. Memanfaatkan Search Engine Marketing secara efektif sebagai strategi pemasaran online dapat signifikan mempercepat pertumbuhan bisnis. Nah berikut manfaat dari SEM bagi bisnis:

1. Targeted Marketing

Keuntungan terbesar dari pemanfaatan SEM adalah kemampuannya untuk menyajikan iklan secara langsung kepada target audiens yang telah ditentukan oleh pemasar. Sebagai contoh, seorang pemasar yang ingin memasarkan mobil bekas dapat menampilkan iklannya hanya kepada mereka yang mencari dengan kata kunci “jual mobil bekas”.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan target audiens berdasarkan demografi seperti lokasi dan rentang usia.

2. Penghasilan Cepat / Pencapaian Cepat

Proses pembuatan dan peluncuran iklan melalui Google Ads terbilang sangat cepat, dan Anda dapat melihat hasilnya segera setelah iklan Anda aktif. Dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menunjukkan hasil, SEM menonjol dalam hal kecepatan. Ini sangat sesuai bagi Anda yang baru memulai situs web dan menginginkan hasil yang cepat.

3. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Pemanfaatan SEM dapat meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari. Dengan memudahkan audiens menemukan website Anda, ini akan meningkatkan kesempatan konten di situs web Anda untuk dinikmati oleh audiens. Itu artinya lalu lintas atau traffic website Anda akan meningkatkan dan bisa meningkatkan konversi.

4. Pengukuran Hasil yang Jelas

Dalam pemasaran berbasis teknologi seperti ini, data yang Anda peroleh akan disesuaikan dengan tujuan pemasaran untuk menentukan apakah konten berkinerja efektif atau tidak. Anda juga dapat melacak ROI untuk mengevaluasi anggaran pemasaran dan meningkatkan penjualan di masa mendatang.

5. Penyesuaian Anggaran yang Tepat

Sistem Pay Per Click (PPC) memudahkan Anda membayar hanya untuk konten yang mendapat klik dari audiens. Ini memungkinkan pengelolaan biaya pemasaran yang lebih bijaksana dan efisien. Dibandingkan dengan iklan di media tradisional seperti televisi, radio, koran, atau majalah, SEM adalah metode periklanan yang lebih terjangkau dan tepat sasaran.

Nah itulah penjelasan terkait dengan contoh SEM dan manfaatnya. Kesimpulannya, SEM adalah strategi pemasaran digital yang efektif dalam mendapatkan prospek secara instan.  Jika Anda tertarik untuk menerapkan SEM pada strategi pemasaran bisnis Anda, maka menggunakan digital agency marketing Toprank Indonesia adalah pilihan yang tepat.

Selain melayani layanan Google Ads, Toprank Indonesia juga merupakan SEO Agency yang siap membantu meningkatkan traffic organic situs web Anda. Dalam menjalankan digital marketing, penting untuk menerapkan strategi SEO dan SEM secara bersamaan. Untuk menggunakan jasa SEO Jakarta, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Published On: Februari 26th, 2024 / Categories: Tips Digital /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!