Apa itu Ecosia Search Engine? Kelebihan dan Kekurangannya

Dedi

Apa itu Ecosia Search Engine

Ecosia Search Engine adalah salah satu mesin pencari yang juga memiliki banyak pengguna. Ecosia Search Engine dikenal sebagai ‘mesin pencari yang menanam pohon’. Mesin pencari ini telah mendapatkan popularitas di kalangan pengguna internet yang sadar lingkungan sejak diluncurkan pada tahun 2009.

Ecosia, sebuah mesin pencari yang berbasis di Berlin, Ecosia Search Engine menanam pohon setiap kali Anda melakukan pencarian. Ecosia berfokus pada penanaman pohon karena memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Jika Anda masih asing dengan mesin pencari ini, mari baca informasi lengkapnya disini!

Apa itu Ecosia Search Engine?

Ecosia Search Engine adalah mesin pencari berbasis di Berlin, Jerman, mengidentifikasi dirinya sebagai bisnis sosial yang menekankan aspek keberlanjutan dan transparansi. Dengan klaim negatif CO2, Ecosia telah memperoleh sertifikasi B Lab, memenuhi standar akuntabilitas dan kinerja berkelanjutan.

Ecosia, yang didirikan pada tahun 2009 oleh Christian Kroll, membedakan dirinya dari mesin pencari lain dengan menekankan filosofi dan komitmennya terhadap lingkungan. Dengan sederhana, Ecosia bukan hanya sekedar mesin pencari yang memenuhi kebutuhan pengguna dalam mencari informasi, tetapi juga mengusung misi mulia untuk menghijaukan planet Bumi.

Hingga November 2023, perusahaan ini mengklaim telah menanam lebih dari 186 juta pohon sebagai bagian dari inisiatifnya. Dalam hal teknologi, Ecosia awalnya menggabungkan hasil pencarian dari Yahoo! dengan teknologi dari Microsoft Bing dan Wikipedia.

Meskipun iklan disampaikan oleh Yahoo! berdasarkan perjanjian bagi hasil, hasil pencarian sejak tahun 2017 telah disediakan oleh Bing. Ecosia mendapatkan pendapatan melalui iklan Microsoft Advertising, dengan klaim bahwa mereka memperoleh sebagian dari setiap klik iklan dan sebagian dari pembelian melalui tautan afiliasi.

Mengutamakan privasi pengguna, Ecosia telah mengenkripsi pencarian dan tidak menyimpan data secara permanen. Mereka tidak membuat profil pribadi berdasarkan riwayat pencarian atau menggunakan alat pelacakan eksternal seperti Google Analytics. Ini sesuai dengan komitmen mereka untuk menjadi mesin pencari yang ramah privasi sejak 2018.

Pada November 2021, Ecosia mencatat lebih dari 10.000 pencarian setiap menitnya, mencerminkan tingginya tingkat penggunaan dan dukungan untuk mesin pencari berkelanjutan ini.

Baca Juga: Apa itu MSN Search Engine? Mari Cari Tahu Disini!

Cara Kerja Ecosia Search Engine

Seperti mesin pencarian umumnya, Ecosia Search Engine mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Mesin pencarian ini menggunakan teknologi Microsoft Bing, sehingga iklan yang muncul berasal terutama dari Bing dan Yahoo!.

Ecosia berkomitmen untuk menyumbangkan sebagian besar pendapatannya dari iklan untuk penanaman pohon, pelestarian lingkungan, dan mendukung program-program ramah lingkungan. Pengguna Ecosia dapat melihat transparansi ini melalui informasi tentang jumlah pohon yang ditanam dan jumlah pencarian yang dilakukan oleh masing-masing pengguna.

Dalam upaya untuk memberikan gambaran konkret, Ecosia menyatakan bahwa setiap 45 pencarian menggunakan platform ini setara dengan penanaman satu pohon. Dengan kata lain, ketika seorang pengguna melakukan 45 penelusuran. Maka mereka berkontribusi untuk menanam satu pohon sebagai bagian dari inisiatif lingkungan Ecosia.

Kelebihan dari Ecosia Search Engine

Ecosia sebagai mesin pencari inovatif memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Ecosia:

1. Perlindungan Data Pribadi

Ecosia menunjukkan komitmennya terhadap perlindungan data pribadi penggunanya. Dengan tidak menggunakan penelusuran pihak ketiga, hasil pencarian pengguna Ecosia tetap bersifat rahasia dan tidak dapat diakses oleh pihak lain. Selain itu, data yang diperoleh oleh Ecosia menjadi anonim dalam satu minggu, menghindari penggunaan cookies dan riwayat pencarian oleh pihak eksternal.

2. Kontribusi pada Konservasi Lingkungan

Ecosia, dikenal sebagai “Google Hijau,” aktif dalam program-program konservasi alam. Hingga Maret 2021, Ecosia telah berhasil menanam lebih dari 121 juta pohon dalam berbagai proyek di seluruh dunia. Proyek-proyek ini melibatkan berbagai negara, termasuk Indonesia, dengan fokus pada pemulihan lahan bekas perkebunan kelapa sawit dan penanaman pohon untuk mendukung lingkungan dan satwa liar.

3. Transparansi kepada Pengguna

Ecosia memberikan transparansi kepada pengguna dengan secara rutin mempublikasikan laporan keuangan. Langkah ini diambil untuk membangun kepercayaan pengguna dan memperluas kesadaran terhadap kampanye pelestarian lingkungan.

4. Tampilan yang Sederhana

Mesin pencari ini menonjolkan tampilan yang sederhana dan ramah pengguna. Pengaturan dan menu-menu ditata dengan rapi, membuat navigasi dan penggunaan Ecosia menjadi mudah bagi semua pengguna.

Kekurangan Ecosia dari Ecosia Search Engine

Meskipun Ecosia Search Engine secara umum beroperasi mirip dengan mesin pencarian lainnya, sayangnya, platform ini masih memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Salah satu kekurangan Ecosia adalah keterbatasan hasil penelusurannya, yang kadang-kadang menghasilkan output yang berbeda dari kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Baca Juga: Jenis-Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Dampak Positif Menggunakan Ecosia

Dampak positif dari penggunaan Ecosia sangat signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat, dengan beberapa aspek yang mencerminkan kontribusi positifnya:

1. Penanaman Pohon dan Restorasi Ekosistem

Ecosia secara masif menanam pohon, yang tidak hanya mengurangi deforestasi. Namun juga menciptakan dampak positif melalui peningkatan oksigen, pelestarian keanekaragaman hayati, dan penyediaan habitat untuk berbagai spesies hewan. Selain itu, Ecosia aktif terlibat dalam restorasi ekosistem yang terdegradasi, memulihkan tanah yang rusak, dan menciptakan koridor hijau yang esensial bagi kehidupan liar.

2. Pengurangan Emisi Karbon

Ecosia Search Engine tidak hanya fokus pada penanaman pohon, tetapi juga secara serius mempertimbangkan jejak karbonnya. Komitmen Ecosia untuk menggunakan sumber energi terbarukan membantu mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dalam operasionalnya. Dengan demikian, Ecosia tidak hanya menjadi mesin pencari yang berfokus pada penghijauan, tetapi juga berusaha menjadi platform berkelanjutan secara keseluruhan.

3. Pemberdayaan Komunitas Lokal

Selain memprioritaskan aspek lingkungan, Ecosia juga aktif dalam memberdayakan komunitas lokal sekitar proyek penghijauan mereka. Kolaborasi dengan organisasi dan mitra lokal memungkinkan partisipasi aktif penduduk setempat dalam penanaman pohon, menciptakan peluang kerja.

Dan juga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar. Langkah ini tidak hanya mendukung tujuan ekologis, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi komunitas yang terlibat.

Cara Menggunakan Ecosia

Sama seperti menggunakan mesin pencari lainnya, menggunakan Ecosia juga sangat mudah. Untuk detail cara menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengakses Ecosia

Untuk memulai, akses situs Ecosia Search Engine dengan membuka ecosia.org melalui browser yang terinstal di komputer atau ponsel Anda.

2. Melakukan Pencarian

Begitu Anda berada di situs Ecosia, masukkan kata kunci yang ingin dicari ke dalam bar pencarian yang tersedia. Tekan enter atau klik ikon pencarian untuk memulai pencarian.

3. Menampilkan Hasil Pencarian

Setelah melakukan pencarian, Ecosia akan menampilkan hasilnya. Anda dapat memilih sumber atau situs yang relevan sesuai kebutuhan Anda.

4. Meningkatkan Kontribusi

Setelah proses pencarian, perhatikan bahwa angka di samping ikon pohon akan bertambah. Ini menandakan peningkatan kuota penanaman pohon sebagai bagian dari kontribusi Anda melalui penggunaan Ecosia.

Kesimpulan

Ecosia adalah salah satu mesin pencari inovatif yang dapat menerjemahkan visinya dengan ceoat melalui tindakan yang nyata. Setiap klik pencarian dan iklan yang dihasilkan oleh Ecosia langsung dialokasikan untuk penanaman pohon dan mendukung inisiatif lingkungan lainnya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa Ecosia dapat menggantikan Google sebagai mesin pencari, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir. Google telah menyediakan ekstensi Ecosia yang dapat diinstal secara mudah, sehingga Anda masih bisa menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga strategi SEO sesuai dengan algoritma Google. Untuk memastikan kesuksesan dan ketepatan sasaran dalam strategi SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO Jakarta. Ini adalah layanan optimasi website terbaik yang dapat Anda andalkan.

Dengan memanfaatkan layanan dari SEO Agency Toprank Indonesia. Anda dapat mengoptimalkan potensi situs web dengan mudah untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik, sehingga lebih banyak pengunjung dan pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis online Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi kami digital marketing agency Jakarta. Anda bisa konsultasi kepada kami Toprank Indonesia untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu mencapai tujuan SEO website Anda dan mengoptimalkan keberhasilan online bisnis Anda!

Published On: Desember 7th, 2023 / Categories: SEO News /
Pelajari Juga

Tingkatkan traffic website dengan layanan SEO kami. Segera pesan paket SEO Toprank untuk dapatkan hasil terbaik!